Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 14:18

Pinjaman Online Menjamur, Lakukan Ini untuk Menemukan yang Terbaik

pinjaman online

Kredit atau pinjaman telah menjadi andalan dan solusi keuangan bagi Anda yang sedang membutuhkan dana cepat. Saat ini, begitu banyak pilihan pinjaman yang ditawarkan oleh pihak bank atau lembaga finansial lain dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mulai dari pinjaman tanpa jaminan hingga dengan jaminan.

Setiap kredit memang memiliki risiko tinggi, baik dari sisi penyedia maupun sisi peminjam. Hal inilah yang menyebabkan pihak bank menetapkan ketentuan dan prosedur yang cukup ketat dalam setiap pengajuan kredit. Tidak sedikit individu yang telah mengalami penolakan terhadap pengajuan kreditnya.

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah mendorong lembaga dan perusahaan penyedia layanan kredit untuk melakukan berbagai inovasi dalam sistem perkreditan. Hal ini dilakukan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pengajuan kredit pada saat-saat darurat sehingga Anda tidak perlu mengantre atau melalui proses panjang.

Salah satu inovasi dalam sistem kredit yang saat ini sedang marak adalah pinjaman online.  Bagi Anda yang pernah mengalami penolakan ketika mengajukan kredit, mungkin pinjaman online bisa menjadi jalan alternatif bagi Anda yang sedang membutuhkan dana cepat.

Apakah Anda pernah mendengar sebelumnya mengenai pinjaman online? Apakah yang dimaksud dengan pinjaman online? Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia belum pernah mendengar atau memahami tentang pinjaman online.

Pinjaman online atau yang mungkin lebih dikenal dengan pinjaman dana pribadi cepat adalah sebuah layanan kredit secara elektronik yang dapat diakses oleh semua orang melalui pengajuan secara online. Pinjaman online dianggap sebagai sumber pembiayaan baru bagi masyarakat. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pinjaman online, antara lain:

  1. Tidak membutuhkan BI checking dan kepemilikan kartu kredit dalam proses pengajuan kredit. Hal ini tentunya semakin mempermudah Anda karena selama ini riwayat kredit menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan bank.
  2. Proses pencairan dana jauh lebih cepat dibandingkan pengajuan kredit di bank. Pada umumnya, dana pinjaman online bisa cair hanya dalam waktu 3 hari dibandingkan pinjaman melalui bank yang membutuhkan 1–2 minggu.
  3. Praktis. Anda bisa mengajukan kredit di mana pun dan kapanpun selama Anda terhubung dengan jaringan internet. Anda tidak perlu mendatangi atau mengantre di kantor cabang bank tersebut.

Seiring dengan semakin maraknya perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman online maka kita dituntut untuk tetap cermat dan teliti dalam memilih penyedia kredit sebelum Anda mengajukan pinjaman online. Lalu, hal apa saja yang harus diperhatikan agar kita memilih lembaga penyedia kredit yang terbaik? Berikut ini adalah tips dalam memilih situs pinjaman online yang terbaik.

1. Ada Transparansi dalam Setiap Pembiayaan Pinjaman Online

pinjaman online transparan
laporan yang diberikan transparan via buyereaseexpress.com

Transparansi biaya merupakan salah satu kunci kita dapat menilai sebuah situs pinjaman online terpercaya atau tidak. Transparansi sangat dibutuhkan karena pinjaman ini bersifat online dan tanpa tatap muka sehingga Anda harus benar-benar memahami seluruh persyaratan, jalannya proses, dan berbagai biaya yang ditentukan. Perhatikan pula bunga yang harus dibayar dan jangka waktu pinjaman.

Pada umumnya, situs penyedia pinjaman online yang memiliki kredibilitas baik telah memaparkan seluruh informasi secara detail dan transparan di halaman depan situs mereka. Namun, tidak sedikit situs pinjaman online yang kurang jelas mencantumkan informasi penting tersebut.

Bunga yang ditetapkan tidak terlalu jelas dan biaya yang dibebankan juga tidak transparan. Oleh karena itu, Anda harus lebih teliti dalam memilih situs pinjaman online dan menemukan informasi penting tersebut.

2. Persyaratan Pinjaman Online Mudah

Salah satu alasan mengapa masyarakat lebih tertarik dengan pinjaman online adalah persyaratan yang mudah dipenuhi dibandingkan kredit konvensional melalui bank. Sebagian besar situs pinjaman online hanya memberikan persyaratan dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto. Tentunya syarat yang dapat dipenuhi oleh semua orang.

Namun, tetap ada beberapa situs pinjaman online yang mensyaratkan dokumen lain, seperti Kartu Keluarga (KK), rekening listrik, dan dokumen lainnya. Meskipun sebagai besar situs pinjaman online memberi kemudahan syarat, Anda tetap harus cermat dalam melihat segala kemungkinan sebelum pada akhirnya mengajukan pinjaman. Jangan sampai kemudahan syarat membuat Anda lupa untuk mempertimbangkan faktor lain.

3. Pencairan Dana Pinjaman Online Mudah dan Cepat

pinjaman online cepat dan mudah
pinjaman online mudah dicairkan via nationwidemortgagerates.com

Keunggulan utama pinjaman online yang menjadi pertimbangan kebanyakan individu adalah pencairan dana yang mudah dan cepat dibandingkan kredit konvensional. Namun, tidak semua situs pinjaman online menerapkan waktu yang sama perihal pencairan dana.

Ada beberapa situs pinjaman online yang bisa mencairkan dana dalam waktu kurang dari 1 hari. Tidak sedikit pula situs pinjaman online yang membutuhkan waktu hingga 1 minggu untuk mencairkan dana. Pada umumnya, dana pinjaman online akan cair setelah semua syarat terpenuhi dan verifikasi data selesai. Hal ini tentu saja menuntut Anda untuk meneliti lebih jauh dan memastikan kapan dana akan cair sebelum Anda mengajukan pinjaman.

4. Pengajuan Pinjaman Online Bersifat Fleksibel

Hal lain yang cukup krusial dalam menentukan situs pinjaman online terbaik adalah fleksibilitas pengajuan. Pada umumnya, bank memiliki beberapa keterbatasan dalam produk pinjaman, mulai dari minimum pinjaman (rata-rata di atas Rp5.000.000), minimum jangka waktu cicilan 6 bulan, bahkan jika pelunasan dipercepat Anda bisa dikenakan denda. Pinjaman online menawarkan berbagai fleksibilitas dalam pengajuannya, antara lain:

  • Pinjaman bisa lebih rendah dari Rp 5.000.000.
  • Tidak memiliki ketentuan masa cicilan. Masa pinjaman bisa harian sehingga tidak perlu dicicil.
  • Jika pelunasan dipercepat, Anda tidak akan dikenakan denda.

Hal yang perlu Anda lakukan sebelum mengajukan pinjaman online adalah melakukan survei dan membandingkan beberapa situs penyedia layanan. Cari dan pilihlah situs pinjaman yang menawarkan fleksibilitas terbaik.

5. Wilayah Jangkauan Pinjaman Online Luas

pinjaman online jangkauan luas
jangkauannya luas via businesskorea.co.kr

Sebuah situs pinjaman online yang baik memiliki jangkauan wilayah yang luas sehingga bisa mencakup kebutuhan masyarakat luas. Ada beberapa situs pinjaman online yang terbatas jangkauannya dan hanya melayani wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Namun, ada pula yang mulai melebarkan sayapnya hingga ke daerah lain. Semakin luas wilayah jangkauan, semakin baik kredibilitas situs pinjaman online.

Ajukan Pinjaman Online Secara Bijak

Harus kita akui bahwa pinjaman online sangat bermanfaat dalam beberapa situasi. Pinjaman online juga memberikan kenyamanan, kepraktisan, dan kemudahan bagi individu yang membutuhkan dana cepat. Pinjaman online juga menawarkan fleksibilitas dalam proses dan ketentuannya.

Namun, jangan sampai berbagai penawaran menarik membuat Anda terlalu terburu-buru dalam menentukan pilihan situs pinjaman online. Perhatikan beberapa hal di atas agar Anda mendapatkan situs pinjaman online terbaik dan tidak merugikan Anda di kemudian hari.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts