6 Keluhan Android Nougat Ini Buat Kamu Berpikir Ulang untuk Update

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 16 Jan 2017 | 12:41

Sebagai seorang pengguna smartphone Android, tentu kamu ingin memiliki smartphone dengan sistem Android yang paling update. Pasalnya dengan sistem Android terbaru, pengguna bisa menikmati berbagai fitur yang maksimal dan tambahan fitur baru. Tidak hanya itu, penggunaan sistem Android baru juga membuat performa smartphone juga meningkat.

Sayangnya beberapa pengguna smartphone terkadang menemukan berbagai bug dan error kala melakukan upgrade sistem. Bahkan tidak jarang, performa smartphone jadi menurun. Sebut saja baterai yang cepat boros akibat update OS Android 7.0 pada beberapa perangkat. Padahal di tahun 2017 ini Google sedang gencar-gencarnya menyebarkan sistem Android terbarunya ke beberapa perangkat Android.

Sebelumnya, Google telah merilis sistem Android 6.0 Marshmallow dengan segudang fitur menarik. Sistem ini bahkan sudah digunakan cukup banyak perangkat Android tanpa masalah. Tak heran, banyak pengguna yang bingung untuk tetap di sistem Android 6.0 atau mencoba sistem Android 7.0.

Biar kamu tidak galau, Pricebook coba sajikan beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan sebelum update sistem Android 7.0 Nougat.

1. Hanya Cocok untuk Perangkat Layar Lebar

Image via Neurogadget.net

Salah satu fitur terbaru yang dihadirkan Google dalam sistem Android terbaru ini ialah kemampuan untuk mengatur ukuran ikon aplikasi pada layar. Tentu ini akan sangat cocok untuk perangkat layar lebar seperti phablet hingga tablet.

Pengguna bisa membuat skala ikon aplikasi tidak terlalu besar sehingga bisa menampilkan lebih banyak aplikasi dalam satu halaman. Namun, pengguna smartphone berukuran layar pas-pasan tidak akan membutuhkan hal ini.

2. Mode Split Screen Cocok di Tablet 

Image via megebyte.com

Salah satu fitur yang diunggulkan dalam Android Nougat ialah hadirnya mode Split Screen. Dengan mode ini, pengguna bisa membuka 2 aplikasi sekaligus dalam satu layar. Hal ini mengingatkan pada mode Windows dalam laptop dan PC.

Sayangnya, fitur ini hanya bisa optimal digunakan pada perangkat layar yang lebar seperti tablet. Pasalnya, bila menggunakan smartphone layar kecil, tentu aplikasi yang dibuka tidak tampak jelas dan kurang optimal dioperasikan. Yang pasti mode ini sangat cocok untuk multitasking.

3. Baterai yang Boros

Image via cafehowto.com

Setelah diluncurkan pada beberapa perangkat Nexus dan Android One, sistem Android Nougat menuai banyak perhatian dan juga keluhan banyak pengguna. Pasalnya setelah melakukan update sistem, beberapa perangkat Nexus 6p dilaporkan mengalami boros atau lebih cepatnya baterai habis tanpa alasan yang jelas. Hal ini bahkan merambat ke beberapa perangkat Nexus lainnya. Google pun telah menghadirkan update sistem Android 7.1 untuk mengatasi hal tersebut. Namun, hingga saat ini masih banyak pengguna smartphone yang boros baterai setelah update.

4. Anroid Nougat Susah Diperbaiki

Tidak hanya masalah baterai yang menjadi kendala dalam sistem Android Nougat. Beberapa perangkat Android yang sudah mengupdate sistem Android juga menemukan banyak masalah lain. Misalnya ada masalah saat volume tinggi, suara yang dihasilkan smartphone sangat tidak jelas.

Ada pula masalah yang muncul pada speaker hape. Alhasil, pengguna tidak bisa mendengarkan suara telepon dari orang lain. Ada juga masalah yang menyebutkan bahwa setelah update sistem terbaru, tombol pada smartphone tidak bisa digunakan sama sekali. Hal ini semakin membuat pengoperasian smartphone Android 7.0 tidak optimal. Pasalnya, sistem ini sangat susah untuk diperbaiki. Tidak jarang pengguna terpaksa kembali ke sistem Android lama, Android 6.0.

5. Tidak Mudah Kembali ke Sistem Android Lama

Image via Wordwide.chat

Bila kamu sudah terlanjut mengupdate sistem Android di smartphone milikmu dengan Android 7.0, maka kamu tidak bisa dengan mudah berpindah ke sistem lama atau Downgrade OS. Pengguna terpaksa harus melakukan flash dan memasang ROM baru bila ingin menggunakan sistem Android lama. Hal ini membuat garansi smartphone bisa hangus, bila smartphone milikmu merupakan smartphone baru.

6. Bingung Android 7.0 atau 7.1 atau 7.1.1

Meski baru dirilis beberapa bulan lalu, Google telah menghadirkan beberapa versi Android 7.0. Bila sebelumnya Google merilis pertama versi 7.0. Kemudian muncul update versi 7.1 dan terakhir versi 7.1.1. Tentu versi 7.1.1 merupakan sistem Android yang lebih stabil dan lebih minim bug dibanding versi 7.0. Bahkan dalam update 7.1.1 diklaim sudah tidak membuat baterai smartphone boros. Jadi pastikan, kamu hendak update ke sistem Android Nougat versi yang mana?

Itulah hal-hal yang perlu dipertimbangkan kala melakukan update sistem Android 7.0. Bila dirasa Android 7.0 kurang cocok untukmu, sebaiknya kamu bersabar untuk menantikan sistem Android versi terbaru berikutnya. Siapa tahu dalam sistem terbaru berikutnya semua bug dan error dalam Android 7.0 benar-benar hilang.

Artikel Lainnya

Komentar