30 Teknik Cara Setting Kamera Buat Foto Kembang Api Pakai Hape, DSLR, iPhone dan Tanpa Tripod

30 Teknik Cara Setting Kamera Buat Foto Kembang Api Pakai Hape, DSLR, iPhone dan Tanpa Tripod

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 30 Des 2016 | 20:34

Memotret kembang api saat malam tahun baru 2017 nanti pasti banyak dilakukan oleh fotografer professional maupun pemula. Percikan cahaya kembang api diangkasa ketika pergantian tahun 2016 ke tahun baru 2017 memberikan daya pikat tersediri untuk menjadi obyek foto.

Memotret kembang api tahun baru 2017, kini tak hanya bisa dilakukan melalui kamera DSLR, tapi bisa juga pakai kamera hape, atau kamera iPhone juga bisa. Tinggal mengetahui bagaimana teknik atau cara serta settingan kamera yang benar agar foto kembang api saat perayaan tahun baru 2017 menjadi berkualitas.

Selain settingan kamera dan teknik mengambil foto kembang api yang tepat, tempat atau lokasi juga menentukan bagusnya foto kembang api. Biasanya ada titik-titik lokasi dimana pesta kembang api tahun baru 2017 akan dinyalakan secara besar-besaran. Atau Anda bisa memotret di rooftop gedung tertentu agar lebih dekat kepada obyek kembang api.

Dari berbagai sumber, Kami kumpulkan lokasi yang tepat untuk memotret kembang api saat perayaan tahun baru 2017 nantinya. Jika memang perlu ijin, baiknya segera melakukan hal tersebut untuk memastikan boleh tidaknya Anda memotret sehingga pada waktunya tidak tergesa-gesa.

Lokasi memotret kembang api di Jakarta saat perayaan tahun baru 2017

  • Pantai Karnaval Ancol
  • Pantai Merkur Ancol
  • La Piazza, Kelapa Gading
  • FX Life Style, Jakarta Pusat
  • Parkir Timur, Senayan
  • Hotel Borobudur, Jakarta Pusat
  • Aston Marina Ancol
  • Rooftop Mal of Indonesia, Jakarta Utara
  • Museum Keprajuritan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur
  • Hotel Christal, Jaksel
  • Setiabudi One Jaksel
  • Episentrum, Jaksel
  • Monas, Jakarta Pusat
  • Skye Menara BCA, Jakarta Pusat
  • Rooftop di hotel The Keraton, Jakarta Pusat

Memotret kembang api daerah Tangerang saat perayaan tahun baru 2017

  • Sumarecon Kabupaten Tangerang
  • Rooftop Mal Alam Sutra, Tangerang
  • Plaza Ring of Floor, Serpong
  • Teras, Kota BSD, Serpong

Diberbagi kota atau tempat wisata di Indonesia

  • Titik nol kilometer di Pulau Weh
  • Pantai Kuta, Bali
  • Pantai-pantai di Seminyak, Bali
  • Yasmin Puncak Resort, Bogor
  • Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya
  • Payung, Malang, Jawa Timur
  • pesta kembang api di titik 0 Yogyakarta
  • Parang tritis
  • monumen jogya kembali
  • alun alun kidul
  • candi ratu boko
  • bukit bintang
  • bukit kapur di Plaosan
  • Menara pertamina
  • stasiun tugu

Memotret Kembang Api di Tahun Baru Pakai Kamera DSLR

Image via GDE-Fon

Bagi Anda yang ingin memotret kembang api di tahun baru 2017 dengan kamera DSLR, settingan kamera dan tekniknya lebih ribet dibandingkan dengan kamera hape. Ribet bukan berarti susah, tetap bisa dilakukan dengan mudah asalkan teknik serta settingannya dihafal atau perlu di catat agar tidak lupa.

Memotret kembang api di tahun baru 2017 memiliki tantangan tersendiri. Untuk itu, Anda yang menggunakan kamera DSRL sebaiknya menyiapkan semua keperluan sejak awal sehingga bisa menangkap obyek dengan maksimal.

Untuk membantu Anda memotret foto kembang api dengan kamera DSRL di tahun baru 2017 ini, berikut langkah-langkahnya.

1. Peralatan Tepat

Sebelum berburu foto kembang api pada malam perayaan tahun baru 2017, siapkan sejumlah peralatan untuk memaksimalkan proses pengambilan gambar. Pertama, gunakan tripod kokoh agar kamera bisa menangkap gambar kembang api dengan stabil selama beberapa detik. Selain itu, gunakan pula fungsi remote untuk mencegah getaran kamera saat Anda menekan tombol shutter.

2. Pakai ISO Rendah

Saat proses pengambilan gambar kembang api di malam tahun baru 2017, set kamera DSLR pada ISO paling rendah di angka 100 atau 200. Dengan mengatur ISO di angka rendah, noise yang dihasilkan lebih minim sehingga warna yang dikeluarkan lebih akurat dan gradasi warna jauh lebih halus, hasilnya membuat hasil foto kembang api menjadi lebih detail.

3. Matikan Long Exposure Noise Reduction

Long Exposure Noise Reduction dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi noise, bekerja dengan memotret frame gelap dengan exposure asli, kemudian menggunakan informasi data noise dari frame gelap untuk mengurangi noise di foto asli. Meskipun fitur ini dapat memaksimalkan hasil foto, namun kembang api muncul sangat cepat sehingga Anda bisa melewatkan banyak momen penting karena Long Exposure Noise Reduction memproses gambar dalam waktu cukup lama.

4. Matikan Live View

Jika kamera DSLR yang Anda gunakan untuk memotret kembang api tahun baru 2017 nanti memiliki fitur live view, sebaiknya matikan fitur ini karena bisa membuat baterai semakin boros. Live view sendiri akan bekerja optimal untuk proses pengambilan video sehingga untuk memotret foto kembang api sebaiknya hanya memanfaatkan viewfinder saja.

5. Gunakan Mode Manual

Sebelum menangkap gambar, set kamera DSLR ke mode manual untuk mengatur eksposur dan aperture di f5.6 atau f8. Dengan menggunakan mode manual, kamera akan memberikan rekomendasi pengukuran cahaya, sementara Anda bisa menyesuaikannya menurut kondisi sehingga hasilnya konsisten.

6. Atur Kecepatan Rana

Selanjutnya, set kecepatan rana antara dua dan sepuluh detik, kemudian lakukan tes pengambilan gambar sebelum pesta kembang api tahun baru 2017 dimulai untuk melihat kondisi langit, apakah terlalu gelap atau terlalu terang sehingga bisa menyesuaikan eksposur. Selain itu, Anda pun bisa menggunakan Bulb mode untuk membuka shutter lebih lama dari 30 detik.

7. Gunakan Fokus Manual dan Matikan Autofocus

Saat mengambil gambar, cari titik fokus menggunakan lensa kamera yang Anda pakai, jadi matikan fitur autofocus sehingga kamera tidak bekerja untuk mencari fokus kembali saat akan membidik, sehingga meminimalisir kekecewaan karena kehilangan momen atau hasil foto menjadi kabur. Untuk Anda yang menangkap gambar kembang api dari jarak jauh, kamera tak perlu mencari fokus kembali, kecuali jika mengubah sudut pandang atau mengubah fokus ke objek lain misalnya orang-orang.

8. Gunakan Filter Density Netral

Jika dibutuhkan, Anda bisa memanfaatkan Filter Neutral Density (ND) untuk mendapatkan eksposur lebih. Filter Neutral Density (ND) berguna untuk mengurangi intensitas cahaya namun tidak mengubah karakter sehingga saat langit tidak sepenuhnya gelap, Anda akan mendapatkan eksposur lebih lama dengan semburan kembang api berbentuk lengkung.

9. Lakukan Penembakan Gambar di Awal

Dengan melakukan persiapan matang, Anda bisa melakukan pengambilan gambar kembang api lebih awal untuk menghindari asap muncul akibat kembang api. Dengan melakukan hal ini, tentu saja hasil gambar dengan pemandangan percikan kembang api di malam tahun baru 2017 akan lebih bagus, serta tidak menyulitkan Anda karena banyaknya asap di udara.

10. Tentukan Lokasi

Persiapan lain adalah mendatangi lokasi lebih awal sehingga mempunyai banyak waktu untuk mendapatkan posisi terbaik terkait pemilihan latar belakang sesuai konsep. Selain itu, penentuan lokasi perayaan tahun baru 2017 sejak awal pun membuat Anda memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan, misalnya pemasangan tripod yang jauh lebih presisi.

11. Sisakan Ruang Lebih Pada Frame

Pastikan untuk menyisakan ruang cukup banyak dalam frame untuk mengantisipasi ketinggian semburan kembang api. Hal ini perlu Anda lakukan agar bisa menyesuaikan percikan api tertinggi saat menyembur, serta memudahkan Anda ketika ingin mencoba komposisi horisontal dan vertikal.

12. Latihan Pengambilan Gambar

Untuk menghasilkan gambar sempurna diperlukan latihan sederhana terkait penembakan gambar saat kembang api muncul. Untuk itu, lakukan uji coba untuk melihat berapa banyak semburan kembang api yang ingin ditangkap, melihat apa saja hal yang kurang dan bisa menghindari hasil gambar yang over exposure.   

13. Variasikan Foto

Cobalah untuk membuat foto yang variatif dengan mengatur focal length sesuai kebutuhan mengikuti jarak dari pusat kembang api ke ujung percikan. Untuk Anda yang menginginkan hasil foto detail, Anda bisa menggunakan lensa zoom dengan ukuran sekitar 200 mm. Dalam penggunaannya, ingatlah bahwa mengubah focal length memerlukan pengaturan ulang pada fokus sehingga Anda perlu melakukannya sebelum perayaan pesta kembang api tahun baru 2017 dimulai.

14. Angkat Pesta Kembang Api Melalui Cerita

Tips terakhir adalah mengangkat cerita utama dari pertunjukan pesta kembang api, misalnya memotret hal lain yang ada di sekitar lokasi pengambilan gambar. Untuk Anda yang ingin menceritakan manusia ke dalam objek, Anda bisa mengekspos bagian wajah, bukan sumber cahaya agar tidak terjadi pembacaan light meter yang salah. Hal ini pun berlaku untuk Anda yang juga ingin membawa sebuah gedung ke dalam objek gambar.

Memotret kembang Api di tahun baru Tanpa Tripod

Memotret malam hari tanpa tripod tantanganya adalah bagaimana foto tidak blur akibat goncangan pada kamera. Berbagai teknik mesti dikuasai dan harus dipelajari untuk mendapatkan foto berkualitas. Di bawah ini ada beberapa tips teknik dan cara setting kamera yang mungkin berguna untuk foto malam tanpa tripod. Bagus juga untuk diketahui untuk memotret kembang api pas pergantian tahun nanti.

1. Gunakan Long Shutter Speed

Tips memotret kembang api tahun baru 2017 tanpa tripod pertama adalah menggunakan long shutter speed sehingga bisa menangkap beberapa percikan kembang api sekaligus dalam satu frame. Kamu bisa mencoba exposure dalam empat detik untuk menghasilkan gambar yang menunjukan proses menyeburnya kembang api secara lengkap. Sementara jika lebih dari empat detik akan memunculkan resiko karena kamera dapat bergoyang akibat gerakan tubuh.

2. Gunakan Aperture Kecil

Kamu pun bisa menggunakan aperture kecil antara f / 8 dan f / 16 dengan mengaturnya secara manual pada kamera. Hal ini bisa kamu lakukan agar hasil foto tidak over eksposure dan hasil foto yang menunjukan percikan kembang api dapat menampilkan jalan cahaya lebih indah.

3. Gunakan ISO Rendah

Mengatur kamera pada ISO rendah di angka 100 tidak hanya menjaga eksposur, melainkan membuat kamu bisa menghindari noise yang dihasilkan pada kondisi minim cahaya. Untuk kamu yang tidak mau kehilangan warna atau tidak mendapatkan aliran cahaya cukup saat mengambil foto kembang api tahun baru 2017, sebaiknya kamu mengatur kamera di ISO 100.  

4. Perhatikan Sudut Pandang

Penggunaan lensa lebar membuat kamu bisa memperoleh sudut pandang luas sehingga lebih mudah untuk menangkap banyak percikan kembang api dalam satu frame sekaligus. Selain itu, sudut pandang lebar pun akan memudahkan kamu memasukkan objek lain seperti gedung-gedung ke dalam frame. Tips tambahan, kamu yang ingin mencari sudut pandang terbaik usahakan untuk mencari posisi ideal sejak awal sehingga penggunaan lensa tidak akan terhalang oleh orang-orang.

5. Pegang Kamera dengan Stabil

Penggunaan eksposur panjang mewajibkan kamu untuk memegang kamera dengan stabil saat proses pengambilan gambar kambang api tahun baru. Selain itu, hal ini pun akan menghindari cahaya kabur dan menghindari hasil foto kembang api menjadi blur. Untuk itu, aturlah pernafasan saat mengambil gambar untuk menghindari gerakan tubuh yang mengakibatkan terganggunya proses pengambilan gambar.

Meskipun tanpa tripod, kamu tetap bisa memotret foto kembang api tahun baru dengan hasil yang diinginkan, tentu saja perlu dilakukan pengaturan dan pengambilan gambar dalam jumlah banyak sehingga memberikan banyak pilihan gambar untuk dipilih yang terbaik.

Memotret Kembang Api di Tahun Baru 2017 Pakai Kamera iPhone

Image via osxdaily

iPhone juga bisa menghasilkan foto bagus dari berbagai obyek, termasuk kembang api saat perayaan tahun baru 2017. Buat kamu yang belum pernah mencoba memotret kembang api saat pergantian tahun baru dengan menggunakan iphone, berikut tips dan cara setting kameranya.

1. Pakai Mode HDR dan Tetap Simpan Foto Asli

Mode HDR pada kamera iPhone menangkap beberapa foto dengan eskposur berbeda, lalu secara otomatis menggabungkan foto-foto tersebut. Dalam pengambilan objek berupa kembang api, fitur ini bisa kamu manfaatkan karena bisa menghasilkan gambar dengan eksposur berbeda yang seringkali light-trails dan detail lainnya bisa tertangkap.

Untuk menyalakan mode HDR, kamu hanya tinggal membuka aplkasi kamera, lalu tekan tombol ‘HDR Off’ sampai menyala kuning dan tulisan berganti menjadi ‘HDR On’. Lalu, kamu pun bisa menyimpan foto asli jika mode HDR tidak berjalan maksimal dengan mengaturnya melalui Settings > Photos & Camera > Keep Normal Photo.

2. Lock Exposure

Jika kamu sudah mendapatkan satu foto kembang api atau lebih dengan hasil yang baik, silahkan kunci exposure sehingga hasil foto dengan objek kembang api tetap bagus. Cara menyalakan fitur ini adalah menekan dan menahan layar kamera pada yang eksposur dan pencahayaan ingin terkunci sampai muncul tulisan ‘AE/AF LOCK’ berwarna kuning pada layar.

3. Manfaatkan Fitur Burst Mode

Fitur Burst Mode pada iPhone dapat mengambil foto kembang api di tahun baru 2017, sekaligus banyak dalam waktu cepat sehingga ideal untuk dipakai pada objek bergerak. Cara mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, pertama dengan menekan dan menahan tombil shutter, kemudian kamera akan bekerja otomatis mengambil gambar berjumlah banyak sampai jari melepaskan shutter.

4. Hindari Zoom Gambar

Kamu mungkin tertarik untuk memperbesar objek dengan menggunakan fitur zoom pada kamera iPhone. Namun, hal ini sebaiknya kamu hindari karena fitur zoom pada iPhone bersifat digital, berbeda dengan penggunaan lensa zoom pada kamera DSLR. Fitur satu ini dirasa kurang ideal untuk mengambil foto kembang api saat perayaan tahun baru karena hasilnya cenderung blur dan mungkin bisa menangkap cahaya lampu di sekitar lokasi pengambilan gambar yang akan merusak foto.

5. Gunakan Tripod Khusus iPhone

Agar hasil foto kembang api saat perayaan tahun baru 2017 stabil dan minim blur akibat guncangan, kamu bisa menggunakan aksesoris berupa tripod yang khusus dipakai untuk iPhone. Saat membeli aksesoris tersebut, pastikan bahwa ia mendukung seri iPhone yang kamu gunakan.

6. Potret Sebanyak Mungkin

Memotret sebanyak mungkin seringkali dilakukan para fotografer profesional, dapat pula diaplikasikan oleh kamu yang mengambil foto kembang api melalui iPhone. Dalam hal ini, janganlah takut untuk berkreasi dengan menangkap objek sebanyak mungkin sehingga memberikan banyak pilihan foto terbaik untuk selanjutnya kamu share melalui sosial media.

7. Sediakan Memori yang Lega

Sebelum berangkat hunting kembang api di tahun baru 2017 nanti, pastikan memori iPhone kamu cukup untuk menyimpan banyak foto. Atau jika penuh, segera pindahkan file-file yang ada di iPhone ke laptop.

Memotret Kembang Api di Tahun Baru Pakai Kamera Hape

Merayakan momen tahun baru 2017 dengan mengabadikan indahnya semburan kembang api bisa dilakukan semua orang. Jika kamu tidak memiliki kamera DSLR atau mirrorless, kamu tetap bisa memotret kembang api dengan memanfaatkan kamera smartphone.

Untuk membantu kamu menciptakan foto kembang api dengan hasil terbaik menggunakan kamera smartphone, silahkan simak tips berikut ini:

1. Matikan Fitur LED Flash

Dalam pengambilan gambar kembang api, fitur LED Flash sama sekali tidak dibutuhkan. Untuk itu, silahkan matikan fitur ini dengan mengaturnya melalui setting. Jangan lupa, kamu pun dapat mengaktifkan fitur image stabiliser jika memilikinya, kemudian setting image dalam kualitas tertinggi.

2. Pastikan Memori Hape Cukup

Lihat memori hape kamu, apakah memorinya mencukupi untuk menyimpan hasil foto kembang api saat perayaan tahun baru 2017 nantinya. Jika sudah mau penuh, segera lakukan perpindahan file yang ada di hape kamu ke laptop biar memori hape makin lega.

3. Gunakan Mode Manual

Beberapa hape saat ini dilengkapi dengan mode manual pada kamera. Sebelum melakukan pengambilan gambar kembang api, silahkan manfaatkan fitur ini dengan mengatur ISO ke angka 400 sehingga foto yang dihasilkan minim noise, gunakan slow shutter selama 5 detik untuk meredam gerakan percikan kembang api, dan gunakan fitur burst mode sehingga bisa menangkap gambar dalam jumlah banyak sekaligus.

4. Manfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika hape kamu tidak memiliki fitur di atas, kamu bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Rekomendasi aplikasi yang dapat kamu download adalah Camera Night yang dapat membantu kamu untuk memotret deengan maksimal saat malam hari, aplikasi Slow Shutter yang bisa mengendalikan kecepatan shutter pada kamera selama 5 sampai 30 detik sehingga ideal untuk memotret kembang api dan aplikasi Fast Camera App atau Camera FV-5 yang memungkinkan kamera hape dapat memotret hingga 800 gambar per menit.

5. Gunakan Tripod

Selain untuk kamera DSLR, aksesoris berupa tripod banyak tersedia untuk hape. Nah, kamu dapat memilih tripod yang kompatibel dengan hape kamu, dimana aksesoris ini dapat membuat kamera menjadi stabil, menjadikan rana dapat terbuka cukup lama untuk menangkap cahaya dan meminimalisir blur akibat pergerakan kamera.

6. Hindari Memotret Langsung dari Instagram

Kamu yang biasanya sering memotret melalui aplikasi Instagram karena ingin membagikannya secara instan harus menghindarinya saat ingin memfoto kembang api saat perayaan tahun baru 2017. memotret langsung via Instagram dapat mengganggu momen karena proses upload yang memakan waktu sehingga kamu berpotensi kehilangan kesempatan untuk mendapatkan foto terbaik.

Penggunaan sensor canggih pada kamera hape tentu saja dapat kamu manfaatkan saat ingin memotret kembang api di malam tahun baru 2017. So, tidak ada salahnya melakukan tips di atas jika ingin mengabadikan momen kembang api melalui foto.

Nah demikian tips-tips mengambil foto kembang api di tahun baru 2017 menggunakan kamera dslr, smartphone dan iPhone kamu.

Baca juga artikel:
Foto Kembang Api Tahun 2017 Baru Pakai Hape. Begini 6 Tekniknya Biar Hasil Bagus!
Foto Kembang Api Tahun Baru 2017 Pakai iPhone Jadi Bagus, Ini 7 Langkahnya!
5 Teknik Foto Kembang Api Tahun Baru 2017 Biar Nggak Blur Tanpa Tripod

Artikel Lainnya

Komentar