Kapok Ikut Lomba Fotografi? Ini 13 Cara Agar Foto Kamu Jadi Juara

Oleh Kusnadar updated Rabu, 08 Mar 2017 | 16:42

Image via expectingablessing.com

Setiap fotografer, entah itu seorang amatir atau bahkan profesional sekalipun pasti sangat ingin memenangkan sebuah kejuaraan fotografi. Selain karena hadiah sejumlah uang yang menggiurkan, memenangkan lomba fotografi apapun kelasnya tentu menjadi sebuah gelar yang prestisius untuk setiap fotografer.

Setidaknya terdapat beberapa alasan mengapa setiap fotografer, terutama bagi mereka yang baru disarankan mengikuti lomba fotografi, diantaranya adalah:

1. Pengalaman

Image via 500px.com

Menang atau kalah, Anda tetap belajar hal baru. Semakin banyak mengikuti lomba fotografi, maka semakin banyak pengalaman (jam terbang) yang bisa didapatkan dan dengan sendirinya kemampuan Anda akan semakin meningkat.

2. Mengerti Rasanya Bersaing

Image via dontgetserious.com

Persaingan itu perlu untuk meningkatkan pengalaman serta kemampuan yang dimiliki. Dalam kompetisi foto, ada ribuan foto yang dibuat oleh fotografer, rasakan bagaimana foto-foto tersebut bersaing langsung dengan foto yang Anda buat. Bisa bayangkan jika foto Anda terpilih menjadi salah satu juaranya.

3. Bikin Pede

Mengikuti lomba fotografi tentunya akan menambah tingkat percaya diri dari seorang fotografer. Selain dipuji, kritikan juga memberikan manfaat lebih untuk menambah wawasan. Apalagi jika jadi juara, meskipun juara harapan sekalipun, tentunya tingkat percaya diri akan semakin tinggi.

4. Mendapatkan Hadiah

Image via theatlantic.com

Dari semua alasan yang sudah dituliskan, mungkin ini adalah alasan terbaik. Setiap lomba yang ada di dunia ini akan selalu memberikan hadiah pada juara, termasuk lomba fotografi. Mulai dari piala, piagam, uang, dan barang dan produk.

Itu tadi alasannya, berikut ini ada sembilan cara yang bisa dilakukan jika memang sangat berhasrat mengikuti lomba fotografi. Berikut ulasannya.

5. Cermati Peraturan dan Coba Untuk Mengikutinya

Mencermati dan memahami tema adalah bagian dari proses memasuki sebuah kompetisi yang banyak diabaikan oleh para fotografer. Membca sebuah peraturan mengenai tema foto yang sedang diperlombakan tentunya akan memberitahu Anda mengenai konsep fotografi yang dipakai pada lomba tersebut.

6. Perhatikan Arahan dengan Baik

Memang sangat jarang, namun tidak menutup kemungkinan disebuah lomba fotografi membatasi para fotografer dalam urusan mengambil gambar. Beberapa lomba fotografi meminta Anda untuk mengambil foto dengan lebih wide, sementara ada lomba yang meminta untuk mengambil sebuah foto yang lebih sempit untuk mendapatkan detil dari sebuah objek yang lebih baik. Jadi ikuti saja arahannya dengan baik.

7. Memahami Istilah Hak Cipta

Image via Onextrapixel.com

Jika Anda memutuskan ingin mengikuti lomba fotografi, pahami peraturan yang diminta, salah satunya mengenai hak cipta foto yang Anda buat. Kebanyakan foto sudah menjadi hak milik penyelenggara dan akan digunakan untuk keperluan media promosi atau keperluan komersil.

8. Usahakan Mengumpulkan Tepat Waktu atau Lebih Awal

Jika Anda mengikuti kegiatan lomba fotografi On The Street maka usahakan untuk pengumpulan foto lebih awal dari peserta lainnya. Pasalnya, foto tersebutlah yang akan lebih dulu dilihat oleh para juri. Melihat foto di awal tentunya akan lebih baik karena konsentrasi para juri akan lebih fresh dan lebih segar ketimbang setelah mereka melihat ratusan foto lainnya. 

9. Daftarkan Lebih dari Satu Foto

Beberapa kompetisi memungkinkan fotografer untuk memasukkan lebih dari satu foto sesuai tema. Manfaatkan hal tersebut untuk memperbesar peluang kemenangan. Pilihlah foto terbaik menurut Anda. 

10. Cobalah Sesuatu yang Berbeda

Image via oddstuffmagazine.com

Mencoba sesuatu yang berbeda tentu akan membuat foto hasil jepretan Anda terlihat fresh dan baik. Namun, Anda juga perlu memperhatikan tema, selama foto tidak melenceng dari tema yang diperlombakan, seharusnya sesuatu yang berbeda akan menjadi sebuah nilai tambah.

11. Ciptakan Foto yang Eye Catching

Usahakan untuk mendapatkan foto yang enak dipandang mata. Anda bisa mengatur tata letak objek, menggunakan objek foto yang indah seperti wanita cantik, atau berani memainkan warna yang mencolok namun tidak lebay.

12. Jangan Biarkan Foto Anda Terlihat Sepi

Sejatinya, mendapatkan sebuah foto yang kurang akan noise dan jauh dari keramaian adalah salah satu trik untuk membuat foto Anda terlihat lebih indah. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dan jangan sampai foto Anda terkesan sepi tanpa kehidupan. 

13. Human of Interest

Sebuah foto yang menggambarkan tentang perasaan seseorang dan objek yang mendukung tentu akan sangat berkesan bagi siapapun yang memandangnya. Anda perlu menciptakan sebuah foto yang menggugah emosi orang lain yang melihat foto Anda.

Baca juga artikel:
10 Tips dan Trik Buat Wajah Lebih Fotogenik Seperti Model Profesional
Teknik Terbaik Memegang Kamera DSLR Seperti Fotografer Profesional
25 Teknik Memotret Bunga Bagi Fotografer Pemula

Artikel Lainnya

Komentar