Diperbaharui pada Kamis, 16 Februari 2017 | 12:39

Ketika Komputer "Begadang" Terus, Lakukan 4 Hal ini Biar Awet

Saat komputer menjadi teman begadang Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar “daleman” komputer tetap awet.

Saat ini komputer atau laptop sudah menjadi perangkat harian yang sering digunakan. Komputer atau laptop bahkan sudah digunakan dengan multifungsi seperti bermain game, bekerja hingga menonton TV.

Hal ini membuat perangkat ini harus menyala lebih lama. Bahkan, untuk penggunaan bekerja atau bermain game, banyak pengguna yang terpaksa menyalakan komputer atau laptop selama 24 jam terus-menerus. Tentu hal ini menghadirkan resiko yang membuat perangkat cepat rusak.

Untuk kamu yang harus terpaksa menyalakan laptop atau komputer, Pricebook coba hadirkan tips yang mungkin bermanfaat. Berikut ulasannya.

Pastikan Power Supply Bekerja Normal

Image via MrTagnan@YouTube

Tips awal dalam menyalakan laptop atau komputer 24 jam ialah memastikan bahwa power supply komputer normal. Bahkan, kalau perlu kamu bisa mengupgrade sistem power supply yang lebih baik.

Kamu bisa menggunakan power supply minimal memiliki sertifikasi 80+ dengan daya setidaknya 50W lebih besar daripada daya yang dibutuhkan. Selain itu, disarankan menggunakan Stavolt atau stabilizer. Pasalnya, listrik untuk rumahan di Indonesia memiliki tegangan yang tidak stabil.

Untuk pengguna laptop, sebaiknya selalu menggunakan baterai ketika hendak menyalakan laptop selama 24 jam.

Nama Harga di Pasaran Power Output Modular
Corsair RM1000-1000Watt Rp 3.903.000 1000 Watt Fully Modular
Corsair AX1200 (CMPSU-1200AX)-1200W belum ada harga 1200 Watt Fully Modular
Corsair RM650-650Watt belum ada harga 650 Watt Fully Modular
Corsair RM750-750Watt belum ada harga 750 Watt Fully Modular
Corsair RM550-550Watt belum ada harga 550 Watt Fully Modular
Enermax Revolution87 Plus ERV850EWT-G-850W belum ada harga 850 Watt Fully Modular
FSP HEXA 500-500W belum ada harga 500 Watt No
FSP AURUM 500-500W belum ada harga 500 Watt Fully Modular
FSP AURUM 600-600W belum ada harga 600 Watt Fully Modular
FSP AURUM 400-400W belum ada harga 400 Watt Fully Modular

Gunakan Sistem Pendinginan Terbaik

Image via Bitwit@YouTube

Tips saat laptop atau komputer menyala 24 jam ialah selalu gunakan sistem pendingin terbaik. Untuk memantau suhu, kamu bisa menggunakan software seperti HWInfo, AIDA dan lain-lain. Untuk komputer desktop, jangan mengandalkan kipas pendingan dari CPU saja. Sebaiknya, kamu menggunakan water cooling. Kamu juga bisa menggunakan kipas yang lebih berkualitas dengan ventilasi pada casing CPU yang baik. Pasalnya tanpa ventilasi yang baik, udara panas pada komputer tidak akan terbuang dengan baik.

Untuk pengguna laptop, kamu bisa memasang cooling pad terbaik. Tidak hanya itu, jangan gunakan laptop dibawah permukaan yang lembek seperti kasur atau sofa. Hal ini dimaksudkan agar udara panas bisa bebas keluar.Jika suhu laptop sudah mencapai lebih dari 65 derajat, sebaiknya matikan laptop terlebih dahulu.

Aktifkan fitur Schedule Task

Tips saat komputer atau laptop yang menyala terus selama 24 jam ialah mengaktifkan fitur schedule task. Fitur ini berguna apabila kamu lupa atau mengabaikan komputer dalam waktu lama, misal hanya digunakan untuk mendownload saja. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur jadwal agar komputer bisa mati secara otomatis. Ada juga perintah lainnya yang bisa diaktifkan agar komputer atau laptop yang menyala 24 jam lebih efektif.

Baca juga artikel:
Beda RAM dan ROM Pada Komputer, Laptop dan Smartphone
RAM Komputer: Sejarah dan Perkembangannya Dari Waktu ke Waktu
Tipe-tipe RAM DDR yang Digunakan pada Komputer
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts