Diperbaharui pada Senin, 7 Februari 2022 | 19:18

10 Cara Maksimalkan Gboard di Hp

 

Aplikasi keyboard untuk hp Android maupun iOS memang berlimpah di play store maupun apps store. Tapi tahukah Anda default keyboard di hp Anda selama ini bukan buatan pabrikan smartphone?

Gboard, ya, aplikasi ini seolah menjadi settingan default yang dibawa setiap smartphone ketika pertama kali dilahirkan meskipun dengan launcher yang berbeda. Aplikasi Gboard dikembangkan oleh Google yang berisikan berbagai fitur pelengkap pengolahan kata dan angka hingga emoji.

Sudahkah Anda mempergunakan Gboard selama maksimal atau malah cenderung berpindah ke applikasi third party keyboard yang lain? Atau mungkin merasa terlalu ribet dengan semua kecerdasan yang dibawa Gboard?

Penasaran? Simak tips memaksimalkan aplikasi Gboard berikut ini:

1. Mode Satu Tangan

one handed mode

Saat mengetik dalam kondisi darurat, terkadang Anda hanya bisa memanfaatkan satu tangan saja. Jika menggunakan keyboard standar, tentu saja hal ini sangat menyulitkan dan menghasilkan tulisan typo.

Untungnya, aplikasi Gboard memiliki fitur menarik yang memungkinkan Anda mengetik dalam satu tangan saja. Caranya, silahkan tekan tombol cukup lama untuk memunculkan mode satu tangan yang bisa langsung digunakan secara otomatis.

2. Menggeser Kursor

kursor gboard

Saat ingin memilih kata yang salah ketik, Anda terkadang kesulitan memindahkan kursor. Tentunya, Anda tak perlu mengetik ulang karena aplikasi Gboard memiliki fitur untuk memperbaiki kata yang ingin diubah tersebut.

Caranya, silahkan geser kiri dan kanan pada area space bar untuk memperbaikinya.

3. Hapus Satu Kata Sekaligus

select all

Dengan aplikasi Gboard, Anda yang ingin menghapus satu kata tidak perlu lagi melakukan seleksi terlebih dulu. Anda hanya perlu menyentuh dan menggeser ke bagian kiri tombol backspace pada keyboard untuk menghapus kata sedcara otomatis.

4. Ketik dan Translate Secara Langsung

Bolak-balik aplikasi chatting dan aplikasi translate tentu saja akan merepotkan Anda sewaktu ingin menerjemahkan pesan. Dengan aplikasi Gboard, proses tersebut akan menjadi lebih mudah berkat adanya fitur auto translate.

Untuk menggunakan fitur ini, silahkan tekan logo Google yang berada di bagian pojok kiri atas keyboard, lalu pilih ikon translate dan pilih bahasa yang ingin diterjemahkan. Nantinya, setiap kata yang ingin Anda terjemahkan akan muncul secara otomatis.

5. Browsing Secara Langsung

gif

Mesin pencarian adalah produk utama dari Google. Karenanya, Google pun mengintegrasikan mesin pencarian tersebut pada aplikasi Gboard untuk memudahkan Anda.

Saat chatting dan ingin mencari sebuah informasi, kini Anda tak perlu repot lagi. Anda hanya tinggal klik logo G dan masukkan kata kunci yang ingin dicari.

6. Lebih Atraktif dengan GIF

Chatting seru kini tak hanya sekadar menyisipkan emoji. Jika Anda menggunakan aplikasi Gboard, Anda bisa menyisipkan gambar berformat GIF yang akan membuat chatting menjadi lebih seru.

Caranya, silahkan klik logo G, ketik sebuat keyword dan tambahkan tulisan “GIF” di belakangnya.

7. Tambahkan Informasi Cuaca

weather

Kondisi cuaca sangatlah penting untuk diketahui, terlebih jika Anda memiliki rencana untuk bepergian. Dengan aplikasi Gboard, Anda pun bisa mengetahui cuaca di suatu tempat dengan mudah.

Langkahnya, silahkan klik logo G, masukkan kata kunci cuaca dan nama tempat. Setelah itu, Gboard pun akan segera menampilkan kondisi cuaca di tempat tersebut.

8. Akses Tanda Baca Cepat

tanda baca

Pernah kesal saat ingin menyisipkan tanda baca namun sulit ditemukan? Dengan aplikasi Gboard, hal ini tidak akan terjadi lagi. Untuk bisa mengakses tanda baca dengan cepat, Anda bisa klik tombol 123 dan lanjutkan dengan tekan tombol titik untuk mendapatkan akses ke simbol atau tanda baca lainnya.

9. Menghapus Suggest Kata

Saat mengetik pesan, terkadang saran kata yang muncul akan membuat kesal, terlebih jika kata tersebut tidak sesuai atau memuat rahasia tertentu yang sangat mudah diketahui orang.

Untuk menghapus saran kata ini, silahkan tekan huruf yang muncul dan geser ke ikon trash.

10. Mengganti Tema

keyboard themes

Bosan dengan tampilan aplikasi Gboard yang monoton? Anda bisa mengganti tema tersebut dengan mudah hanya dengan membuka Setting dan klik Theme.

Disini, Anda akan disuguhkan berbagai tema menarik atau menggantinya dengan foto dari galeri hape Anda. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.