Tips dan Tricks Huawei P9, P9 Lite dan P9 Plus

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 22 Peb 2017 | 17:11

tips huawei p9

Dirilisnya Huawei P9 series membuat nama Huawei kembali muncul dipermukaan. Pasalnya smartphone premium canggih ini hadir dengan dual kamera belakang berteknologi premium. Tidak hanya satu hape, Huawei juga menghadirkan Huawei P9 Lite yang merupakan varian lebih kompak dan Huawei P9 Plus yang merupakan varian phablet. Sayangnya kedua ponsel tersebut, Huawei P9 Lite dan P9 Plus tidak mengusung spek kamera yang sama – sama premium.

Kamera belakang pada Huawei P9 sendiri berupa dual kamera 12MP dengan aperture f2.2. Kamera ini juga disokong dengan Leica Optics, Phase Detection Autofocus dan Dual Tone LED. Ponsel Android premium ini hadir dengan layar berukuran 5,2 inci Full HD. Pada bagian mesin, hape Android canggih ini mengandalkan chipset Kirin 955. Prosesor tersebut disokong RAM 3GB dan 4GB.

Meski mengusung spesifikasi premium dan kayar fitur, ternyata masih ada pengguna Huawei P9, P9 Lite dan P9 Plus yang belum memahami penggunaan maksimal pada perangkatnya. Untuk itu, Pricebook sajikan tips dan trik yang bisa diterapkan pada P9 series.

Trip dan trik Huawei P9, P9 Lite, P9 Plus

Menggunakan Huawei Smart Assistance

Huawei Smart Assistance menjadi salah satu fitur yang sering tidak digunakan pada ponsel Android premium ini. Padahal, fitur ini memungkinkan pengguna dalam mengoperasikan perangkat lebih mudah. Pengguna bisa menggambar huruf untuk membuka aplikasi tertentu, membalik ponsel untuk mematikan alarm atau panggilan masuk dan masih banyak lainnya.

Mengaktifkan perintah suara

tips huawei p9

Huawei P9 tidak hanya dibekali motion control, tetapi juga voice control atau perintah suara. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menjawab atau me-reject panggilan dengan mengatakan “answer call atau reject call”. Kamu juga dapat menyalakan layar dengan menggunakan suara.

Mengakses WhatsApp dengan menulis W pada layar

tips huawei p9

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi paling populer yang digunakan saat ini. Untuk memudahkan kamu mengakses aplikasi ini, kamu bisa menulis huruf W di layar dalam kondisi mati. Untuk mengaktifkannya, kamu cukup masuk ke settings – smart assistance – motion control draw, dan pilih aplikasi yang diinginkan termasuk WhatsApp.

Mengaktifkan auto correct

Bila kamu pengguna swype keyboard, Huawei P9 series bisa membantu untuk mengetik tanpa salah. Caranya, masuk ke aplikasi pesan, perhatikan keyboard dan tekan ikon gir kecil yang ada di pojok kiri. Dalam menu tersebut kamu bisa mengaktifkan auto correct sehingga mengetik tidak akan banyak kesalahan.

Membuka aplikasi menggunakan fingerprint

tips huawei p9

Huawei P9 menjadi salah satu smartphone yang dibekali sensor sidik jari yang cepat dan akurat. Namun, ternyata fitur ini memiliki kegunaan lainnya. Kamu bisa membuka aplikasi dengan sensor ini dengan cepat. Caranya masuk ke settings – fingerprint ID. Lakukan pengaturan untuk membuka kamera, menjawab telepon dan banyak hal menarik lainnya.

Mengoptimalkan sistem

Huawei P9 hadir dengan kemampuan untuk mengoptimalkan sistem dengan cara mengatur ulang file untuk memberikan ruang pada memori RAM. Caranya masuk ke app manager dan mulai lakukan analisa. Setelah selesai tap optimize dan tunggu beberapa saat. Performa smartphone pun kembali normal.

Mengunci aplikasi dengan PIN

Bila kamu tidak ingin hal – hal penting atau pribadi yang ada dalam smartphone diketahui oleh orang. Kamu bisa mengunci aplikasi menggunakan pin. Caranya masuk ke settings dan pilih Lock app. Tulis PIN dan pilih aplikasi yang dikunci. Dengan fitur ini, semua data penting akan aman meski smartphone sering dipinjam oleh teman.

Menggunakan Multi Window

tips huawei p9

FItur ini hadir pada smartphone dengan sistem Android Nougat. Untuk mengaktifkan mode ini, kamu cukup tekan lama tombol multitasking. Pilih jendela yang hendak kamu buka di jendela lain.

Menggunakan dua akun Facebook dan WhatsApp

Nougat dan EMUI 5.0 menghadirkan banyak fitur baru. Salah satu keunggulan sistem ini ialah kamu bisa menggunakan dua akun berbeda untuk mengakses facebook dan Whatsapp. Fitur ini bisa diaktifkan dengan cara masuk ke settings dibawah battery options.

Mengaktifkan mode malam

tips huawei p9

Dalam Huawei P9 terdapat juga mode malam yang bisa melindungi mata pengguna saat penggunaan malam hari. Mode ini tidak akan membuat pengguna lelah.

Tips dan trik untuk kamera Huawei P9

Mencari foto dengan cepat

tips huawei p9

Huawei menghadirkan sektor kamera unggulan pada Huawei P9 series. Tentu kamu akan berfoto ria dengan smartphone ini sehingga memori internal bisa penuh. Hal ini tentu menyulitkan kamu untuk mencari foto – foto lama yang diinginkan. Untungnya dengan teknologi browsing cepat di Galeri, kamu bisa menemukan foto dengan mudah.

Mengambil foto dengan cepat

tips huawei p9

Jika kamu ingin memotret sebuah peristiwa dengan cepat tanpa harus repot membuka smartphone, kamu bisa menggunakan tombol volume. Kamu bisa mengklik dua kali tombol volume bawah.

Bokeh pada mode aperture

tips huawei p9

Aplikasi kamera pada P9, P9 Lite dan P9 plus memiliki mode yang cukup lengkap termasuk mode bokeh. Untuk membuat mode bokeh secara maksimal, kamu bisa menggunakan aperture antara f/0.95 dan f/16.

Via androidpit

Baca juga artikel
Sambut Valentine, Huawei Hadirkan Huawei P9 Varian Merah
Menjajal Dual Kamera Huawei P9 di Siang dan Malam Hari
Huawei Honor 8 Kalahkan Apple iPhone 7 Dalam Uji Ketahanan Baterai

Artikel Lainnya

Komentar