Diperbaharui pada Rabu, 17 Juni 2020 | 20:04

Cara Memaksimalkan Instagram Stories, Pasti Viral!

IG stories

Sempat diklaim menjiplak Snapchat, nyatanya Instagram Stories telah berkembang pesat dan berhasil mengalahkannya. Saat ini, Instagram Stories sudah dipakai lebih dari ratusan juta pengguna di dunia dan terdapat lebih dari ratusan juta pengguna yang upload momen di fitur tersebut setiap harinya.

Nah, apakah Anda salah satu pengguna Instagram Stories? Untuk memaksimalk an fitur dari Instagram tersebut, kali ini Pricebook akan membagikan tips untuk Anda agar bisa unggahan Instagram Stories lebih menarik dan variatif.

1. Reply Stories dengan Video dan Foto

via: Instagram

Saat melihat story yang diunggah oleh teman, Anda bisa membalasnya dengan foto atau video. Caranya, tekan tombol kamera saat Anda menonton Stories seseorang dan tambahkan tools kreatif yang tersedia seperti filter, stiker dan tulisan yang diinginkan.

2. Gunakan Pin Sticker, dan Geosticker

Via: Instagram

Anda juga bisa melekatkan Pin Sticker, dan Geosticker pada Stories yang dibagikan. Saat Anda mengambil gambar atau video di Stories, silahkan pilih stiker ataupun stiker berbasis lokasi lalu tekan selama beberapa detik agar bisa diletakkan pada posisi tertentu.

Selain pada foto, fitur ini juga bisa disematkan pada video dengan klik ‘Pin’ dan stiker akan menempel pada video yang tengah bergerak.

3. Gunakan Sticker Selfie

Selain menambahkan sticker berbasis lokasi, Anda pun bisa menyematkan foto selfie Anda untuk menggambarkan reaksi saat mengunggah Stories di lokasi tertentu. Caranya, silahkan klik ikon selfie pada laman sticker, ambil sebuah foto dan tekan tombol yang ada di bagian bawah.

4. Rewind Video

Via: idownloadblog

Rewind Video adalah fitur baru di Instagram Stories yang bisa memainkan video secara terbalik. Untuk bisa hasilkan video unik ini, silahkan pilih menu Rewind yang ada di Instagram Stories.

5. Tambahkan Hashtag

Via: BustleAnda juga bisa menambahkan hashtag atau tagar tertentu pada video atau foto yang dibagikan dengan cara klik sticker, pilih menu #hashtag dan edit hashtag tersebut sesuai keinginan. Dengan menyematkan hashtag, Anda pun bisa melihat konten yang diunggah oleh orang lain dan berkaitan.

6. Zoom Video dan Foto

Anda mungkin mengira bahwa fitur kamera di Instagram Stories memiliki fungsi berbeda dengan fitur kamera bawaan dari smartphone. Namun, Anda tetap bisa melakukan zoom ini pada sebuah foto dan video pada saat mengambil Stories hanya dengan menekan lingkaran video atau foto lalu geser ke sisi atas untuk membesarkannya.

7. Ubah Layar Menjadi Satu Warna

Untuk mengubah layar menjadi satu warna, silahkan pilih satu warna dari palet yang tersedia di bagian bawah layar Stories, lalu tahan jari Anda di layar. Setelah itu, seluruh layar akan berubah menjadi layar tersebut dan Anda bisa menambahkan tulisan, gambar, dan sticker pada postingan tersebut.

8. Berkreasi dengan Boomerang

Via: The Verge

Selain upload foto dan video, Anda pun bisa mengunggah Stories menjadi Boomerang yang formatnya hampir mirip dengan GIF. Untuk menggunakannya, silahkan atur pengambilan Stories dengan Boomerang dan lakukan gerakan selama beberapa detik.

Nah, itu dia 8 tips memaksimalkan Instagram Stories yang bisa Anda lakukan.

 

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.