Cara Hemat Kuota Internet dan Beli Pulsa Murah

Oleh Ardiansyah Hana updated Jumat, 05 Jan 2018 | 18:32

cara hemat kuota
Internet kini sudah menjadi bagian penting dari masyarakat. Dengan koneksi internet banyak aktivitas yang rutin dilakukan, speerti browsing, aktif di media sosial, chating, mengecek dan mengirim email dan masih banyak hal lainnya. Terlebih, semua operator seluler di Indonesia mengklaim bahwa layanan data yang ditawarkan memiliki kecepatan tinggi sehingga mendorong semua penggunannya memaksimalkan layanan internet untuk beragam aktivitas.

Sederet kelebihan dan kemudahan dari internet membuat masyarakat semakin mudah beraktivitas dari berbagai tempat. Akan tetapi, untuk dapat terkoneksi ke internet tentu kita memerlukan yang namanya kuota dan pulsa. Dimana untuk kuota internet ini bisa kamu dapatkan dengan membeli pulsa sesuai dengan harga paket data yang diinginkan.

Tapi tidak perlu khawatir, karena untuk membeli pulsa kini semakin mudah. Selain melalui konter-konter terdekat bisa juga dilakukan secara online melalui ATM atau internet banking. Bahkan kini kamu bisa membeli pulsa secara online melalui situs e commerce, seperti Tokopedia, Bukalapak dan Sepulsa. Setelah memiliki pulsa, kamu bisa langsung memilih paket internet yang banyak ditawarkan operator. 

Namun yang harus diperhatikan adalah semakin banyak terakses ke internet maka kuota data yang dimiliki juga akan makin berkurang. Jadi cepat habis atau tidaknya kuota internet yang dimiliki tergantung dari intensitas pemakaian internet. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa strategi agar penggunaan kuota internet kamu tidak cepat habis sebelum waktunya. 

Untuk memudahkan Anda, berikut kami coba sajikan panduan lengkap cara hemat kuota internet serta panduan membeli pulsa murah secara online dan offline. Yuk disimak!  

Cara Menghemat Kuota Internet

cara hemat kuota
Untuk menghemat penggunaan kuota internet, kamu bisa melakukan sedikit pengaturan baik secara general ataupun pada aplikasi yang kamu gunakan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur hp supaya hemat kuota:

1. Atur Browser di Hp

Terdapat fakta bahwa penggunaan browser dapat menguras kuota internet kamu, terlebih browser default dari hp. Solusinya, kamu bisa mengganti browser default dengan browser pihak ketiga yang dilengkapi dengan fitur hemat kuota, seperti Opera.

Opera memiliki kemampuan untuk mengkompres website yang sedang kamu akses sehingga meminimalisir penggunaan kuota, termasuk fitur video boost untuk mengurangi proses buffering dan mengoptimalkan kualitas video tanpa harus menguras kuota data internet.

Pilihan lainnya adalah Google Chrome. Browser ini memiliki fitur penghemat data yang bisa kamu aktifkan dengan mengklik ikon tiga titik di bagian kanan atas, lalu pilih Setting > Bandwith > aktifkan fitur Data Saver.

2. Matikan Sinkronisasikan Akun

Sinkronisasi
Sinkronisasi otomatis dari akun yang ada di hp kamu telah terbukti memakan kuota internet yang besar. Untuk itu, matikan opsi sinkronisasi pada akun yang jarang kamu gunakan dengan cara masuk ke Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin disinkronisasikan (jika memasukkan lebih dari 1 akun).

3. Batasi Pemakaian Mobile Data

Cara lain untuk hemat kuota adalah membatasi penggunaan mobile data dengan mengaktifkan peringatan pemakaian kuota internet. Dengan mengaktifkan fitur data usage warning dan limit system, kamu akan mendapatkan peringatan saat penggunaan kuota internet sudah melampaui batas. Cara ini bisa kamu diaktifkan dengan masuk ke Settings > Data Usage >  pilih cellular data dan set cellular data limit.

4. Restrict Background Data

Habisnya kuota internet juga bisa disebabkan oleh pemakaian data otomatis dari aplikasi yang berjalan di background. Meski tidak digunakan, aplikasi yang berjalan di background ini tetap aktif dan memakan kuota data internet kamu. Untuk mematikan pemakaian data di background, kamu bisa masuk ke Settings > Data Usage > tap tiga garis vertikal yang ada di bagian kanan atas > Restrict Background Data. Sebagai catatan, ada beberapa model hp yang memiliki setingan berbeda dari cara diatas. 

5. Batasi Update Aplikasi

Auto update
Agar hemat kuota data, kamu juga bisa membatasi update aplikasi. Sebaiknya, matikan fitur update otomatis yang terdapat di Google Play Store. Caranya buka aplikasi Playstore lalu klik Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only (atau bisa juga memilih do not auto update). Dengan begitu, hp kamu tidak akan melakukan update otomatis menggunakan kuota data, namun hanya pada saat perangkat terhubung ke jaringan WiFi saja.

6. Identifikasikan Aplikasi Boros Kuota

Ada banyak aplikasi yang secara abnormal memakan banyak sekali kuota data meskipun tidak digunakan secara aktif. Untuk itu, identifikasi daftar aplikasi boros kuota tersebut dengan cara masuk ke Settings > Data Usage > scroll ke bawah untuk melihat daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Bila ada aplikasi yang jarang kamu gunakan tapi memakan kuota data sebaiknya dihapus saja atau minimal di-disable. 

Cara Beli Pulsa Murah 

Tidak hanya hemat kuota, kamu pun bisa menghemat pengeluaran uang dengan membeli pulsa murah. Berikut ini terdapat panduan membeli pulsa murah melalui toko online maupun toko offline.

1. Beli Pulsa Murah Online

Tokopedia

tokopediaTokopedia saat ini menyediakan berbagai produk digital seperti pulsa dan kuota data. Menariknya, produk digital dari Tokopedia ditawarkan dengan harga cukup murah, terlebih untuk pembelian kuota data.  

Cara Membeli Pulsa Murah di Tokopedia:

Pertama-tama, silahkan akses ke laman Tokopedia kemudian login akun kamu. Untuk pembelian pulsa, silahkan masukkan nomor hp kamu di kolom Pulsa dan pilih nominal pulsa yang akan diisi. Sementara untuk paket data, isi nomor hp yang akan diisi kuota pada kolom Paket Data dan pilih paket data yang kamu inginkan.

Setelah memasukkan nomor, kamu akan membuka page konfirmasi dan klik lanjut jika nomor hp dan nominal pulsa sudah sesuai dengan pesanan. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang tersedia seperti transfer Bank Mandiri dan Bank CIMB, virtual account Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Bank Danamon dan Bank Mandiri, pembayaran instan Klikpay BCA, KlikBCA, Mandiri Klikpay, Mandiri e-cash dan BRI e-pay, kartu kredit dan gerai retail seperti Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, Kioson dan JNE.

Admin Fee

Tokopedia tidak menyediakan admin fee untuk pembelian kecuali kamu melakukan pembayaran seperti transfer dari bank berbeda ke rekening Tokopedia yang biayanya ditentukan menurut ketentuan masing-masing bank.

Promo Terbaru

Cashback hingga Rp20.000 Tiap Top Up Pulsa / Paket Data berlaku pada tanggal 1 Desember 2017 – 31 Januari 2018:

  • Transaksi top up pulsa akan mendapatkan cashback ke TokoCash senilai 5% hingga Rp15.000;
  • Transaksi top up paket data akan mendapatkan cashback ke TokoCash senilai 10% hingga Rp20.000;

2. Bukalapak

Bukalapak

Marketplace lain yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa dan paket data adalah Bukalapak. Di marketplace ini, kamu bisa membeli pulsa dengan nominal mulai Rp25.000 hingga Rp1.000.000.

Cara Membeli Pulsa Murah di Bukalapak

Untuk membeli pulsa di Bukalapak bisa kamu lakukan dengan cara mengakses laman Bukalapak lalu sign in akun kamu, isikan nomor yang diisi pulsa atau paket data kemudian pilih metode pembayaran yang tersedia.

Mengenai pembayaran, Bukalapak menyediakan metode transfer bank, BukaDompet, transfer virtual account, Kredivo, Bca KlikPay, Mandiri ClickPay, Mandiri e-cash, CIMB Clicks atau Rekening Ponsel, Indomaret, Alfamart dan Pos Indonesia.

Admin Fee

Bukalapak tidak menyediakan admin fee untuk pembelian pulsa dan paket data kecuali kamu melakukan pembayaran seperti transfer dari bank berbeda ke rekening Bukalapak yang biayanya ditentukan menurut ketentuan masing-masing bank.

Promo Terbaru

  • Beli Pulsa atau Kuota, Dapat Kejutan Cashback 8%, berlaku 1 - 31 Januari 2018
  • Bonus Kuota 3 GB Cuma-Cuma, Cuma Beli Pulsa Tri, 07 Oktober 2017 - 28 Februari 2018

3. Sepulsa

sepulsa
Platform lain yang menyediakan layanan pengisian pulsa dan paket data adalah Sepulsa. Nah, bagaimana cara mengisi pulsa melalui platform yang satu ini?

Cara Membeli Pulsa Murah di Sepulsa:

Untuk membeli pulsa di Sepulsa, kamu bisa mengakses laman Sepulsa atau mengunduh aplikasi di Google Play Store atau App Store kemudian lakukan registrasi. Untuk pembelian pulsa, masukkan nomor hp kamu di kolom Pulsa dan pilih nominal pulsa yang akan diisi, hal sebaliknya berlaku untuk membeli paket data dengan mengisi nomor dan memilih besaran paket kuota yang akan kamu beli.

Yang menarik, Sepulsa menyediakan nominal pengisian pulsa yang variatif, mulai dari Rp5000 hingga Rp1.000.000. Mengenai pembayaran, kamu bisa menggunakan Kredivo, transfer bank BCA, Bank Permata dan kartu kredit.

Admin Fee

Sepulsa tidak menyediakan admin fee untuk pembelian pulsa dan paket data kecuali kamu melakukan pembayaran seperti transfer dari bank berbeda ke rekening Sepulsa yang biayanya ditentukan menurut ketentuan masing-masing bank. 

Beli Pulsa Murah Offline

1. Counter Hp

konter hp

Selain membeli pulsa melalui marketplace, cara lain adalah melalui counter hp yang biasanya terdapat di sekitar lingkungan rumah kamu. Biasanya, counter hp menyediakan pengisian pulsa dengan nominal mulai Rp5.000 hingga Rp1.000.000. Tentunya, cara membeli pulsa melalui counter hp sangat mudah, kamu hanya tinggal menuliskan nomor hp dan menunggu pulsa atau kuota data dikirimkan ke nomor hp kamu.

Admin Fee:

Untuk biaya admin, ketentuan ini ditentukan oleh masing-masing counter hp. Biasanya, counter hp membebankan biaya admin mulai Rp1.000 mengikuti nominal kuota data atau pulsa yang kamu beli.

2. Indomaret

Selain membeli pulsa di counter hp, kamu juga bisa membeli pulsa atau paket data di convenience store seperti Indomaret. Tentunya, layanan pembelian pulsa dan paket data di Indomaret sangat memudahkan kamu karena convenience store ini banyak tersebar di Indonesia.

Untuk membeli paket data dan pulsa di Indomaret sangatlah mudah. Kamu cukup menginformasikan nomor hp yang akan diisi kepada kasir, kemudian tunggu hingga pulsa atau paket data masuk ke hp kamu. Mengenai nominalnya, kamu bisa membeli pulsa mulai Rp10.000 hingga Rp100.000. Pembayarannya, bisa dilakukan dengan kartu debit, kartu kredit dan cash.

3. Alfamart

Tak hanya Indomaret, convenience store Alfamart juga menyediakan layanan pengisian pulsa dan paket data. Untuk membeli pulsa dan paket data, kamu hanya perlu menginformasikan nomor hp yang akan diisi kepada kasir, pilih nominal pulsa mulai Rp100.000 hingga Rp100.000 dan tunggu pulsa atau paket data tersebut masuk. Terkait pembayaran, kamu bisa menggunakan kartu kredit, kartu debit atau cash.

4. ATM

Terakhir adalah membeli pulsa melalui ATM. Yang  menarik dari pembelian pulsa melalui ATM, kamu tidak akan dikenakan fee admin. Kamu cukup membayar pulsa sesuai nominal yang kamu kehendaki. Untuk membeli pulsa di ATM, berikut caranya:

  • Pertama silahkan memasukan kartu ATM ke mesin ATM
  • Masukan PIN sebagai keamanan transaksi
  • Pilih menu transaksi lainnya
  • Pilih pulsa isi ulang
  • Pilih operator seluler 
  • Tentukan nominal sesuai keinginan, minimal Rp 25.000
  • Masukan nomor hp.
  • Konfirmasi nomor hp dan jumlah nominal pulsa
  • Tekan “YA” jika informasi sudah benar
  • Selesai dan cek pulsa di hp kamu.

Semoga artikel cara menghemat kuota data internet dan membeli pulsa murah ini bisa bermanfaat!

Baca juga artikel :

9 Aplikasi Bikin Boros Kuota yang Tidak Kamu Sadari 

Cara Nyaman Nonton YouTube Tanpa Habiskan Kuota 

Promo Tokopedia dan Pricebook, Belanja Apapun Dapat Cashback 50%! 

Artikel Lainnya

Komentar