Tips dan Solusi Masalah WhatsApp di Smartphone

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 27 Jan 2017 | 12:11

Memasuki awal 2017 ini, WhatsApp masih menjadi aplikasi perpesanan yang cukup populer di pasar aplikasi. Setidaknya lebih dari 10% manusia di muka bumi ini aktif menggunakan aplikasi perpesanan ini setiap bulannya. Dengan jumlah pengguna yang cukup banyak, membuat WhatsApp terus berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur baru. Sayangnya, masih banyak pula ditemukan masalah atau bug yang muncul di aplikasi ini. Hal ini tentu sangat mengganggu.

Bila kamu menjadi salah satu pengguna WhatsApp yang mengalami masalah, berikut ini Pricebook sajikan beberapa tips dan solusi untuk masalah yang ada di WhatsApp Android maupun iOS.

Tidak Bisa Install WhatsApp

Bila kamu hendak menginstal versi terbaru WhatsApp, kamu membutuhkan smartphone Android dengan versi Android 2.1 ke atas. Sayangnya, tahun 2017 ini menjadi tahun terakhir Android 2.1 maupun Android 2.2 mendapat support WhatsApp. Alhasil, pastikan smartphone Androidmu menggunakan Android versi terbaru.

Bila kamu menginstal WhatsApp dari website resmi WhatsApp, kamu harus mengaktifkan unknown sources di pengaturan keamanan ponsel. Caranya masuk ke Settings – Security – Unknown Sources.

Kode Aktivasi Bermasalah

Bila kamu sudah menginstal WhatsApp, kamu akan secara otomatis mendapatkan kode aktivasi. Langkah pertama, kamu harus memasukkan kode tersebut secara benar. Pastikan semua pengaturan diatur dengan benar termasuk nomer telepon dengan kode negara.

Jika kamu tidak mendapatkan kode aktivasi melalui SMS, kamu bisa meminta kode menggunakan voice call. Pastikan juga nomer telepon yang kamu gunakan sudah aktif dan memiliki koneksi internet.

WhatsApp Tidak Bisa Terhubung Internet

Salah satu bug atau masalah WhatsApp yang cukup mengganggu ialah WhatsApp tidak bisa terhubung internet. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengecek dulu koneksi internet di smartphone.Bila internet smartphone tidak masalah, kamu juga bisa mengecek task killer yang mungkin memblok WhatsApp. Bila masih belum bekerja, kamu bisa menghapus app cache, caranya masuk ke setting – application – WhatsApp – clear cache. Bila masih tidak bisa digunakan, cara terakhir hapus aplikasi dan mulai menginstal aplikasi baru.

Jika semua cara diatas masih belum membuat kamu bisa menggunakan WhatsApp, mungkin saja memang server WhatsApp yang bermasalah. Untuk itu selalu pantai akun resmi twitter untuk informasi lebih jelas.

Tidak Bisa Melihat Aktivitas Terakhir

Terkadang kamu chat dengan seseorang dan kembali chat dengan orang tersebut, namun tidak menemukan chat terakhir. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Misalnya fitur last seen yang dimatikan. Untuk mengeceknya masuk ke setting WhatsApp – akun – privasi – last seen.

Jika hal ini terjadi pada beberapa chat saja, bisa jadi akun temanmu lah yang mematikan fitur lasr seen untuk masalah privasi.

Tidak Bisa Download Video dan Foto

Bila kamu tidak bisa mengunduh video atau foto pada WhatsApp coba cek bagian pengaturan WhatsApp – penggunaan data. Lihat pada bagian media download dan pastikan semua menyala untuk koneksi  data atau wifi.

Source: AndroidPit

Baca juga artikel:
5 Fitur Baru untuk WhatsApp Android di Masa Depan
Setelah WhatsApp Kini Facebook Tinggalkan BlackBerry
WhatsApp dan 16 Tips Menggunakannya Seperti Seorang Pro

Artikel Lainnya

Komentar