5 Hal Ini Tunjukan Ciri Vacuum Cleaner yang Bagus Buat Sedot Debu dan Kuman

Oleh Tedi Yuni A updated Senin, 29 Mei 2017 | 17:01

image via Philips

Vacuum cleaner lebih efektif dalam membersihkan rumah dari debu dan kuman.

Di era modern ini, vacuum cleaner telah menjadi salah satu alat rumah tangga yang paling dibutuhkan. Banyak yang beranggapan, dibanding sapu biasa, vacuum cleaner cenderung lebih aman untuk Anda yang memiliki masalah pernapasan. Meski fungsi utamanya sama, Anda tetap perlu memperhatikan fitur-fitur yang terdapat dalam vacuum cleaner. Sesuaikan dengan kebutuhan agar proses pembersihan rumah jadi lebih efisien dan rumah jadi lebih higienis.

Mari simak beberapa tips untuk memilih vacuum cleaner yang paling tepat :

Memiliki Desain Nozzle yang Beragam

Nozzle adalah pipa di ujung vacuum yang bertugas untuk menyedot kotoran. Bentuknya beragam, mulai dari yang berbentuk sikat yang berguna untuk membersihkan debu di atas sofa dan karpet hingga yang agak runcing untuk digunakan membersihkan pojokan rumah yang tak terjangkau dengan nozzle biasa. Nozzle bisa dibongkar pasang dan digunakan sesuai kebutuhan. Jadi, pilih vacuum cleaner yang memiliki desain nozzle paling variatif untuk memudahkan Anda membersihkan rumah.

Perhatikan Jenis Filter


Ada beberapa jenis filter yang paling sering digunakan, yakni filter mikro dan filter HEPA. Filter Mikro merupakan jenis filter standar yang terdapat pada hampir semua vacuum cleaner. Filter ini bisa dibersihkan dan digunakan berulang kali. Sedangkan filter HEPA (High Efficiency Particulate Arresting) mampu menyedot dan mengunci debu, sehingga debu tidak beterbangan dan lebih nyaman digunakan untuk Anda yang menderita penyakit gangguan pernapasan.

Cek Besaran Watt

Seringkali dilupakan padahal justru ini yang palng penting. Sebelum membeli vacuum cleaner, coba cek dulu besaran watt yang dibutuhkan. Biasanya, semakin mahal dan semakin canggih vacuum cleaner, kebutuhan watt juga semakin mengecil. Jadi lebih baik membeli vacuum cleaner yang agak mahal agar tagihan listrik di rumah, tetap terjaga.

Perhatikan Jenis Vacuum Cleaner


Ada beberapa jenis vacuum cleaner yang tersedia. Baiknya, Anda mengetahui jenis-jenisnya sebelum memilih vacuum cleaner yang paling tepat :

  • Vacuum Cleaner Upright : Bisa digunakan untuk berbagai permukaan, mulai dari permukaan kayu, lantai marmer hingga karpet. Cukup powerful untuk membersihkannya dari debu, kotoran atau bulu hewan yang menempel. Bentuknya tinggi sehingga memudahkan Anda membersihkan rumah yang luas karena tak perlu membungkuk.
  • Vacuum Cleaner Barister : Sama seperti Upright, vacuum cleaner ini juga bisa digunakan untuk beragam jenis permukaan. Yang membedakan hanya ukurannya. Vacuum cleaner Barister umumnya lebih kecil dengan ruang penyimpanan yang lebih terbatas. Karena lebih kecil, vacuum cleaner jenis ini lebih compact untuk dibawa bergerak, berkeliling ruangan.
  • Vacuum Cleaner Handheld : Vacuum cleaner portable yang bisa digunakan di mana saja, kapan saja. Meski mungil, kinerjanya tetap rupawan. Ia mampu menyedot kotoran dan debu yang menempel di beragam permukaan. Biasanya, vacuum cleaner ini menggunakan tenaga battere, sehingga tidak perlu dicolok ke steker.
  • Vacuum Cleaner Robot : Untuk Anda yang sibuk, vacuum cleaner jenis ini sangatlah cocok. Anda tak perlu lagi repot berkeliling rumah, memegang gagang vacuum cleaner lagi. Cukup gerakkan dengan remote control, rumah Anda bisa bersih dari debu dan kotoran. Harganya? Tentu saja jauh lebih mahal daripada vacuum cleaner jenis lain.

Perhatikan Ukuran Ruangan atau Rumah


Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu mempertimbangkan ukuran ruang di rumah Anda. Semakin besar dan semakin luas, tentu vacuum cleaner yang dibutuhkan juga harus semakin besar kapasitas penyimpanan debunya, agar Anda tidak bolak-balik membuang debu sebelum mulai membersihkan lagi.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan vacuum cleaner. Tujuannya agar vacuum cleaner tetap terawat dan mampu bekerja sesuai fungsinya. yaitu :

- Jangan Menghisap Air

Air yang terhisap bisa menyebabkan vacuum cleaner Anda korslet. Jika memang harus membersihkan daerah lembab yang rawan air, Anda bisa memilih vacuum cleaner

khusus yang bisa menyedot air. Jangan pernah menggunakan vacuum cleaner reguler untuk membersihkan tempat yang berair. Lebih baik, keringkan dulu baru dibersihkan.

- Hindari Menghisap Benda/Kotoran Tajam

Kotoran atau benda tajam ini akan merusak komponen vacuum cleaner, termasuk selang dan kantong penyimpanan debu. Sebelum menggunakan vacuum cleaner, bersihkan dulu ruangan Anda agar bebas dari benda tajam seperti beling atau paku payung.

Demikian tips memilih vacuum cleaner yang paling tepat, jangan lupa, pastikan vacuum cleaner yang Anda beli memiliki bergaransi ya! Selamat memilih. 

Baca juga artikel :
5 Desain Vacuum Cleaner Canggih yang Bikin Kamu Berdecak Kagum!
Jangan Lakuin Kebiasan Ini Kalau Nggak Mau Vacuum Cleaner Cepat Rusak
Takut Tagihan Listrik Membengkak? 9 Vacuum Cleaner Ini Watt-nya Rendah Kok!

Artikel Lainnya

Komentar