Merakit PC Gaming Murah dengan Budget Rp3 Jutaan

Oleh Yudhi Tri Perwira updated Kamis, 15 Jun 2017 | 12:24

PC gaming high end Acer Predator

Meski bukan yang terkuat, tapi kini Anda bisa merakit pc gaming sendiri dengan budget yang terbatas.

Jika Anda ingin memiliki pengalaman yang berbeda dari konsol konvensional –seperti Playstation atau Xbox– namun memiliki dana terbatas, maka merakit PC gaming urah untuk memainkan game favorit nampaknya merupakan alternatif yang tepat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat belajar mengenai komponen-komponen apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan pengalaman gaming yang luar biasa. Mulai dari berburu VGA, HDD, RAM, sampai processor seperti apa yang diperlukan untuk merakit PC gaming.

Walaupun bermain game di PC bukan merupakan sesuatu yang murah –bahkan bisa dibilang mahal dibanding konsol– namun kami coba menyajikan panduan untuk merakit PC gaming sendiri dengan budget terjangkau. Bagi anda yang ingin memulai petualangan gaming di PC, kami akan memberikan panduan bagaimana langkah-langkah yang harus anda ambil untuk membuat PC gaming sendiri dengan budget Rp3 jutaan. Namun sebelumnya, Anda harus paham mengenai setiap komponen yang berperan penting dalam merakit PC gaming murah.

Komponen Penting dalam Merakit PC Gaming 

1. Motherboard


Sesuai dengan namanya, motherboard adalah induk dari komputer. Komponen inilah yang menghubungkan setiap komponen seperti prosesor dan memori menjadi sebuah komputer yang bisa kita gunakan. Mengingat fungsinya yang begitu krusial, memilih motherboard jelas merupakan salah satu bagian paling penting dalam membangun komputer. Jangan sampai motherboard yang kamu pilih malah tidak kompatibel dengan komponen lainnya yang telah dibeli.

2. Prosesor

Prosesor merupakan otak dari komputer, semakin bagus prosesor yang dimiliki, maka performa komputer secara keseluruhan semakin terjamin. Ada dua nama besar yang bisa menjadi pilihan yaitu AMD dan Intel.

3. VGA (Graphic Card)

Komponen yang menentukan kualitas visual alias grafis yang mampu ditangani komputer. VGA sangatlah penting untuk performa gaming di komputer, sehingga permainan dapat ditampilkan dengan sempurna. 

4. RAM

Random Access Memory atau biasa disingkat RAM berfungsi menyimpan data secara tidak permanen, jadi data yang dibutuhkan dan diproses akan disimpan dalam sebuah storage yang akan langsung digunakan komputer. Semakin besar kapasitas RAM, semakin besar juga informasi yang bisa langsung diproses, dan berarti semakin cepat juga komputer melakukan berbagai perintah yang diberikan.

5. Storage (Hard disk dan SSD)


Salah satu komponen yang kurang mendapat sorotan dari kebanyakan gamer. Padahal, spesifikasi hard disk dan SSD adalah salah satu faktor yang memegang peranan penting pada kinerja keseluruhan komputer kamu. Kapasitas storage dan umur penggunaan juga menjadi salah satu faktor utama dalam memilih komponen ini.

6. Power Supply

Komponen yang akan menyuplai daya yang dibutuhkan komputer kamu dengan daya yang dibutuhkan. Jangan sampai kamu membeli komponen-komponen yang super canggih, tetapi power supply yang kamu miliki tidak kuat menyuplai daya yang dibutuhkan.

7. Casing

Bagian yang paling mudah dikenali dari bentuk fisiknya. Casing atau PC case adalah bagian terluar dari komputermu. Banyak pengguna yang memilih case hanya dari tampilan visualnya saja, padahal banyak aspek yang juga harus diperhatikan dalam pemilihannya. Material yang digunakan, ruang kosong di dalam case untuk mendukung upgrade, pola sirkulasi udara, konektivitas dari tiap port yang tersedia, kemudahan membongkar pasang komponen, serta cable management yang baik adalah beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih komponen ini.

8. Optical Drive

Komponen ini sebenarnya sudah tidak terlalu penting, apalagi jika kamu sudah tidak pernah membeli game secara fisik lagi. Apabila kamu masih rajin membeli DVD game atau memang hobi membeli CD musik untuk kamu salin ke dalam hard disk, optical drive jelas sangatlah penting. Walau begitu, kami tetap lebih merekomendasikan perangkat optik seperti DVD-RW daripada Blu-ray.

Merakit PC Gaming Murah


Berikut adalah beberapa spesifikasi komputer low-end rekomendasi kami. Spesifikasi yang kami rekomendasikan di bawah memiliki harga di bawah game console modern seperti PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One, namun tetap bisa memainkan game terbaru. Tentunya kamu tidak bisa berharap game terbaru akan berjalan dengan pengaturan grafis rata kanan, tetapi setidaknya kamu bisa memainkan berbagai game dengan cukup lancar.

Anda juga bisa memilih sendiri komponen yang diinginkan sesuai budget melalui Pricebook untuk membandingkan harga. 

Opsi 1

Opsi 2

Nama Harga di Pasaran
AMD A6-7400K Rp 540,000
ASRock FM2A68M-DG3+ Rp 634,999
Kingston 4GB DDR3 PC12800 1600MHz Rp 280,000
Western Digital Caviar Blue WD10EZEX 320GB Rp 250,000
LG GP65NB60 Rp 200,000
FSP Hexa Plus H2-500W Rp 599,000

NB : Harga dapat berubah sewaktu-waktu dan belum termasuk casing, monitor, keyboard dan mouse.

Baca juga artikel :
Perbedaan Socket Prosesor Pada Motherboard (Soket T, H, H1, H2, dan H3)
Cara Mudah Memahami Perbedaan Motherboard Intel dan AMD
Jenis Motherboard dan Harganya di Pasar Komputer

Artikel Lainnya

Komentar