10 Tips Memaksimalkan Penggunaan iPhone dengan Fitur Tersembunyi

Oleh Ardiansyah Hana updated Kamis, 10 Agu 2017 | 14:57

Dibandingkan dengan hp Android, iPhone punya beberapa keunggulan. Kelebihan tersebut bisa Anda lihat dari sektor desain yang mewah, ketersediaan aplikasi di App Store yang beragam, serta kinerja software yang smooth.

Selain merasakan kelebihan tersebut, Anda pun bisa memaksimalkan penggunaan iPhone dengan sejumlah fitur yang tersedia. Nah, apa saja tips iPhone yang bisa Anda lakukan?

1. Stop Musik dengan Timer

Tips iPhone pertama adalah hentikan musik menggunakan timer. Tips iPhone ini berlaku untuk Anda yang sering mendengarkan musik saat menjelang tidur dan ingin tetap menghemat baterai tanpa harus terbangun untuk mematikannya. Tips iPhone ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu Clock, klik Timer, atur durasi waktu dan klik pilihan “Stop Playing”.

2. Atur Passcode Secara Alfanumerik

Gunakan password tentunya bisa memberikan keamanan lebih pada iPhone Anda karena tidak bisa diakses oleh orang lain. Selain menggunakan passcode berupa nomor, Anda bisa membuat passcode secara alfanumerik supaya lebih aman. Tips iPhone ini bisa dilakukan dengan klik Settings, pilih Passcode, klik Turn Passcode On atau Change Passcode jika sebelumnya kamu sudak memakainya, kemudian saat diminta untuk memasukkan empat atau enam angka, pilih Passcode Options, dan pilih Custom Alphanumeric Code.

3. Ambil Foto dengan Earphone

Tips iPhone lainnya bisa Anda lakukan saat memotret gambar. Selain fungsi memotret bisa dilakukan dengan klik tombol volume up, Anda juga bisa memanfaatkan earphone sebagai tombol shutter. Cara ini bisa Anda lakukan dengan earphone bawaan atau earphone merek lain yang dilengkapi fitur Bluetooth.

4. Charge Lebih Cepat dengan Airplane Mode

Saat buru-buru namun Anda harus menunggu baterai iPhone penuh, Anda bisa mempercepat proses pengisian daya hanya dengan mengatur iPhone ke airplane mode. Dengan mengaktifkan airplane mode, secara otomatis iPhone Anda akan mematikan jaringan data dan proses pencarian Wi-Fi sehingga baterai akan lebih cepat terisi secara drastis.

5. Atur Fokus Kamera

Tips iPhone ini memang umum, namun cukup banyak pengguna yang tidak mengetahuinya. Ya, Anda bisa mengatur fokus kamera pada iPhone sehingga foto yang dihasilkan tidak blur dan layak dibagikan di sosial media. Caranya, tap layar selama dua detik saat membuka aplikasi kamera dan tunggu tampil informasi 'AF Locked' pada fokus yang Anda ambil. Kemudian, Anda pun tinggal klik tombol shutter untuk pengambilan gambar.

6. Maksimalkan Fitur Kalkulator

Di iPhone, fitur kalkulator yang tersedia memang sangat sederhana. Namun, Anda bisa mengubahnya menjadi kalkulator scientific dengan memutar iPhone ke mode landscape. Selain itu, Anda juga bisa menghapus digit angka terakhir dengan swipe layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

7. Cek Kekuatan Sinyal

Ingin mengecek kekuatan sinyal? Anda hanya perlu mengetik *3001#12345#* di tombol dial dan membuka Field Mode untuk mengetahui kualitas sinyal di iPhone Anda dan mengubah tampilan sinyal berbasis grafis ke angka. Jika skor yang ditampilkan -50, artinya Anda bisa streaming konten video dengan lancar, sementara angka -120 menunjukan bahwa penerimaan sinyal yang tersedia benar-benar buruk.

8. Tutup Tiga Aplikasi Sekaligus

Tips iPhone selanjutnya adalah menutup tiga aplikasi secara bersamaan. Caranya, silahkan tarik tiga jari Anda di menu multitasking dan tiga aplikasi akan tertutup otomatis. Tentunya, tips iPhone ini sangat berguna saat Anda terburu-buru.

9. Hemat Baterai dengan Matikan Spotlight

Spotlight merupakan salah satu fitur iPhone terbaru yang memungkinkan Anda mengetahui berita ataupun informasi cuaca dengan cepat. Namun, nyatanya fitur iPhone ini sangat menguras baterai karena berjalan di background. Sebaiknya, Anda mematikan fitur ini agar baterai tetap hemat dengan masuk ke menu Settings, klik General dan klik Spotlight Search dengan mengubah toogle ke posisi off.

10. Shake to undo

Tips iPhone terakhir sangat berguna saat Anda mengetik SMS atau iMessage namun tidak sengaja terhapus. Untuk mengembalikan pesan yang sudah Anda ketik, Anda hanya tinggal menggoyangkan iPhone Anda sampai notifikasi Undo Typing muncul. Kemudian, Anda tinggal klik Undo untuk memunculkan teks yang sebelumnya terhapus.

Baca juga artikel:

10 Cara Merekam Video dengan Hape Untuk Android dan iPhone

Update iOS 10 Terbaru Untuk iPhone dan iPad Dirilis, Cek Hapemu!

Apple Rilis Video Tutorial "How To Shoot On iPhone 7?"

Artikel Lainnya

Komentar