Diperbaharui pada Kamis, 27 Juli 2017 | 10:50

10 Cara Merekam Video dengan Hape Untuk Android dan iPhone


Untuk menghasilkan kualitas yang baik, cara untuk merekam video melalui hape Android dan iPhone dibawah ini bisa dilakukan.  

Ingin nge-vlog tapi takut hasilnya buruk karena tidak punya kamera profesional? Tidak perlu khawatir, sebab kini kecanggihan kamera hape tentunya bisa Anda jadikan sebagai alat untuk merekam video.

Saat ini, kamera hape sudah dilengkapi fitur canggih. Bahkan, beberapa vendor mengklaim bahwa gambar atau video yang dihasilkan memiliki kualitas hampir menyamai kamera DSLR.

Untuk memberikan hasil rekaman video yang terbaik, berikut sejumlah tips atau cara membuat video yang bisa Anda lakukan menggunakan hape Android atau iPhone. Tentnya supaya  hasilnya bagus dan layak untuk diunggah ke YouTube ataupun Instagram. Yuk, simak!

Rekam Dalam Mode Landscape


Footage menarik hadir dengan dua bilah vertikal hitam pada kedua sisi video. Untuk itu, pastikan merekam video dengan orientasi landscape dan hindari penggunaan mode portrait. Selain hasil video yang Anda rekam menghasilkan kesan estetik, mode ini  membuat Anda bisa rekaman video dengan viewing angle yang luas, sekaligus bisa dinikmati dengan leluasa lewat widescreen ataupun televisi.

Ciptakan Framing Menarik

Cara merekam video di hape selanjutnya adalah menciptakan visual menarik. Saat merekam dalam mode portrait, kebanyakan orang merekam video dengan subyek yang disimpan di tengah. Padahal, teknik ini akan membuat hasil rekaman kurang menarik karena subyek yang statis. Untuk itu, cobalah untuk meletakkan subyek di bagian pinggir agar visual  yang dihasilkan tampak bagus.  


Hindari Penggunaan Zoom

Semua fotografer profesional sepakat bahwa penggunaan digital zoom hasilnya sangat buruk. Untuk itu, hindari penggunaan digital zoom saat pengambilan video dan lakukan perekaman video dengan posisi sedekat mungkin dengan subjek. Jika benar-benar ingin melakukan teknik ini, Anda wajib menggunakan aksesoris tambahan atau menggunakan hape yang dilengkapi dengan fitur optical zoom.

Hindari Penggunaan LED Flash

Hampir semua hape di pasaran dilengkapi dengan fitur LED flash. Meskipun berguna untuk pengambilan gambar, namun LED flash bisa merusak hasil video Anda karena tone warna yang dihasilkan tidak natural. Jika ingin mengambil gambar di malam hari, hindari penggantian LED flash dan manfaatkan pencahayaan alami seperti lampu atau neon sign.


Komposisi yang Tepat

Pencahayaan memang penting dalam proses perekaman video. Namun, hal ini tidaklah cukup karena Anda harus memahami arah cahaya agar hasilnya sinematis. Saat melakukan perekaman di bawah sinar matahari misalnya, sebaiknya Anda hindari untuk tidak menghadap langsung pada arah sinar matahari. Sementara jika menggunakan cahaya buatan, atur cahaya tersebut agar tidak terjadi backlit.

Coba Slow Motion

Anda juga bisa mengunakan mode slow motion untuk menghasilkan rekaman video yang dramatis. Saat ini, terdapat banyak kamera hape yang dilengkapi mode slow motion, dimana Anda hanya tinggal berkreasi dan mengatur angle dan lighting.


Jangan Gerakan Hape Tiba-tiba

Untuk mendapatkan fokus yang lebih baik, banyak orang menggerakan kamera hape. Namun, gerakan spontan ini bisa merusak gambar karena objek akan terlihat kabur. Tentunya, Anda tidak bisa membandingkan proses pengambilan gambar dari film action dengan teknik kamera yang bergerak cepat. Saat kondisi seperti ini, baiknya Anda menggerakan kamera hape dengan lembut dan bertahap.  

Pilih Angle Terbaik

Tips rekam video selanjutnya adalah menentukan angle terbaik. Ya, meskipun memilih angle merupakan trik yang sangat umum, namun hal ini wajib Anda lakukan untuk memberikan kesan tertentu pada video yang Anda rekam. Sebelum proses perekaman dilakukan, cobalah untuk mengelilingi objek dan gunakan titik yang mampu memberikan hasil gambar terbaik.

Pilih Aksesoris yang Tepat


Meskipun kamera hape sudah dilengkapi fitur-fitur canggih, namun penggunaan aksesoris yang tepat akan membantu Anda untuk menghasilkan video berkualitas baik. Salah satu aksesoris kamera yang bisa Anda gunakan adalah tripod atau monopod yang bisa menjaga kamera tetap steady. Dengan aksesoris ini, kamera hape Anda akan lebih stabil dalam merekam gambar, termasuk memudahkan Anda untuk mengatur fokus.

Lakukan Editing Ala Profesional

Selain proses pengambilan video yang benar, teknik editing yang dilakukan bisa meningkatkan hasil video tersebut sehingga lebih menarik untuk ditonton. Baiknya, Anda menggunakan software editing berbayar karena sejumlah aplikasi edit video gratisan biasanya menyertakan watermark yang sangat mengganggu.

Untuk Anda pengguna iPhone, Anda bisa menggunakan aplikasi iMovie yang berisikan sejumlah fitur profesional ala software iMovie di Mac, seperti picture-in-picture, split screen, slow motion dan tools untuk membuat trailer. Sementara di Android, Anda bisa mencoba aplikasi editing video bernama FilmoraGo dan Magisto.

Dengan cara merekam video di hape untuk android dan iphone serta penambahan proses editing yang benar, tentu saja Anda bisa menghasilkan video ala YouTuber profesional. Selamat mencoba tips rekam video diatas!

Baca juga artikel :

10 Tips Cerdas Penggunaan Hape yang Jarang Diketahui 

Foto Olahraga Tidak Memuaskan? Coba 10 Tips Ini untuk Teknik dan Settingnya 

Tips Merawat Kamera Action Cam Agar Tidak Mudah Rusak  

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts