Hape Nggak Ada Sinyal Melulu, Bisa Jadi Ini Penyebab Sinyal Jelek

Oleh Tedi Yuni A updated Senin, 29 Mei 2017 | 11:05

image via vodafone

Masa-masa ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa memang paling asyik dinikmati sambil bermain hape. Mau bermain game, chattingan, atau sekadar browsing sambil sesekali melihat penunjuk waktu. Tak sadar, azan Maghrib sudah berkumandang dan saatnya berbuka puasa.

Tapi bayangkan saja kalau selama menunggu waktu buka puasa itu koneksi yang kamu gunakan tiba-tiba ngadat. Terjadi sekali dua kali sih tak apa-apa karena kadang sinyal provider pun tak stabil. Namun kalau sudah terjadi terus-terusan alias keseringan, bisa-bisa malah jadi batal puasa karena sewot dan tak kuat menanggung emosi akibat tak tahu penyebab sinyal hape jelek.

Apa sih yang sampai bikin sinyal hape begitu lemot dan buruknya? Sabar dulu, ingat, puasa tak boleh marah-marah dan harus bisa menjaga kesabaran dan ketenangan. Daripada jadi batal puasa akibat emosi tak jelas dan tak tahu solusinya, kamu seharusnya bisa tahu apa yang jadi penyebab sinyal hape jelek. Kita coba rangkumkan beberapa dugaan yang memungkinkan kenapa sinyal internet di hapemu begitu butut. Simak baik-baik ya di bawah ini.

1. Pengaturan Sinyal di Hape

Ada masalah dengan koneksi internetmu? Coba deh cek pengaturan atau setting sinyal di Android-mu. Jangan-jangan pengaturan jaringan di situ tidak otomatis alias masih WCDMA. Ya, pantas saja kalau hapemu tak bisa menangkap sinyal internet secara optimal. Solusinya adalah dengan mengubah pengaturan penangkapan sinyal itu menjadi otomatis. Habis itu tunggu beberapa detik, dan coba browsing lagi. Kalau sudah kembali lancar, berarti persoalannya memang pada pengaturan penangkapan sinyal di hapemu.

2. Kebanyakan Running Aplikasi


Doyan multitasking selama menggunakan OS Android? Ya, itu bisa jadi penyebab utama kenapa sinyal internetnya jadi sangat lamban. Mungkin tak sadar kamu masih belum menutup aplikasi yang sudah digunakan. Sementara karena keasyikan sendiri kamu jadi lupa dan beberapa kali membiarkan aplikasi masih berjalan.

Setiap aplikasi khususnya seperti game, browser, medsos, hingga chat akan tetap menyedot pemakaian data jika dibiarkan terbuka. Solusinya? Tekan dan tahan tombol “Home”, lalu lihat apakah masih ada beberapa aplikasi yang masih terbuka dan sudah tak kamu gunakan. Langsung saja tutup satu persatu dan tunggu beberapa saat. Dijamin sinyal internetmu akan kembali lancar jaya. 

3. Ada Malware atau Virus

Ini penyebab sinyal hape jelek yang paling gawat. Lebih gawatnya lagi, ternyata banyak pengguna Android yang kurang menyadari hapenya kena virus. Ada dua kerugian besar yang kamu hadapi di sini. Pertama, virus atau malware itu akan beroperasi terus dan menyedot data internet yang sedang kamu pakai. Artinya, bisa membuat pemakaian data internetmu jadi sangat boros.

Kedua, lama kelamaan hapemu akan semakin lemot meski tidak sedang tersambung ke jaringan internet hingga berpengaruh pada aplikasi yang crash dan hardware. Jangan sampai itu terjadi dan coba cek dengan memastikan ruang penyimpanan atau memory hapemu, lalu bersihkan virus dan malware. Jika memungkinkan, ya lebih baik direset saja biar aman.

4. Sinyal Idle

Kalau sedang menggunakan koneksi Wi-Fi, biasanya settingan standar Android untuk penangkapan sinyal akan idle jika beberapa menit tak dipakai. Alhasil, koneksi akan sedikit lamban karena baru masuk setelah hape diakses kembali oleh penggunanya. Solusinya adalah mengubah settingan idle pada penangkapan sinyal Wi-Fi. Atau bisa sebaliknya dengan mematikan sambungan router dulu dan menyambungkannya kembali pada hapemu.


5. Kesalahan Dalam Sistem

Kadang-kadang kesalahannya justru berasal dari sistem operasi Android yang kamu gunakan. Bisa jadi karena terlalu lama dinyalakan selama berhari-hari atau karena sebelumnya kebanyakan aplikasi yang dibuka dalam waktu lama. Untuk mengatasi penyebab Sinyal hape jelek yang satu ini, coba matikan dulu koneksi data internet. Setelah itu, reboot hapemu, tunggu sampai menyala kembali dan sambungkan koneksi datanya. Kadang-kadang hapemu memang perlu dimatikan beberapa waktu khususnya pada saat charging sehingga kinerjanya pun tak ngos-ngosan.

6. Traffic yang Padat

Penyebab yang satu ini pun biasa terjadi baik pada provider layanan internet SIM Card atau jaringan Wi-Fi. Baru terasa bagi pengguna koneksi data internet provider jika ia pindah ke area lain dan koneksi kembali lancar. Kadang-kadang, dalam praktik penggunaan koneksi internet, posisi pun menentukan prestasi. Bagaimana dengan jaringan Wi-Fi? Mau tak mau harus bisa berbagi secara wajar karena akan menimbulkan masalah juga jika dalam satu rumah secara berbarengan menggunakan koneksi internet, tapi ada yang sangat berlebihan pemakaiannya.

7. Masalah Pada Provider


Gangguan semacam inilah yang kerap terjadi di Indonesia. Sebagian besar pengguna internet mengeluhkan layanan akibat sinyal internet yang pas-pasan dan tak jelas. Baru lancar ketika digunakan pada jam tertentu, sementara ketika sedang butuh malah leletnya minta ampun. Solusinya, langsung keluhan pada penyedia atau provider itu jika sudah sangat sering, mau tak mau kamu harus mengambil sikap dengan mengganti layanan provider daripada keseringan makan hati, apalagi saat bulan puasa. 

8. Penangkap Sinyal Sudah Mulai Aus

Saat asyik-asyiknya mengakses internet via hapemu di waktu ngabuburit, tiba-tiba koneksi semakin lamban dan itu sebetulnya sudah sering terjadi sebelumnya. Sudah kamu cek semua kemungkinan penyebab sinyal hape jelek seperti yang disebutkan di atas, tapi hasilnya nihil. Lalu apa kira-kira yang menjadi pemicu leletnya koneksi internetmu? Jangan-jangan karena komponen penangkap sinyal di hapemu itu sudah mulai menurun kinerjanya. Namanya barang elektronik kalau sudah sangat lama atau sering dipakai pasti bakal mengalami penurunan fungsi. Jadi, lebih baik kamu cek lagi untuk memastikannya.

Baca juga artikel :
Tweeple, Aplikasi Ini Cocok Buat Twitteran di Lokasi Minim Sinyal dan Kuota
Gandakan Daya Tangkap Sinyal, Vivo Siap Sambut Era 5G
Cara Lock Sinyal 4G Lte di Samsung Galaxy J5

Artikel Lainnya

Komentar