Hindari Kebiasaan Ini, Bikin Kamera Miorrorless Gampang Rusak

Oleh Wiro updated Kamis, 31 Agu 2017 | 09:13

Image via YouTube

Biasanya lewat hal-hal kecil tetapi diabaikan dan sering dilakukan akan memperpendek usia kamera, seperti apa sih kebiasaan yang bikin kamera mirrorless gampang rusak?

Ada beberapa hal tentu yang bisa menyebabkan kamera menjadi rusak, jika umumnya kerusakan terjadi karena terjatuh atau terkena air dalam sebuah kejadian tak terduga, maka ulasan ini mengentengahkan beberapa kebiasaan yang dilakukan pada umumnya pemilik atau fotografer ketika menggunakan kamera mirrorles.

Tanpa sadar, ternyata hal kecil yang diabaikan ini bisa memicu kinerja kamera sehingga tak bisa lebih optimal ketika melakukan tugasnya yakni perekaman gambar melalui foto atau video. Apa saja kebiasaan yang bikin kamera mirrorless gampang rusak, berikut adalah yang perlu diperhatikan;

Terlambat Mengisi Ulang Baterai

Sebagai kebiasaan pertama adalah seringnya terlambat untuk mengisi ulang baterai kamera, tidak jarang jikka baterai telah habis maka kekuatan serap daya listrik untuk mengoperasikan fitur akan melemah, disaat itulah komponen akan memerlukan elektrisitas yang stabil, sedangkan ketika baterai lemah dan menjelang habis maka kinerja fokus, LCD, sensor hingga aksesoris kamera yang terbenam menjadi fitur juga akan terganggu dikarenakan suplay listrik dari baterai yang tidak ada.

Akhirnya, error akan terjadi ketika baterai dengan tiba-tiba habis. Meskipun error tersebut tidak permanen karena bisa kembali pulih jika menggunakan baterai yang telah penuh, namun ketika hal ini dilakukan sering kali, tak ayal kebiasaan ini yang membuat kamera mirrorless mudah sekali terjadi kerusakan.

Untuk menghindari hal ini, gunakan baterai cadangan, dengan begitu, ketika mengetahui daya listrik kamera mirrorless akan habis penggantian daya sudah dilakukan untuk mencegah pengambilan gambar yang terganggu, apalagi ketika menggunakan modus video. Usahakan lakukan pengisian baterai jika terlihat indikator merah pada layar LCD sebagai pertanda baterai telah habis.

Tidak Hati-hati Saat Mencopot Pasang Lensa

Sebagai kebiasaan yang bikin kamera mirrorless mudah rusak adalah membuka lensa atau mengganti dengan terburu-buru, juru foto profesional sekalipun kerap mengalami hal seperti ini, dan kerusakan yang dialami adalah pin konektor lensa dengan body kamera akan terganggu.

Dengan terganggunya pin konektor maka kinerja lensa yang seharusnya bisa melakukan AF akan tidak berfungsi secara maksimal, kemudian sensor dari kamera mirrorless yang digunakan juga tidak mampu menerima pesan gambar dengan optimal sehingga mempengaruhi hasil gambar, terlebih lagi ketika menggunakan modus eksposure video.

Untuk mengurangi kerusakan maka perhatikan benar posisi lensa dan pastikan posisi putar memang benar-benar pas sehingga tidak menggangu pin yang ada, jika memungkinkan, pilih lapisan material besi agar lebih tahan lama ketika sering melakukan lepas pasang lensa.

Tidak Melindungi Ruang Cermin

Meskipun ini berlaku pada kamera DSLR, ternyata kebiasaan yang bikin kamera mudah rusak juga berlaku untuk mirrorless, bukan hanya paparan cahaya yang masuk ke ruang cermin tetapi debu dan benda lain juga tanpa disadari akan masuk jika dibiarkan terbuka, apalagi terbuka ketika menyimpan atau membawa kamera.

Sebaiknya lakukan dengan cepat saat mengganti lensa, apalagi kondisi mengganti lensa berada di luiar ruang yang memungkinkan debu akan masuk di area ruang cermin atau sensor, atau Anda bisa menggunakan penutup atau dikenal dengan nama lens cap, ini akan membantu Anda terhindar dari kebiasaan yang bikin mirrorless mudah rusak.

Menyimpan Lama Ditempat Lembab Atau Panas

Terlampau lama menyimpan kamera di tempat yang lembab atau panas juga akan menggangu kinerja sensor, jika kondisi lembab maka area sensor pada kamera mirrorless akan mengalami korosi dan kerak jamur yang muncul dari kondisi udara lembab. Tak ubahnya ketika menyimpan dalam kondisi panas, meskipun kamera telah dilakukan uji ketahanan panas, namun jika dalam waktu lama ada kerusakan yang akan tejadi di beberapa bagian.

Untuk menghindari hal ini gunakan silica gell untuk menjaga suhu tidak terlalu lembab, hindari terlalu sering menyimpan kamera di dalam mobil dimana terkadang Anda tak ingin kamera tertinggal maka kamera sering Anda taruh di dalam mobil dalam waktu lama dan dibiarkan ketika mobil terjemur matahari di waktu siang sehingga suhu didalam sangat panas dan akan berubah menjadi lembab ketika pergantian waktu dari dini-hari ke siang hari.

Sering Mengganti Lensa Dalam Posisi Kamera On

Stop kebiasaan ini sekarang. Lakukan penggantian lensa saat posisi kamera menyala, meskipun ada sistem otomatis untuk menonaktifkan power ketika beberapa lama tidak digunakan, namun untuk menjaga error di sistem kamera maka pastikan untuk mematikan power terlebih dulu sebelum mengganti lensa kamera.

Itulah beberapa kebiasaan yang bikin mirrorless gampang rusak, ada berbagai kebiasaan lain tentu saja yang bisa menyebabkan kamera miorrorless rusak, seperti guncangan yang terlampau sering terjadi ketika membawa kamera, atau terkena cipratan air lain atau air tawar ketika memotret.

Banyak hal lain yang tanpa disadari bisa mempengaruhi kerusakan di kamera mirrorless, untuk itu, perlakukan lebih aman kamera Anda dan hindari kebiasaan yang membuat mirrorless Anda menjadi rusak. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel:

Memilih Kamera Mirrorless yang Bagus dari Harga, Sensor dan Lensa

5 Lensa Kamera Mirrorless Terbaik 2017, Mana yang Paling Bagus?

7 Kamera Mirrorless Murah Terbaik untuk Travel Blogger dan Instagramers

Artikel Lainnya

Komentar