Diperbaharui pada Jumat, 3 November 2023 | 10:12

Cara Mengatur Posisi dan Jarak Ideal TV di Dinding

cara mengatur letak tvFoto: LG Blog

Bila dulu perangkat televisi atau TV biasanya ditempatkan di atas rak TV atau meja, kini dengan bentuknya yang semakin tipis, perangkat TV juga dapat diletakkan di dinding, sehingga, sangat cocok bagi pemilik rumah dengan ruang TV yang tidak terlalu luas.

Namun tentunya menampatkan TV di dinding tetap tidak bisa sembarangan, karena kenyamanan tetap menjadi prioritas utama. Bila Anda masih belum punya gambaran bagaimana seharusnya letak TV di dinding, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

Tentukan Posisi TV, Berdiri atau Menempel di Dinding?

Anda sebenarnya tidak perlu menjadi ahli tata letak ruangan untuk memahami tentang bagaimana cara mengatur letak TV di dinding, selama nyaman, maka itu sudah lebih dari cukup. Walau begitu, tentunya tetap ada pakem dasar yang perlu diikuti.

Dewasa ini, terdapat 2 cara untuk memasang TV, khususnya TV LED dengan layar yang tipis, ke dinding. Cara pertama adalah dalam posisi berdiri dengan tiang penyangga, dan cara kedua menggukan bracket khusus, sehingga TV menempel permanen di dinding.

Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Letak TV LED dalam Kondisi Berdiri

TVFoto: Vogels

Sejatinya, selain mengatur letak TV di dinding, Anda juga perlu tahu jika TV juga dapat dipasang dalam kondisi berdiri. Agar dapat melakukan hal tersebut, Anda membutuhkan sebuah tiang khusus yang dirancang untuk TV LED.

Cara pemasangannya pun tidak terlalu sulit, Anda hanya membutuhkan bracket yang dipasang dengan beberapa skrup yang biasanya akan didapatkan ketika pertama kali membeli TV LED.

Tetapi jika tidak tersedia, Anda bisa membelinya di toko perkakas rumah terdekat. Kelebihan dari menempatkan TV LED dalam posisi berdiri antara lain:

  • Sudut pandang TV bisa diubah-ubah
  • Dapat dipindahkan dengan mudah

Sedangkan, kekurangan dari TV LED yang diletakkan dalam kondisi berdiri adalah:

  • Tiang penyangga TV harus dibeli terpisah
  • Jika sudah cukup lama digunakan, harus diganti
  • Perawatan rutin terhadap tiang yang memakan banyak waktu
  • Risiko TV tersenggol dan jatuh atau lecet.

Melihat keuntungan dan kerugian dari posisi TV LED yang diletakkan dalam kondisi berdiri, tampaknya cara ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dengan gaya hidup yang modern.

Tidak hanya itu, meletakkan TV LED dalam kondisi berdiri ini juga cocok bagi yang memiliki hobi untuk mengubah tata letak rumah secara rutin untuk menghindari kejenuhan. Akan sangat berbeda jadinya jika mengatur letak TV di dinding, yang cukup susah diubah sesuai keinginan Anda.

Mengatur Posisi TV dalam Kondisi Terpasang di Dinding

TVFoto: Safavie Home

Mengatur letak TV di dinding tentu memiliki pesona sendiri. Cara ini terbilang paling umum digunakan oleh orang-orang yang memiliki TV LED, di mana pun mereka berada.

Anda juga pasti mempertimbangkan untuk meletakkan TV di dinding, tanpa perlu repot dengan hal lain dengan cara yang sebelumnya. Untuk mengatur letak TV di dinding pun terbilang cukup mudah.

Anda hanya memerlukan sebuah bracket yang dipasangi skrup ke dinding rumah yang sebelumnya telah dilubangi menggunakan bor tangan.

Adapun kelebihan dari meletakkan TV dalam kondisi menempel langsung ke dinding adalah:

  • Lebih menghemat tempat
  • Kabel-kabel yang mengganggu menjadi lebih rapi
  • Dapat dijadikan sebagai bagian dari hiasan dinding

Meski demikian, terdapat beberapa kekurangan dari TV yang diletakkan dalam kondisi menempel langsung ke dinding, yaitu:

  • Sudut pandang TV tidak bisa diubah (permanen)
  • Rentan panas karena berhadapan langsung dengan permukaan dinding
  • Sulit untuk dibersihkan hingga ke bagian belakangnya

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari mengatur letak TV di dinding di atas, tampaknya cara ini sesuai digunakan bagi Anda yang memiliki TV dengan dimensi layar yang cukup besar.

Sehingga, Anda dapat menonton dari jarak jauh tanpa perlu membuat leher letih karena menonton terlalu lama.

Tinggi TV yang Ideal dari Lantai

Terlepas dari mengatur letak TV di dinding atau dalam kondisi berdiri, kedua cara ini tentunya membutuhkan rumus khusus dalam mengatur ketinggiannya dari lantai.

Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat menonton TV dengan lebih nyaman, khususnya jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatur tinggi TV yang ideal dari lantai.

Pemasangan Menggunakan Bracket

TVFoto: Accent Sanus

Idealnya, agar dapat mengatur letak TV di dinding,  dibutuhkan bracket khusus agar TV tersebut terpasang dengan kuat. Cara pemasangan bracket tersebut ke dinding juga tidak terlalu sulit, yaitu:

  • Pertama: Bor dinding Anda dengan jarak yang sesuai dengan bracket yang akan dipasang.
  • Kedua: Pasang piringan (wall plate) dengan skrup terlebih dahulu pada bagian dinding yang telah dibor.
  • Ketiga: Pasang 2 buah bracket berbentuk tiang ke bagian belakang TV LED yang akan Anda pasang.
  • Terakhir: Atur letak TV di dinding untuk tinggi rendahnya.

Rumus Ukuran Tinggi TV dari Lantai

Sebenarnya, tidak ada rumus khusus untuk mengatur letak TV di dinding maupun dalam kondisi berdiri yang ideal dari lantai.

Namun karena terkadang TV ditonton oleh anggota keluarga lainnya, baik itu dewasa maupun anak-anak, idealnya TV tersebut harus dikondisikan agar letaknya sejajar dengan kondisi mata ketika duduk. Dengan begitu, semua akan merasa nyaman ketika menonton.

Jarak Ideal TV dari Sofa

Jika ruang TV di rumah Anda dilengkapi dengan sofa panjang untuk menonton, maka Anda pun perlu memperhatikan jarak aman nonton TV. Dengan begitu, Anda tidak hanya asal mengatur letak TV di dinding dengan alasan "yang penting kelihatan" saja.

Ada pun jarak yang ideal antar TV dan sofa yang disarankan sedikit berbeda, tergantung dengan lebar layat TV LED yang Anda miliki. Akan tetapi, standar yang ditetapkan untuk jarak TV minimum yang disarankan dapat diukur dengan rumus ukuran diagonal TV dikalikan dengan 6.

TVFoto: Pexels

Misalnya, jika TV LED yang Anda miliki berukuran 24 inci, maka jarak minimum yang dibutuhkan antara sofa dan TV adalah 3,6 meter. Semakin besar ukuran TV yang Anda miliki, maka semakin jauh pula jarak ideal yang dibutuhkan.

Nah, setelah Anda mengetahui seluk beluk terkait cara mengatur letak TV di dinding, mulai dari cara pemasangan hingga jarak yang ideal, sudah waktunya Anda langsung mempraktikkannya.

Perlu diingat agar kegiatan menonton dilakukan secukupnya ya. Sehingga, Anda pun dapat menikmati hiburan tersebut dengan pengalaman yang lebih optimal. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1491 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.