Diperbaharui pada Rabu, 7 Juni 2017 | 11:49

Baca Artikel Ini, Kamu Gak Bakal Mubazir Lagi Beli Smartphone!

Image via news1130

Di tengah banyaknya smartphone canggih yang muncul dengan berbagai kemampuan multitasking yang mumpuni sudah barang tentu membuat anda semakin bingung dalam memilih smartphone yang akan kita gunakan.

Ada berbagai macam faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih smartphone mulai dari harga, kapasitas RAM, memori, merk, bahkan sampai perihal kamera dalam ponsel. Serta makin banyak pula aplikasi yang tersedia bagi smartphone untuk menunjang kebutuhan si pemilik.

Namun, alih-alih memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan kita seringkali kita mengabaikan kebutuhan “dasar” dari sebuah ponsel itu sendiri yaitu untuk berkomunikasi. Seringkali juga kita teralihkan oleh oleh keluaran terbaru dengan segala kelebihan yang dimiliki semakin membuat mata kita terpukau. Namun pada kenyataannya kita tidak terlalu membutuhkan fitur tersebut. Yang jarang kita sadari adalah hal tersebut membuat kita semakin konsumtif.

Untuk itu, diperlukan kedewasaan dalam menyikapi hal tersebut. Pertimbangan antara dompet di kantong dengan kebutuhan akan fungsi dari smartphone menjadi kombinasi yang ideal. Jika tidak memperhatikan hal diatas, maka tak jarang kita menjadi kalap dan sangat gampang untuk menghambur-hamburkan uang demi sebuah smartphone keluaran terbaru yang “tidak canggih-canggih amatdibanding smartphone anda sebelumnya.

Untuk itu kami akan memberikan beberapa tips yang akan membantu anda dalam memilih handphone yang sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut ulasannya

Budget Adalah Kunci

Image via LifeHacker

Ini mungkin adalah hal pertama dan terakhir yang harus anda lakukan dalam memilih smartphone. Ibarat sebuah pintu, maka anda membutuhkan kunci sebagai langkah awal untuk membuka pintu tersebut. Pada kasus ini budget yang anda miliki memegang peranan penting.

Ada ungkapan bahwa ada harga, ada rupa. Tentu anda pernah mendengar istilah ini meski pada kenyataanya kurang sesuai dengan kenyataan karena masih ada beberapa perangkat yang dijual melampaui harga yang seharusnya (overprice). Ini adalah hal yang paling umum sekaligus paling penting sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smartphone. Jika misalnya anda memiliki budget sekitar 4 juta rupiah maka buatlah daftar produk tipe mana saja yang memiliki harga mendekati itu dan sebaiknya anda harus menahan nafsu anda terhadap target smartphone diatas budget tersebut.

Namun jangan abaikan perangkat yang memiliki harga jauh dibawahnya karena bisa jadi smartphone yang anda butuhkan justru memiliki harga yang lebih murah dari budget yang anda siapkan. Tentunya ini akan sangat baik untuk efisiensi pengeluaran Anda bukan?

Popularitas Merk Smartphone

Image via Counterpoint

Masih banyak kalangan yang kurang paham soal smartphone dan dengan gegabah memilih smartphone hanya karena banyak teman yang juga menggunakannya. Artinya jangan menganggap remeh merek-merek yang Anda anggap kurang populer karena bisa jadi justru kualitas dari produk yang Anda anggap kurang populer itu jauh lebih baik daripada produk yang populer. Mungkin memang dari segi merk vendor yang sudah mapan akan lebih mudah masuk ke pasar. Serta keunggulan lainnya adalah layanan purna jual yang memberikan jaminan bahwa smartphone anda akan ditangani dengan baik jika mengalami kerusakan.

Namun, jika anda merasa smartphone adalah suatu alat untuk mengukur prestige anda silahkan abaikan langkah ini.

Sesuaikan Smartphone dengan Umur Serta Fungsi Pengguna

Image via HuffingPots

Langkah selanjutnya adalah dengan menyesuaikan smartphone dengan si calon pengguna. Hal ini memang terkesan sepele dan kurang penting. Terlebih jika digunakan untuk anak-anak maka sebaiknya memberikan smartphone yang tidak terlalu canggih atau dengan kata lain memberikan smartphone yang biasa saja. karena hal ini dapat mencegah si anak untuk dapat melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Sejatinya fungsi dari smartphone untuk anak-anak belum terlalu kompleks seperti orang dewasa. Sehingga menjadi lebih aman digunakan untuk anak-anak

Sebaliknya jika anda orang dewasa yang membutuhkan spesifikasi smartphone yang lebih baik. Hal tersebut sangat dibutuhkankan karena untuk menunjang berbagai hal. Mulai dari koneksi internet yang cepat, media pengiriman file dan sebagainya.

Selain itu manfaat selanjutnya adalah untuk melakukan efisiensi budget yang anda miliki. Dengan kata lain, anda dapat melakukan penghematan namun tetap dapat memenuhi kebutuhan yang anda perlukan.

Hindari Fitur “bualan” dari Vendor

Image via YouTube

Saat ini ada banyak sekali perangkat (khususnya untuk kelas premium) yang memiliki berbagai fitur unik dan menarik. Sayangnya tidak semua fitur yang dimiliki tersebut dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari ataupun untuk mendukung produktifitas kita yang artinya fitur tersebut hanyalah fitur mubazir. Fitur mubazir tersebut dijadikan gimmick oleh mereka yang tujuannya tentu saja untuk menarik perhatian konsumen.

Kegunaan atau fungsi

 

Setelah menyaring berdasar spesifikasi yang dimiliki, sekarang kita beralih pada tujuan untuk apa Anda ingin menggunakan smartphone tersebut. Jika Anda hanya ingin menggunakan smartphone tersebut hanya untuk urusan social media dan selfie, maka Anda bisa memilih perangkat dengan kamera depan mumpuni tanpa harus terlalu memusingkan soal prosesor ataupun RAM. Sebaliknya, jika Anda membutuhkan perangkat tersebut untuk urusan pekerjaan dan social media, Anda wajib memperhatikan prosesor dan RAM yang dimiliki dan Anda bisa mengabaikan keberadaan kamera depan.

Butuh yang lebih spesifik? Oke akan kami lanjutkan. Jika anda membutuhkan perangkat yang bisa menjalankan beberapa apps sekaligus (multitasking) dengan mulus, hal pertama yang harus diperhatikan dan diprioritaskan adalah kapasitas RAM lalu prosesor (minimal dual-core) dengan clockspeed setidaknya 1.2 GHz. Namun jika sekiranya Anda tidak teralalu sering melakukan multitasking maka prioritas utama bisa dialihakan pada prosesor, lalu RAM. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda yang lain jika itu tidak tercantum di artikel ini.

Baca Review Smartphone yang Bersangkutan

Jika Anda sudah menentukan perangkat mana saja yang masuk dalam daftar incaran anda, maka sekarang saatnya untuk mencari ulasan atau review tentang produk yang bersangkutan. Membaca review sangatlah penting jika anda masih ragu dalam memilih khususnya untuk merek perangkat yang sebelumnya belum pernah anda gunakan. Dalam review biasanya kita akan bisa melihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh perangkat tersebut, kualitas produk serta berbagai hal lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Review yang sifatnya independen yang ada di forum-forum seperti forum di Pricebook.com biasanya lebih dapat dipercaya dan dijadikan acuan ketimbang review yang sifatnya “Advertorial” (sebuah review bayaran).

Membeli di Toko Resmi dan Garansi Resmi

Image via thetechrevolutionist

Jika berbagai cara diatas telah Anda lakukan dan menjatuhkan pilihan pada smartphone yang mana anda akan miliki. Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah membeli di toko resmi dan dengan yang bergaransi resmi pula. Karena dengan melakukan hal tersebut Anda dapat melakukan klaim jika smartphone Anda mengalami kerusakan. Dan juga layanan purna jual yang sudah dijamin, sehingga Anda tak perlu khawatir jika seandainya terjadi hal yang tak diinginkan terhadap smartphone Anda.

Baca juga artikel:
7 Fakta Unik Kegunaan Hape, Kamu Suka yang Mana?
Kegunaan Kamera Ponsel Selain Buat Motret
Tips Memilih Prosesor Ponsel, Dual Core, Quad Core atau Octa Core
Like us!
Yudhi Tri Perwira
36 Posts