Motor Matic VS Jalan Turunan! Apa yang Harus Anda Lakukan?

Oleh Arief Ardiansyah updated Senin, 12 Jun 2017 | 12:50

Image via thestreetvanquish.wordpress.com

Jika bicara soal kenyamanan, nampaknya harus diakui kalau motor matic adalah salah satu jenis motor yang paling nyaman untuk dikendarai. Bermodalkan gas dan rem saja tanpa perlu oper gigi kamu sudah bisa berkendara dengan cukup jauh dan mudah. Tak heran motor ini banyak dipakai oleh semua kalangan bahkan untuk pergi ke tempat yang cukup jauh.

Sayangnya berkendara dengan motor matic tak selalu mulus di segala jenis jalanan. Apalagi kalau sudah berada di jalur turunan. Salah-salah memainkan gas dan rem sedikit kamu bisa mudah terpeleset dan jatuh. Nah supaya kamu terhindar dari yang seperti ini, kali ini Pricebook akan memberikan tips-tips supaya kamu berhasil melewati jalan turunan menggunakan motor matic dengan selamat. Ayo simak poin-poin berikut.

1. Kurangi Gas, Tetapi Jangan Sampai Kosong!

Pernahkah kamu mengosongkan tuas gas saat berada di jalan menurun? Bagaimana hasilnya? Tentu motor kamu akan bergerak jauh lebih cepat dan lebih sulit dikendalikan. Hal ini terjadi karena adanya sistem persneling otomatis pada motor matic. Sehingga tanpa digas pun motor kamu akan tetap melesat mengikuti jalur yang menurun.

Itulah mengapa mengosongkan tuas gas motor matic saat turunan sangat tidak dianjurkan. Sebagai gantinya kamu cukup menahan tuas gas pada kecepatan rendah (sekitar 5-10 km/jam saja). Tidak terlalu sulit bukan? 

2. Posisikan Keempat Jari Tangan Secara Tepat

Image via IDN Times

Berhubung kecepatan motormu pasti meningkat di jalan menurun, kamu harus selalu bersiap menarik handle rem. Posisikan keempat jarimu secara tepat pada handle rem di kanan dan kiri. Posisi ini harus kamu kuasai sebab akan membuatmu lebih mudah mengerem dan mengendalikan motor selama bergerak di jalur turunan.

Kalau keempat jarinya dipakai memegang handle rem, lalu jari yang kelima (jari jempol) fungsinya untuk apa? Jari jempol harus kamu posisikan memegang tuas gas dengan senyaman mungkin. Jangan memposisikan jari jempol terlalu dalam supaya kamu tidak kesulitan mengerem dan tetap dapat mengatur laju motor dengan mudah.

3. Utamakan Pengunaan Rem Depan

Image via Yamaha-Motor

Motor matic memang didesain dengan 2 rem tangan, yang masing-masing berfungsi sebagai rem depan dan rem belakang. Alih-alih menggunakan rem belakang, sebaiknya kamu lebih banyak menggunakan rem depan saat melewat jalan turunan. Mengapa demikian?

Sebabnya rem depan akan menahan daya dorong motormu ke arah depan. Daya dorong motor ke arah depan inilah yang menyebabkan pengendara motor matic jatuh di jalur menurun. Meskipun demikian kamu juga harus memainkan rem belakang sesekali supaya motormu tetap seimbang.

4. Jangan Terburu-buru Melepas Pegangan Rem

Karena berkendara di jalan menurun cukup berisiko, umumnya pengendara motor matic terburu-buru ingin melewatinya. Makanya mereka beberapa kali melepas pegangan rem dan terus-terusan mengerem sepanjang jalan turunan. Nyatanya hal ini justru lebih berbahaya dan dapat mengakibatkan laju motor menjadi lebih sulit dikendalikan.

Oleh karena itu sebaiknya kamu jangan terburu-buru melepas pegangan rem. Tahan saja handle rem itu sampai kamu berhasil melewati jalan menurun. Kamu cukup memberikan gaya tarik yang kecil agar motormu tetap dapat berjalan dengan lancar. Lebih baik pelan-pelan asal selamat kan?

5. Bantu Seimbangkan dengan Kaki

Image via Honda

Nah apabila di jalur turunan sedang padat kendaraan dan kamu harus berenti di tengah-tengah, gunakanlah kaki untuk bantu menopang motormu. Pun jika kamu harus melewati jalan turunan yang tajam dengan motor matic-mu. Kaki bisa membantu menyeimbangkan motormu agar tidak mudah terpeleset dan jatuh.

Coba Praktekkan!

Image via otogrezz.com

Meskipun kamu telah menghafalkan seluruh tips diatas, tetap saja kamu harus mempraktekkannya secara langsung. Because practice makes perfect! Kalau mau disimpulkan kurang lebih hal-hal berikut yang harus kamu lakukan:

  • Posisikan keempat jari di handle rem sebelum memasuki jalan turunan.
  • Kurangi gas secara perlahan tetapi jangan sampai dihabiskan. Tahan gas pada kecepatan rendah.
  • Tarik kedua handle rem secara bersamaan dengan tarikan lebih kuat pada rem depan. Jangan terburu-buru dalam melepas handle rem ini.
  • Mainkan gas dan rem sedemikian rupa agar motormu dapat bergerak turun dengan stabil. Gunakan bantuan kaki apabila memang diperlukan.
  • Jika jalan menurun sudah berhasil dilewati, lepas handle rem dan jalankan motor seperti biasa.

Itulah cara aman berkendara dengan motor matic di jalan turunan. Agar terhindar dari kecelakaan, kuncinya hanyalah sabar dan banyak mencoba. Selamat berlatih!

Baca juga artikel:
Jangan Malas! Lakukan 10 Cara Ini Agar Ban Motor Awet
Tanda Kamu Harus Mengganti Ban Motor Sebelum Terlambat
Motor Matic Boros Bensin, Ini Alasannya!

Artikel Lainnya

Komentar