Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Mobil Biar Harga Jadi Tinggi

Oleh updated Rabu, 31 Mei 2017 | 04:12

Menjual mobil kesayangan dilakukan sebagian orang saat ingin membeli mobil pengganti ataupun membutuhkan dana segar. Namun, banyak orang yang menjual mobil dalam kondisi apa adanya sehingga harga jualnya anjlok dan tidak sesuai pasaran.

Untuk itu, Anda yang berencana menjual mobil kesayangan, ini dia tips yang bisa dilakukan agar harga mobil bekas menjadi lebih tinggi.

1. Cek Kondisi Mobil

Image via brassonissan

Tips pertama yang harus dilakukan sebelum menjual mobil adalah mengecek kondisi mobil terlebih dulu. Anda bisa melakukan pengecekan semua bagian mobil sebelum memasarkannya karena berpengaruh pada harga jual. Anda bisa mengecek performa mesin mobil dan parts lain agar mengetahui permasalahan yang mungkin muncul saat pindah tangan.

2. Perbaikan Mobil

Jika sudah mengetahui permasalahan pada mobil, Anda pun bisa melakukan perbaikan dulu sebelum menjualnya. Selain itu, Anda pun wajib melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli, melakukan tune-up, mengecek kondisi AC, memastikan central lock dan power window berjalan baik serta hal-hal lain yang biasanya menjadi perhatian para pembeli.

3. Pastikan Kondisi Mobil Bersih

Image via consealfirewall

Kesan pertama bisa mempengaruhi minat pembeli. Untuk itu, pastikan bahwa kondisi mobil Anda dalam keadaan bersih sebelum menjualnya, dimana Anda bisa mencuci mobil dan membersihkan hingga mengkilap pada bagian eksterior agar indah dipandang. Selain itu, bersihkan pula bagian interior mobil bekas Anda agar wangi dan nyaman saat dikemudikan. Paling mudah, Anda bisa mendatangi salon perawatan mobil sebelum memasarkannya.

4. Sesuaikan Nominal dengan Harga Pasar

Jika mobil bekas Anda sudah siap jual, selanjutnya Anda bisa melakukan survey harga pasar, baik secara online ataupun berdiskusi dengan staf showroom mobil bekas. Jangan lupa, pertimbangkan juga biaya perawatan dan perbaikan yang pernah Anda keluarkan untuk mengantisipasi proses tawar menawar yang dilakukan calon pembeli.

5. Siapkan Faktur

Faktur adalah identitas awal dari mobil yang akan Anda jual, berisikan beberapa lembar untuk ditujukan pada pihak berbeda, memuat informasi seperti nomor rangka mobil, harga, warna dan nama pemilik pertama. Keberadaan faktur sendiri sangatlah penting karena menjadi dokumen wajib saat pembuatan BPKB. Jika faktur hilang, siap-siap terjadi penurunan di harga jual mobil Anda!

6. Siapkan Surat BPKB

Image via Cermati

Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah dokumen untuk menunjukan bahwa Anda adalah pemilik resmi dari mobil yang akan dijual. So, pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan BPKB yang sesuai dengan keadaan mobilnya.

7. Siapkan Lembar Pajak dan STNK

Dokumen penting lain yang harus Anda siapkan adalah STNK mobil. STNK berfungsi sebagai identitas saat mobil dikendarai di jalan raya, memuat nama pemilik, nomor polisi, harga pajak dan tanggal jatuh tempo dari pembayaran pajak.

8. Fotocopy KTP Pemilik Kendaraan

Image via Portal Investasi

Jangan lupa persiapkan kartu identitas seperti (KTP) untuk mewakili kepemilikan mobil yang akan dijual. Persiapan ini untuk mengantisipasi jika pembeli ingin memeriksa kecocokan identitas Anda dengan dokumen di mobil tersebut.

9. Pilih Cara Penjualan Mobil

Anda bisa menjual mobil bekas melalui dua cara yaitu secara pribadi atau lewat pihak ketiga. Jika ingin menjualnya sendiri, Anda bisa memanfaatkan marketplace atau sosial media. Sementara jika ingin menjualnya lewat pihak ketiga, Anda hanya tinggal menunggu kabar namun tidak dapat menerapkan harga jualnya karena disesuaikan menurut harga pasaran.

10. Hindari Makelar

Saat Anda sudah memasarkannya, Anda harus bisa mengidentifikasi calon pembeli yang mungkin saja bertindak sebagai makelar. Biasanya, makelar akan membeli mobil Anda dengan harga yang sangat rendah karena akan menjualnya kembali.

11. Siapkan Surat Jual Beli

Saat menjual mobil second, siapkan juga surat jual beli untuk menunjukan pernyataan antara pihak penjual dan pembeli. Anda bisa meminta pembeli untuk menandatangani surat pernyataan diatas materai untuk mencegah keterlibatan Anda jika mobil dipakai untuk tindak kriminal oleh pembeli tersebut.

12. Berjualan Secara Jujur

Dalam konteks saat menjual mobil, sepatutnya Anda selaku penjual harus bersikap jujur. Anda bisa menyebut kekurangan mobil tersebut pada calon pembeli seperti adanya lecet pada bodi, bekas tabrakan, ataupun kekurangan pada surat-surat mobil untuk menghindari komplain di kemudian hari.

12 tips diatas bisa Anda lakukan sebelum menjual mobil agar harga tinggi. Untuk Anda yang belum berencana menjual mobil Anda, tetap lakukan perawatan rutin pada mobil kesayangan Anda, ya!

Baca juga artikel:
Mobil Boros Bensin? Coba Lakukan 14 Cara Ini Agar Hemat BBM
13 Tips Memilih Bengkel Mobil yang Tidak Abal-abal
11 Kebiasan Sederhana Ini Buat Masa Pakai Ban Mobil Jadi Panjang

Artikel Lainnya

Komentar