Diperbaharui pada Rabu, 9 Februari 2022 | 11:41

Cara Membuat Hp Lemot Jadi Ngebut

cara mengatasi hp lemot

Pertama kali membeli hp Android, Anda mungkin merasa puas karena hape tersebut mampu hasilkan performa penuh untuk menopang segala kebutuhan.

Namun, tidak sedikit pengguna yang mengeluh dengan kecepatan hp Android yang performanya terus menurun seiring penggunaan, lemot dan bisa mengganggu aktivitas Anda.

Perlu Anda ketahui, problem tersebut memang umum terjadi pada hp Android. Nah, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Cara Mengatasi Hp Lemot

Punya Hp android bagus tapi udah mulai turun performanya? Nih, cobain tips bikin hp lemot jadi lancar ala Pricebook. Dijamin lancar tanpa leg

Kali ini, Pricebook akan berikan tips mempercepat hp Android lemot agar kinerjanya bisa kembali prima dengan performa yang kembali seperti sediakala.

1. Analisis Performa dengan Aplikasi Trepn Profiler

Tips pertama untuk mempercepat hp Android Anda yang lemot adalah melakukan melihat penggunaan dari aplikasi ataupun sistem.

Anda bisa menggunakan aplikasi Trepn Profiler dari Qualcomm untuk melihat kinerja CPU secara real-time, penggunaan internet dari Wi-Fi atau data, penggunaan GPU dan pemakaian RAM.

Melalui aplikasi Trepn Profiler, Anda pun bisa melihat aplikasi apa saja yang membebani kinerja hp dan menutup paksa aplikasi tersebut secara paksa.

2. Bersihkan File Tidak Terpakai

Foto ataupun file berukuran besar dan banyak bisa membuat kinerja hp Android menjadi lemot karena membebani kapasitas memori. Untuk itu, silahkan hapus atau pindahkan foto ataupun file Anda ke laptop untuk membuat memori internal menjadi tetap lega.

3. Kurangi Penggunaan Widget

Cara mengatasi hp lemot

Penggunaan widget membuat tampilan hp Android Anda lebih menarik. Namun, widget sangat membebani sistem sehingga penggunaan dalam jumlah banyak akan membuat hp Android Anda lemot. Untuk itu, silahkan pilih widget yang tidak Anda gunakan kemudian matikan widget tersebut.

4. Matikan Animasi

Animasi juga membuat tampilan hp Android lebih catchy. Namun, penggunaan animasi bisa membuat kinerja hape menjadi lemot. Untuk meningkatkan performa hape Anda, cara terbaik yang perlu dilakukan adalah mematikan animasi dan menggantinya dengan wallpaper biasa.

5. Auto Kill Aplikasi

Kemampuan multitasking di hp Android mungkin membuat Anda lupa untuk menutup aplikasi yang sudah digunakan.

Padahal, penggunaan banyak aplikasi di Recent Apps bisa membuat RAM menjadi sesak dan berimbas membuat kinerja hp Android menjadi lemot.

Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan fitur Auto Kill dan menutup semua aplikasi yang ada di Recent Apps.

6. Matikan Fitur Auto-Sync

cara mengatasi hp lemot

Fitur Auto-Sync membuat Anda bisa tetap terhubung dengan semua akun yang dipasang di hape. Namun, fitur ini berdampak pada kinerja hape Android yang menjadi berat atau lag.

Untuk itu, silahkan matikan fitur ini untuk membuat kinerja hape tetap ngacir dan membuka aplikasi seperti email secara manual.

7. Uninstall Aplikasi

Setiap harinya, Google Play Store memiliki banyak aplikasi baru yang menarik untuk dicoba. Namun, banyaknya aplikasi yang terpasang membuat memori hape semakin sesak.

Untuk itu, bijaklah saat menggunakan aplikasi dengan menghapus aplikasi apa saja yang paling jarang bahkan tidak pernah Anda gunakan.

8. Update Manual Software Android

Cara terakhir mengembalikan performa hp Android Anda yang lemot adalah melakukan update software secara manual. Langkah ini bisa membersihkan cache ataupun keseluruhan data di hp dan membuat sistem hp seakan seperti baru.

Saat melakukan update, jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dulu, ya!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1645 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.