Cara Bawa Mobil yang Benar Dalam Keadaan Macet

Oleh Adam Rizal updated Senin, 12 Jun 2017 | 16:41

image via businessinsider

Cara bawa mobil yang benar dalam keadaan macet sangat dibutuhkan agar jalanan tidak semakin semrawut dan menguras emosi Anda. 

Kondisi lalu lintas di kota besar seperti Jakarta sangat kental dengan kemacetan lalu lintas. Jakarta sebagai ibu kota harus menampung jutaan orang dari kota-kota penyanggah setiap harinya. Hal itu membuat lalu lintas di Jakarta sangat semrawut.

Apalagi pembangunan infrastruktur jalan baru di Jakarta tidak seimbang dengan banyak jumlah mobil yang lalu-lalang setiap harinya. Tidak hanya itu, cara bawa mobil dari pengemudi juga turut mempengaruhi kesemrawutan jalanan ibukota.

Harusnya, sebagai pengendara mobil Anda harus bersabar dan berkonsentrasi ketika melewati kemacetan. Oleh karena itu, kami mencoba berikan beberapa tips tentang cara bawa mobil yang benar saat macet.

1. Kurangi Intensitas Setengah Kopling


Saat kondisi jalanan padat atau macet, Anda memang harus bereaksi dengan cara bawa mobil stop and go. Tidak sedikit orang yang menggunakan teknik setengah kopling untuk mempercepat respon mobil di depan.

Setengah kopling artinya menginjak pedal kopling setengah injakan untuk mobil dengan transmisi manual. Jika hal tersebut dilakukan akan terjadi gesekan berlebihan pada pelat kopling yang akan berakibat pada kampas kopling cepat tipis, timbulnya bau benda yang terbakar serta mobil akan mogok secara tiba-tiba.

Untuk itu penggunaan setengah kopling sangat tidak disarankan dan juga perlu Anda hindari. Karena itu, Anda harus menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan Anda dan penggunaan rem tangan lebih dianjurkan daripada menahan setengah kopling.

2. Posisikan Transmisi Netral

image via shifting-gear

Kemacetan yang parah membuat kita harus berhenti di tengah-tengah dalam waktu yang lumayan lama. Nah, cara bawa mobil dalam keadaan macet sebaiknya Anda memindahkan transmisi mobil pada kondisi netral untuk menjaga kemungkinan pedal kopling terlepas karena pengemudi terkadang lupa kalau transmisi dalam posisi aktif.

Jika Anda menggunakan mobil matic, berhenti pada posisi transmisi di 'D' terlalu lama akan meningkatkan konsumsi BBM. Untuk bisa melewati kemacetan Anda membutuhkan kesabaran dan kewaspadaan. Ketika macet, Anda akan merasakan geram, bosan, emosi dapat meletup tiba-tiba.

Padahal, mengemudikan mobil pada kondisi jalanan yang macet membutuhkan pikiran yang tenang. Anda pun bisa menggunakan rem tangan supaya mobil tidak bisa bergerak ketika terjebak kemacetan yang parah. Hal itu supaya kaki kanan Anda tidak capek untuk menginjak pedal rem.

3. Gunakan Lampu Isyarat atau Sein

image via wildsau

Jangan lupa untuk menggunakan lampu sein ketika ingin berpindah jalur atau berputar arah untuk memberikan isyarat pada mobil di belakang anda. Dalam kondisi macet, cara bawa mobil yang benar sangat diperlukan. Karena tidak semua pengendara mobil mau memberikan jalan mereka.

Bersabarlah dan jangan memaksakan masuk jalur yang tidak diberi akses karena memotong jalur karena akan beresiko mobil bersinggungan dengan kendaraan lain.

4. Perhatikan Instrumen dan Indikator Kendaraan

Dalam kondisi macet, mobil akan bekerja sedikit lebih keras dibandingkan dengan jalanan yang lancar. Mesin mobil akan beresiko mengalami overheat hingga mogok karena suhu yang terlalu panas. Karena itu, cara bawa mobil yang benar adalah perhatikan indikator suhu mobil anda dengan baik dan indikator lainnya seperti oli atau bensin.

5. Jaga jarak

image via motortrend

Cara bawa mobil yang benar dalam keadaan macet berikutnya adalah tetap menjaga jarak dengan mobil yang berada di depan Anda. Anda harus memberikan respon 3 (tiga) detik sebagai jarak aman yang tepat karena rentang waktu itu bisa memberikan ruang gerak bagi pengendara untuk berhenti, berpindah jalur ketika kendaraan di depan mogok atau berhenti secara tiba-tiba.

Anda juga perlu memperhatikan dan waspada gerak-gerik kendaraan yang ada di depan Anda, khususnya ketika mengemudi di lalu lintas yang padat merayap. Ketika Anda mengemudikan mobil di jalan tanjakan yang sedang berada dalam kondisi macet. Bisa terjadi, kemungkinan mobil di depan akan bergerak mundur. Karena itu, nyalakan klakson untuk memberi peringatan kepada pengemudi yang ada di depan kendaraan Anda.

6. Hibur Diri dengan Multimedia

image via arstechnica

Satu-satunya hiburan di dalam mobil ketika mengalami kondisi macet di jalan, adalah mendengarkan radio, berselancar di dunia maya melalui handphone atau menonton televisi. Satu-satunya pilihan yang terbaik adalah memutar film atau video melalui DVD player atau koneksi USB.

Dengan beberapa tips cara bawa mobil yang benar dalam keadaan macet di atas, diharapkan Anda bisa bersabar dan tenang melewati kemacetan ibu kota. Jangan langsung terbawa emosi ketika ada mobil atau pengendara lainnya yang menyerobot jalur Anda. Ingat!, orang-orang tercinta di rumah menunggu Anda kembali pulang ke rumah dengan selamat.

Baca juga artikel :
Parkir Mobil di Luar Rumah dan Terkena Sinar Matahari? Ikuti 7 Hal ini Biar Mobil Awet
7 Kerusakan Mobil yang Harus Dibawa ke Bengkel
Mobil Boros Bensin? Coba Lakukan 14 Cara Ini Agar Hemat BBM

Artikel Lainnya

Komentar