8 Tips Mempercepat HP Android Lemot

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 22 Agu 2017 | 10:20


Image via PreApps

Pertama kali membeli hp Android, Anda mungkin merasa puas karena hape tersebut mampu hasilkan performa penuh untuk menopang segala kebutuhan. Namun, tidak sedikit pengguna yang mengeluh dengan kecepatan hp Android yang performanya terus menurun seiring penggunaan, lemot dan bisa mengganggu aktivitas Anda.

Perlu Anda ketahui, problem tersebut memang umum terjadi pada hp Android. Nah, bagaimana cara untuk mengatasinya? Kali ini, Pricebook akan berikan tips mempercepat hp Android lemot agar kinerjanya bisa kembali prima dengan performa yang kembali seperti sediakala.

1. Analisis Performa dengan Aplikasi Trepn Profiler

Tips pertama untuk mempercepat hp Android Anda yang lemot adalah melakukan melihat penggunaan dari aplikasi ataupun sistem. Anda bisa menggunakan aplikasi Trepn Profiler dari Qualcomm untuk melihat kinerja CPU secara real-time, penggunaan internet dari Wi-Fi atau data, penggunaan GPU dan pemakaian RAM. Melalui aplikasi Trepn Profiler, Anda pun bisa melihat aplikasi apa saja yang membebani kinerja hp dan menutup paksa aplikasi tersebut secara paksa.

2. Bersihkan File Tidak Terpakai

Image via AndroidPit

Foto ataupun file berukuran besar dan banyak bisa membuat kinerja hp Android menjadi lemot karena membebani kapasitas memori. Untuk itu, silahkan hapus atau pindahkan foto ataupun file Anda ke laptop untuk membuat memori internal menjadi tetap lega.

3. Kurangi Penggunaan Widget

Image via QuickLook

Penggunaan widget membuat tampilan hp Android Anda lebih menarik. Namun, widget sangat membebani sistem sehingga penggunaan dalam jumlah banyak akan membuat hp Android Anda lemot. Untuk itu, silahkan pilih widget yang tidak Anda gunakan kemudian matikan widget tersebut.

4. Matikan Animasi

Animasi juga membuat tampilan hp Android lebih catchy. Namun, penggunaan animasi bisa membuat kinerja hape menjadi lemot. Untuk meningkatkan performa hape Anda, cara terbaik yang perlu dilakukan adalah mematikan animasi dan menggantinya dengan wallpaper biasa.

5. Auto Kill Aplikasi

Kemampuan multitasking di hp Android mungkin membuat Anda lupa untuk menutup aplikasi yang sudah digunakan. Padahal, penggunaan banyak aplikasi di Recent Apps bisa membuat RAM menjadi sesak dan berimbas membuat kinerja hp Android menjadi lemot. Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan fitur Auto Kill dan menutup semua aplikasi yang ada di Recent Apps.

6. Matikan Fitur Auto-Sync

Fitur Auto-Sync membuat Anda bisa tetap terhubung dengan semua akun yang dipasang di hape. Namun, fitur ini berdampak pada kinerja hape Android yang menjadi berat atau lag. Untuk itu, silahkan matikan fitur ini untuk membuat kinerja hape tetap ngacir dan membuka aplikasi seperti email secara manual.

7. Uninstall Aplikasi

Image via MobileInternist

Setiap harinya, Google Play Store memiliki banyak aplikasi baru yang menarik untuk dicoba. Namun, banyaknya aplikasi yang terpasang membuat memori hape semakin sesak. Untuk itu, bijaklah saat menggunakan aplikasi dengan menghapus aplikasi apa saja yang paling jarang bahkan tidak pernah Anda gunakan.

8. Update Manual Software Android

Cara terakhir mengembalikan performa hp Android Anda yang lemot adalah melakukan update software secara manual. Langkah ini bisa membersihkan cache ataupun keseluruhan data di hp dan membuat sistem hp seakan seperti baru. Saat melakukan update, jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dulu, ya!

Baca juga artikel:

10 Cara Merekam Video dengan Hape Untuk Android dan iPhone

6 Cara Menambahkan Musik ke Instagram Story di Hape Android dan iOS

Cara Lock Sinyal 4G Lte di Samsung Galaxy J5

Artikel Lainnya

Komentar