Diperbaharui pada Jumat, 22 Desember 2023 | 11:30

32 Lokasi Pesta Kembang Api dan Perayaan Malam Tahun Baru 2024

cara motret kembang api tahun baruFoto: Pexels

Memotret kembang api saat malam tahun baru sering dilakukan oleh semua orang, mulai dari tua hingga muda. Momen malam tahun baru memang sespesial itu, dan layak untuk dirayakan bersama keluarga, teman dan orang-orang terdekat.

Memotret kembang api tahun baru bisa dilakukan dengan kamera smartphonekamera DSLR, dan kamera mirrorless. Untuk menghasilkan foto yang baik, maka selain pengaturan kamera dan teknik mengambil foto kembang api yang tepat, tempat atau lokasi juga menentukan bagusnya foto kembang api.

Biasanya ada titik-titik lokasi atau spot tertentu di mana pesta kembang api tahun baru akan dinyalakan secara besar-besaran.

Lokasi Pesta Kembang Api dan Perayaan Malam Tahun Baru 2024

Untuk memudahkan kamu beserta keluarga dan teman merayakan malam pergantian tahun 2023 ke 2024, tim redaksi Pricebook telah secara khusus merangkum spot-spot di Jakarta dan kota-kota besar lainnya yang akan dipakai untuk merayakan malam pergantian tahun.

Berikut daftar lokasinya:

Jakarta

  • Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI)
  • Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
  • Monumen Nasional (Monas)
  • JPO Pinisi Karet
  • Gelora Bung Karno (GBK)
  • Ancol
  • Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2)
  • Jalan Sudirman - Thamrin
  • Setu Babakan
  • Kota Tua
  • Central Park

Tangerang

  • Summarecon Mall Serpong
  • Atria Hotel
  • Lippo Karawaci
  • Montezuma Rooftop Lounge
  • The Breeze
  • Hotel Santika Premiere
  • Scientia Square Park

Solo

  • Rel Bengkong Purwosari
  • Polresta Solo
  • Dinas Sosial
  • Gladak
  • Plaza Sriwedari
  • Depan BRI
  • Simpang 4 Ngapeman
  • Simpang 3 Bank CIMB Niaga
  • Depan Bang Jateng
  • Loji Gandrung
  • Simpang 4 Gendengan

Lokasi Lainnya:

  • Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Pantai Glagah Kulon Progo, Yogyakarta
  • Garuda Wisnu Kencana, Bali

Cara Memotret Kembang Api Tahun Baru Pakai Hp

Merayakan momen tahun baru 2024 dengan mengabadikan indahnya semburan kembang api bisa dilakukan semua orang. Jika kamu tidak memiliki kamera DSLR atau mirrorless, maka kamu tetap bisa memotret kembang api dengan memanfaatkan kamera smartphone.

Untuk membantu kamu menciptakan foto kembang api dengan hasil terbaik menggunakan kamera smartphone, silahkan simak tips berikut ini:

1. Matikan Fitur LED Flash

Dalam pengambilan gambar kembang api, fitur LED Flash sama sekali tidak dibutuhkan. Untuk itu, silahkan matikan fitur ini dengan mengaturnya melalui pengaturan kamera. Jangan lupa, kamu pun dapat mengaktifkan fitur image stabilizer jika memilikinya, kemudian atur image dalam kualitas tertinggi.

2. Pastikan Memori Hp Cukup

Lihat memori hp kamu, apakah tersedia cukup ruang untuk menyimpan hasil foto kembang api saat perayaan malam tahun baru 2024. Jika sudah mau penuh, segera lakukan pemindahan file yang ada di hp kamu ke laptop biar memori hp makin lega.

3. Gunakan Mode Manual

Beberapa hp saat ini dilengkapi dengan mode manual pada kamera. Sebelum melakukan pengambilan gambar kembang api, silahkan manfaatkan fitur ini dengan mengatur ISO ke angka 400 sehingga foto yang dihasilkan minim noise.

Setelah itu, gunakan slow shutter selama 5 detik untuk meredam gerakan percikan kembang api, dan gunakan fitur burst mode sehingga bisa menangkap gambar dalam jumlah banyak sekaligus.

4. Manfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika hp kamu tidak memiliki fitur di atas, kamu bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Rekomendasi aplikasi yang dapat kamu unduh misalnya Camera Night yang dapat membantu kamu untuk memotret deengan maksimal saat malam hari.

Selain itu, aplikasi Slow Shutter bisa mengendalikan kecepatan shutter pada kamera selama 5 sampai 30 detik sehingga ideal untuk memotret kembang api, dan aplikasi Fast Camera App atau Camera FV-5 yang memungkinkan kamera hp dapat memotret hingga 800 gambar per menit.

5. Gunakan Tripod

Selain untuk kamera DSLR, aksesoris berupa tripod banyak tersedia untuk hp. Nah, kamu dapat memilih tripod yang kompatibel dengan hp kamu, di mana aksesoris ini dapat membuat kamera menjadi stabil, menjadikan rana dapat terbuka cukup lama untuk menangkap cahaya dan meminimalisir blur akibat pergerakan kamera.

Cara Memotret Kembang Api Pakai Kamera DSLR

Image via GDE-Fon

Bagi kamu yang ingin memotret kembang api di tahun baru 2024 dengan kamera DSLR, pengaturan kamera dan tekniknya memang sedikit lebih ribet bila dibandingkan dengan kamera smartphone. Namun ribet bukan berarti susah, tetap bisa dilakukan dengan mudah asalkan teknik serta pengaturannya dihafal atau dicatat agar tidak lupa.

Untuk membantu kamu memotret foto kembang api dengan kamera DSRL di ,malam tahun baru 2024, berikut langkah-langkahnya.

1. Peralatan Tepat

Sebelum berburu foto kembang api pada malam perayaan tahun baru 2024, siapkan sejumlah peralatan untuk memaksimalkan proses pengambilan gambar.

Pertama, gunakan tripod kokoh agar kamera bisa menangkap gambar kembang api dengan stabil selama beberapa detik. Selain itu, gunakan pula fungsi remote untuk mencegah getaran kamera saat kamu menekan tombol shutter.

2. Pakai ISO Rendah

Saat proses pengambilan gambar kembang api di malam tahun baru 2024, set kamera DSLR pada ISO paling rendah di angka 100 atau 200. Dengan mengatur ISO di angka rendah, noise yang dihasilkan lebih minim sehingga warna yang dikeluarkan lebih akurat dan gradasi warna jauh lebih halus, hasilnya membuat hasil foto kembang api menjadi lebih detail.

3. Matikan Long Exposure Noise Reduction

Long Exposure Noise Reduction dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi noise, bekerja dengan memotret frame gelap dengan exposure asli, kemudian menggunakan informasi data noise dari frame gelap untuk mengurangi noise di foto asli.

Meskipun fitur ini dapat memaksimalkan hasil foto, namun kembang api muncul sangat cepat sehingga kamu bisa melewatkan banyak momen penting karena Long Exposure Noise Reduction memproses gambar dalam waktu cukup lama.

4. Matikan Live View

Jika kamera DSLR yang kamu gunakan untuk memotret kembang api tahun baru 2024 nanti memiliki fitur live view, sebaiknya matikan fitur ini karena bisa membuat baterai semakin boros.

Live view sendiri akan bekerja optimal untuk proses pengambilan video sehingga untuk memotret foto kembang api sebaiknya hanya memanfaatkan viewfinder saja.

5. Gunakan Mode Manual

Sebelum menangkap gambar, set kamera DSLR ke mode manual untuk mengatur exposure dan aperture di f/5.6 atau f/8. Dengan menggunakan mode manual, kamera akan memberikan rekomendasi pengukuran cahaya, sementara kamu bisa menyesuaikannya menurut kondisi sehingga hasilnya konsisten.

6. Atur Kecepatan Rana

Selanjutnya, set kecepatan rana antara dua dan sepuluh detik, kemudian lakukan tes pengambilan gambar sebelum pesta kembang api tahun baru 2024 dimulai untuk melihat kondisi langit, apakah terlalu gelap atau terlalu terang sehingga bisa menyesuaikan eksposur. Selain itu, kamu pun bisa menggunakan bulb mode untuk membuka shutter lebih lama dari 30 detik.

7. Gunakan Fokus Manual dan Matikan Autofocus

Saat mengambil gambar, cari titik fokus menggunakan lensa kamera yang kamu pakai, jadi matikan fitur autofocus sehingga kamera tidak bekerja untuk mencari fokus kembali saat akan membidik, sehingga meminimalisir kekecewaan karena kehilangan momen atau hasil foto menjadi kabur.

Untuk kamu yang menangkap gambar kembang api dari jarak jauh, kamera tidak perlu mencari fokus kembali, kecuali jika mengubah sudut pkamung atau mengubah fokus ke objek lain misalnya manusia.

8. Gunakan Filter Density Netral

Jika dibutuhkan, kamu bisa memanfaatkan filter Neutral Density (ND) untuk mendapatkan eksposur lebih. Filter ND berguna untuk mengurangi intensitas cahaya namun tidak mengubah karakter sehingga saat langit tidak sepenuhnya gelap, kamu akan mendapatkan eksposur lebih lama dengan semburan kembang api berbentuk lengkung.

9. Lakukan Penembakan Gambar di Awal

Dengan melakukan persiapan matang, kamu bisa melakukan pengambilan gambar kembang api lebih awal untuk menghindari asap muncul akibat kembang api.

Dengan melakukan hal ini, tentu saja hasil gambar dengan pemkamungan percikan kembang api di malam tahun baru 2024 akan lebih bagus, serta tidak menyulitkan kamu karena banyaknya asap di udara.

10. Tentukan Lokasi

Persiapan lain adalah mendatangi lokasi lebih awal sehingga mempunyai banyak waktu untuk mendapatkan posisi terbaik terkait pemilihan latar belakang sesuai konsep.

Selain itu, penentuan lokasi perayaan tahun baru 2024 sejak awal pun membuat kamu memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan, misalnya pemasangan tripod yang jauh lebih presisi.

11. Sisakan Ruang Lebih pada Frame

Pastikan untuk menyisakan ruang cukup banyak dalam frame untuk mengantisipasi ketinggian semburan kembang api. Hal ini perlu kamu lakukan agar bisa menyesuaikan percikan api tertinggi saat menyembur, serta memudahkan kamu ketika ingin mencoba komposisi horisontal dan vertikal.

12. Latihan Pengambilan Gambar

Untuk menghasilkan gambar sempurna diperlukan latihan sederhana terkait penembakan gambar saat kembang api muncul. Untuk itu, lakukan uji coba untuk melihat berapa banyak semburan kembang api yang ingin ditangkap, melihat apa saja hal yang kurang dan bisa menghindari hasil gambar yang over exposure.

13. Variasikan Foto

Cobalah untuk membuat foto yang variatif dengan mengatur focal length sesuai kebutuhan mengikuti jarak dari pusat kembang api ke ujung percikan.

Untuk kamu yang menginginkan hasil foto detail, maka bisa menggunakan lensa zoom dengan ukuran sekitar 200mm. Dalam penggunaannya, ingatlah bahwa mengubah focal length memerlukan pengaturan ulang pada fokus sehingga kamu perlu melakukannya sebelum perayaan pesta kembang api tahun baru 2024 dimulai.

Cara Memotret kembang Api di tahun baru Tanpa Tripod

cara motret kembang api

Memotret malam hari tanpa tripod tantanganya adalah bagaimana foto tidak blur akibat goncangan pada kamera. Berbagai teknik mesti dikuasai dan harus dipelajari untuk mendapatkan foto berkualitas.

Di bawah ini ada beberapa tips dan teknik, serta cara pengaturan kamera yang mungkin berguna untuk foto malam tanpa tripod.

1. Gunakan Long Shutter Speed

Tips memotret kembang api tahun baru 2024 tanpa tripod pertama adalah menggunakan long shutter speed sehingga bisa menangkap beberapa percikan kembang api sekaligus dalam satu frame.

Kamu bisa mencoba exposure dalam empat detik untuk menghasilkan gambar yang menunjukan proses menyeburnya kembang api secara lengkap. Sementara jika lebih dari empat detik akan memunculkan risiko kamera dapat bergoyang akibat gerakan tubuh.

2. Gunakan Aperture Kecil

Kamu pun bisa menggunakan aperture kecil antara f /8 dan f/16 dengan mengaturnya secara manual pada kamera. Hal ini bisa kamu lakukan agar hasil foto tidak over exposure dan hasil foto yang menunjukan percikan kembang api dapat menampilkan jalan cahaya lebih indah.

3. Gunakan ISO Rendah

Mengatur kamera pada ISO rendah di angka 100 tidak hanya menjaga exposure, melainkan membuat kamu bisa menghindari noise yang dihasilkan pada kondisi minim cahaya.

Untuk kamu yang tidak mau kehilangan warna atau tidak mendapatkan aliran cahaya cukup saat mengambil foto kembang api tahun baru 2024, sebaiknya kamu mengatur kamera di ISO 100.  

4. Perhatikan Sudut Pandang

Penggunaan lensa lebar membuat kamu bisa memperoleh sudut pandang luas sehingga lebih mudah untuk menangkap banyak percikan kembang api dalam satu frame sekaligus.

Selain itu, sudut pandang lebar pun akan memudahkan kamu memasukkan objek lain seperti gedung-gedung ke dalam frame. Tips tambahan, kamu yang ingin mencari sudut pandang terbaik, usahakan untuk mencari posisi ideal sejak awal sehingga penggunaan lensa tidak akan terhalang oleh orang-orang.

5. Pegang Kamera dengan Stabil

Penggunaan exposure panjang mewajibkan kamu untuk memegang kamera dengan stabil saat proses pengambilan gambar kembang api tahun baru.

Selain itu, hal ini pun akan menghindari cahaya kabur dan menghindari hasil foto kembang api menjadi blur. Untuk itu, aturlah pernafasan saat mengambil gambar untuk menghindari gerakan tubuh yang mengakibatkan terganggunya proses pengambilan gambar.

Meskipun tanpa tripod, kamu tetap bisa memotret foto kembang api tahun baru dengan hasil yang diinginkan, tentu saja perlu dilakukan pengaturan dan pengambilan gambar dalam jumlah banyak sehingga memberikan banyak pilihan gambar untuk dipilih yang terbaik.

Nah demikian tips-tips mengambil foto kembang api di tahun baru 2024 menggunakan smartphone dan kamera DSLR, semoga membantu dan jangan lupa untuk memotret foto malam tahun baru terbaikmu, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.