Diperbaharui pada Kamis, 8 Oktober 2020 | 13:45

Tak Cuma Garansi, Berikut 7 Panduan Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Saat ini cukup banyak produk laptop yang beredar  di pasaran. Mulai dari jenis yang paling murah sampai yang paling mahal dapat Anda temui di berbagai toko online ataupun store resmi. Untuk itu dibutuhkan beberapa pertimbangan dalam memilih laptop yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya jika anda seorang pekerja kantoran yang biasa melakukan pekerjaan dengan aplikasi standar seperti Microsoft Office tentu akan mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan orang yang melakukan kerja kreatif seperti seorang desainer atau pun fotografer.

Sehingga pertimbangan yang matang dan serta kebijaksanaan dalam memilih laptop menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Agar laptop yang menjadi pilihan anda dapat digunakan sesuai fungsinya dan tidak menjadi mubazir serta pas di kantong anda.

Berikut, kami akan memberikan beberapa tips agar Anda dapat memilih laptop yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Budget Adalah Kunci


Ada baiknya sebelum membeli sebuah laptop baru mengetahui harga dari sebuah laptop itu sangat penting, dengan mengetahui harga tentu saja kita dapat mengetahui apakah uang yang kita miliki bisa untuk membeli laptop yang bagus.

Di sisi lain kita harus menghemat pengeluaran ya paling tidak kita memiliki laptop bagus dengan harga yang pantas.

Nantinya jika anda bosan dengan laptop yang dimiliki sekarang dan anda ingin menjualnya, maka kita harus memperhatika nilai jual laptop tersebut dikemudian hari sebelum anda membelinya. Walaupun anda tidak berniat ingin menjual laptop nantinya dan tidak ada salahnya anda mengetahui nilai jual laptop tersebut.

Untuk komparasi laptop Anda bisa memanfaatkan Pricebook sebagai situs pembanding harga nomor satu di Indonesia.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan


Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Seperti yang sudah di singgung diatas, Anda membutuhkan laptop untuk menunjang pekerjaan atau sekedar untuk hiburan.

1. Laptop Kantoran

Untuk kebutuhan ringan seperti browsing, mendengarkan musik, melakukan tugas harian di kantor, tentu anda tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi, cukup untuk aktivitas yang berhubungan dengan Mincrosoft Office.

2. Laptop Desain Grafis

Kebutuhan Anda adalah berhubungan dengan grafik dan warna. Sesekali digunakan untuk kebutuhan word processing dan juga memainkan game tingkat menengah. Menggunakan laptop sebagai sarana hiburan sekaligus untuk kebutuhan kerja. Maka anda membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi, misal RAM diatas 4GB, prosesor cepat dan VGA card yang cukup mumpuni.

3. Laptop Gaming

Jika Anda seorang gamer dan lebih banyak menggunakan untuk kebutuhan bermain game berat, dengan jangka waktu cukup lama, membutuhkan performa yang stabil, kualitas tampilan jernih dan tajam. Tentunya untuk kebutuhan ini anda harus siap merogoh kocek yang cukup dalam, mengingat laptop untuk gaming memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran saat ini.

Dimensi Laptop

Ukuran laptop juga harus menjadi salah satu pertimbangan anda dalam memilih laptop yang tepat. Bagi Anda yang suka berpergian membawa laptop, maka alangkah lebih baik anda memilih sebuah laptop dengan ukuran sedang dan mudah dibawa kemanapun Anda pergi.

Namun jika jarang berpergian membawa laptop alias sering menggunakan laptop di rumah maka bisa memilih laptop yang memiliki ukuran lebih besar. Kita dapat menyesuaikan ukuran layar dengan aktifitas keseharian agar tidak ada masalah dalam memakainya.

Daya Tahan Baterai

Selanjutnya adalah harus melihat daya tahan baterai. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan cukup mobile dan kerap berpergian ke berbagai tempat, maka anda akan lebih membutuhkan laptop dengan daya tahan baterai yang lebih kuat.

Namun jika anda hanya memakai laptop untuk kebutuhan sekunder –bukan untuk pekerjaan– maka nampaknya hal ini tak terlalu berpengaruh. Anda nampaknya tak membutuhkan laptop dengan daya tahan yang lama

Sistem Operasi

Hal ini cukup penting mengingat sistem operasi adalah interface yang digunakan untuk dapat menjalankan laptop anda.

Mungkin, jika terbiasa menjalankan laptop dengan sistem operasi Linux maka tentu anda akan mengalami kesulitan jika harus menjalankan sistem operasi Microsoft.

Untuk itu sebaiknya anda perlu mengetahui terlebih dahulu OS apakah yang digunakan pada laptop yang akan menjadi pilihan anda.

Merk Laptop

Mungkin menjadi hal yang tidak terlalu anda perhitungkan, namun jika anda orang yang lebih mempertimbangkan performa dibanding “gengsi” merk maka Anda dapat mengabaikan hal ini.

Ditengah banyaknya berbagai merk laptop yang ada di pasar maka merk yang lebih terkenal tentu akan lebih memiliki kepercayaan di mata konsumen dan tentunya akan berimbas pada harga jual kembali laptop yang akan tetap stabil ketika anda jual nanti.

Garansi dan Layanan Purna Jual

Hal terakhir yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli laptop yaitu tentang garansi yang diberikan terhadap laptop tersebut, sebuah laptop dapat diukur kualitasnya dari lama garansi yang diberikan, semakin lama garansi yang diberikan oleh pihak produsen kepada produksinya maka semakin bagus

Hal yang tidak boleh terlewatkan sebelum membeli laptop yaitu lokasi service center, lebih baik jika service center laptop yang hendak kita beli nantinya memiliki lokasi service center yang tidak jauh dari tempat tinggal anda, tujuanya agar lebih mudah menghubungi ketika laptop yang anda beli nantinya mengalami masalah.

Setelah membaca ulasan diatas, semoga dapat memberikan referensi bagi anda yang ingin membeli laptop yang berkualitas namun tetap sesuai dengan kebutuhan anda. Selamat berburu laptop impian anda!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.