WiFi SD Card, Solusi Buat Kamera DSLR yang Tak Punya WiFi

Oleh Kusnadar updated Jumat, 02 Jun 2017 | 18:06

image via Canon

Beberapa aksesoris ini memudahkan Anda untuk mentransfer hasil jepretan kamera dari kamera ke perangkat ponsel. 

Kamera DSLR menjadi sebuah kamera yang wajib dimiliki oleh semua fotografer di dunia. Pasalnya, kamera profesional ini memang menjadi standar baku ketika para fotografer tengah melakukan sebuah pemotretan.

Bukan hanya untuk fotografer, dewasa ini kamera DSLR juga digunakan oleh para vlogger dan youtuber untuk membuat sebuah film pendek. Bukan hanya itu, banyak mahasiswa bahkan pekerja seni profesional yang memanfaatkan kamera bertubuh besar ini bukan hanya untuk keperluan fotografi.

Namun, semenjak hadirnya kamera mirorless yang lebih ringan dan memiliki akses wifi, para pengguna DSLR sedikit dmi sedikit mulai beralih ke kamera tanpa cermin ini. Karena mereka menganggap kamera mirorless lebih ringan dan dengan adanya akses wifi tentunya akan semakin memudahkan mereka untuk berbagi ke smartphone si pengguna.

Melihat hal tersebut, para vendor kamera DSLR juga mulai berbenah, mereka juga sudah mulai menghadirkan kamera DSLR dengan fitur wifi yang sudah tertanam ke dalam bodi. Beberapa kamera tersebut seperti Canon EOS 1300 D, Nikon D5600 dan terdapat beberapa kamera lagi.

Namun, bagi Anda yang sudah memiliki kamera DSLR namun belum memiliki wifi tidak perlu khawatir. Karena kami akan memberikan tools untuk menjadikan kamera DSLR anda memiliki akses wifi atau mudah untuk mentransfer file ke ponsel.

Menggunakan SD Card Wifi


Menggunakan SD Card nirkabel di kamera Anda. Dengan menggunakan SD Card nirkabel yang tersambung dengan adanya koneksi jaringan, Anda bisa langsung memindahkan foto atau video ke ponsel anda. Saat ini sudah banyak tersedia SD Card yang memiliki antena wifi, seperti Toshiba, Transcend hingga Eyefi Mobi.

Yang perlu diperhatikan, Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah kamera DSLR Anda kompatible dengan SD Card tersebut. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan mode remote agar kamera tetap menyala meski tidak sedang digunakan untuk memotret. Pasalnya SD Card nirkabel juga membutuhkan aliran listrik dari kamera Anda.

Koneksi via Adapter

Masih ada cara lainnya, yaitu kabel adapter. Alat ini mungkin bisa menjadi referensi Anda yang lebih cenderung perangkat fisik. Dan Anda tak perlu bingung soal koneksi karena teknologi kabel lebih cepat. 

Adapter USB On the Go (OTG) Untuk Android


Bagi pengguna Android, Anda membutuhkan adapter USB On the Go (OTG) dan SD Card untuk disematkan ke OTG. Anda juga membutuhkan USB connector untuk kamera. Colok kabel OTG ke perangkat Android dan sambungkan USB Connector kamera ke adapter OTG Android Anda.

Setelah itu, notifikasi akan muncul di layar ponsel Anda yang menampilkan 'Touch' untuk melihat opsi lainnya. Apabila layar jendela muncul, pilih Photo transfer (PTP) -> Explore. Anda dengan leluasa dapat melihat seluruh gambar yang tersimpan di SD Card DSLR untuk dipindahkan ke perangkat Android, dengan kecepatan yang tentunya lebih cepat ketimban wirelles

SD Card Reader Untuk iPhone atau iPad


Pengguna perangkat berbasis iOS dapat menggunakan SD Card reader untuk mengimpor foto dan video langsung dari SD Card. Untuk itu, Anda membutuhkan Lightning (colokan iPhone/iPad) original untuk disambungkan ke adapter USB kamera, dan USB hub untuk adapter USB 3 kamera.

Baca juga artikel :
Apa itu Histogram dan Bagaimana Cara Membacanya di Kamera DSLR
Aksesoris Pelindung Kamera DSLR di Musim Hujan Wajib Kamu Punya!
Mengenal Kegunaan Tombol-tombol Kamera DSLR Nikon

 

Artikel Lainnya

Komentar