Ikutan Tren, Ini Dia Cara Memakai Fitur Live Video di Instagram

Oleh Ardiansyah Hana updated Kamis, 26 Jan 2017 | 11:53

Sebelumnya, Instagram merilis fitur Live Stories untuk beberapa akun terpilih. Terhitung kemarin, fitur tersebut bisa digunakan oleh semua pengguna Instagram, termasuk di Indonesia.

Memiliki cara kerja dan fungsi yang hampir sama dengan Facebook Live atau Periscope, kamu bisa menyiarkan sebuah kegiatan secara langsung dalam format video, serta dilihat secara real-time oleh followers.

Nah, bagaimana cara menggunakan fitur Live Stories di Instagram? Langkah pertama adalah mengupdate aplikasi Instagram melalui Apple App Store atau Google Play Store.

Selanjutnya, kamu hanya tinggal membuka aplikasi Instagram kemudian masuk ke menu Stories yang ada di sisi kanan atas layar dan melihat beberapa pilihan mode pengambilan gambar.


Untuk melakukan “live”, kamu bisa melihat pilihan di sisi paling kiri. Cukup geser jari ke arah kanan, kamu pun hanya tinggal menekan tombol "Start Live Video" untuk mulai melakukan siaran langsung.

Perlu kamu ketahui, Instagram sendiri membatasi video live hanya selama satu jam saja. Disini, kamu bisa membuat konten yang ringkas, sesuai dengan kebutuhan. Sementara saat kamu sudah mulai siaran, followers akan diberikan notifikasi sehingga bisa menyaksikan konten tersebut, memberikan komentar dan memberikan ikon berbentuk hati pada video kamu jika menyukainya.

Jika kamu mengakhiri siaran langsung, konten yang kamu buat secara live akan hilang selama-lamanya dari Instagram, dimana followers tidak bisa menyaksikan siaran ulang. Tentu saja, kemampuan tersebut menjadi pembeda antara fitur Live Stories dan Stories biasa di Instagram.

Notifikasi untuk Followers

Untuk kamu yang posisinya sebagai penonton, perbedaan utama antara Live Stories dan Stories terletak pada keterangan kata “Live”, mengingat kedua konten tersebut sama-sama terletak di sisi antar muka Instagram.

Untuk video Live Stories, Instagram menambahkan ikon “Live”, berwarna pink di bawah bulatan konten, sementara konten Stories biasa hanya berbentuk bulatan seperti yang sebelumnya. Perbedaan lainnya, komentar yang kamu berikan saat melihat “Live” biasa dilihat secara langsung oleh followers lain, sedangkan komentar di konten Stories berupa pesan personal pada teman yang membagikannya.

Berbarengan dengan diluncurkannya fitur Live Stories, Instagram juga menambahkan fitur Top Live yang terdapat di kolom explore. Nah, Top Live sendiri dilakukan oleh akun-akun yang melakukan siaran langsung dan memiliki banyak followers (influencer).

Bagaimana, mudah sekali bukan memakai fitur Live Stories di Instagram?

Baca juga artikel:
Facebook Stories Dirilis, Lagi-Lagi Mirip Fitur Snapchat
Update Facebook Hadirkan Fitur Live Mask Untuk Meriahkan Akhir Tahun
Aplikasi Instagram Stories Kini Dibekali Fitur Sticker

Artikel Lainnya

Komentar