Diperbaharui pada Senin, 2 Januari 2023 | 10:39

7 Tips Memotret Kembang Api Pakai Hp

cara memotret kambang api pakai hpFoto: Pexels

Merayakan momen pergantian Tahun Baru dengan mengabadikan indahnya semburan kembang api bisa dilakukan semua orang. Termasuk menggunakan perangkat perekam gambar apapun bila tidak memiliki kamera DSLR atau mirrorless.

Ya, perkembangan teknologi kamera dewasa ini memungkinkan kita untuk mengambil foto-foto berkaulitas dengan kamera hp. Apalagi setiap produsen hp juga terlihat berlomba-lomba untuk menghadirkan hp dengan kamera terbaik mereka ke pasaran.

Lalu bagaimana cara memotret kembang api pakai hp yang hasilnya tidak mengecewakan? Berikut tipsnya.

Tips Memotret Kembang Api Pakai Hp

cara memotret kambang api pakai hpFoto: Pixabay

Foto kembang api dapat diambil menggunakan kamera hp dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia, misalnya Night atau Low Light Photography. Namun selain itu, Anda juga dapat menggunakan trik-trik tertentu.

Proses pengambilan gambar foto menggunakan kamera konvensional atau jenis kamera lainnya untuk memotret objek bergerak seperti kembang api saat Tahun Baru, memerlukan momentum yang pas. Termasuk pengaturan kamera yang tepat.

Khusus untuk kamera hp, pengaturannya bisa sedikit lebih rumit, karena fitur-fiturnya tidak seperti kemera konvensional, namun memotret kembang api pakai kamera hp tetap dapat dilakukan.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar hasil foto kembang api yang dijepret dengan kamera hp bagus dan tajam.

1. Matikan Fitur LED Flash

Ketika dalam pengambilan gambar kembang api, fitur LED Flash sama sekali tidak dibutuhkan. Untuk itu, silakan matikan fitur ini pada pengaturan kamera hp Anda.

Karena tidak menggunakan flash di malam hari, maka hasil foto bisa saja blur. Jadi untuk menghindari hal ini, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur image stabilizer pada kamera hp. Bila hp tidak memilikinya, maka Anda wajib mengandalkan kestabilan tangan ketika memotret.

2. Pastikan Memori Hp Cukup

Sebelum menuju lokasi memotret, pastikan memori hp Anda cukup luas untuk menyimpan hasil foto kembang api dan momen-momen berkumpul bersama keluarga atau teman.

Seperti yang kita ketahui, momen tahun baru biasanya digunakan untuk berkumpul dan menjadi kesempatan untuk mengabadikam momen, seperti video, yang akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Jadi pastikan Anda sudah menyiapkan ruang lebih untuk menyimpan hasil jepretan foto kembang api. Kalau perlu, pindahkan dulu foto-foto dan video lama dari hp ke laptop.

3. Gunakan Mode Manual

Beberapa kamera hp sudah dibekali dengan mode manual dengan semua pengaturan yang bisa dilakukan sendiri. Bila Anda masih awam menggunakannnya, coba atur ISO kamera ke angka 400 saat akan memotret kembang api.

Dengan angka ISO tersebut, maka Anda dapat meminimalisir munculnya noise pada hasil jepretan di malam hari. Selain itu, gunakan slow shutter selama 5 detik, agar percokan kembang api dapat tertangkap lensa kamera dengan baik.

Untuk mendapatkan hasil foto yang tajam, pastikan tangan Anda stabil ketika memegang kamera, dan gunakan fitur 'Burst More' untuk mengambil banyak gambar sekaligus, jadi Anda bisa memilih mana foto yang paling bagus untuk disimpan.

4. Manfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga

Kamera bawaan hp biasanya memiliki fitur-fitur yang terbatas, kecuali bila hp Anda adalah hp flagship yang biasanya memiliki fitur kamera terbaik di kelasnya. Nah, bila kamera hp Anda termasuk yang minim fitur, maka aplikasi kamera pihak ketiga solusinya.

Aplikasi kamera untuk smartphone banyak tersedia di Googe Play Store atau App Store. Agar hasil foto kembang api bagus dan tajam, cari lah aplikasi kamera yang fokus pasa fitur-fitur pemotretan malam hari seperti Night Camera atau Night Mode Camera.

Selain itu, cari juga aplikasi kamera yang memiliki pengaturan slow shutter yang bisa mengendalikan kecepatan rana pada kamera selama 5 sampai 30 detik.

5. Gunakan Tripod

Aksesoris tripod kamera kini bukan hanya untuk DSLR atau mirrorless saja, namun juga sudah ada yang dibuat khusus untuk hp. Nah, Anda dapat memilih tripod yang kompatibel dengan hp, untuk memotret kembang api.

Kehadiran tripod akan sangat membantu, terutama bagi Anda yang tangannya mudah pegal ketika memotret dalam waktu lama saat menggunakan pengaturan manual.

Tripod akan membuat kamera menjadi stabil, sehinggan Anda tidak perlu khawatir ketika rana kamera terbuka cukup lama untuk menangkap cahaya. Fungsi lainnya juga untuk meminimalisir blur pada hasil jepretan.

6. Jangan Gunakan Kamera Aplikasi Chat/Medsos

Aplikasi chat seperti WhatsApp dan media sosial (Instagram) pada umumnya dilengkapi dengan fitur kamera untuk memotret langsung tanpa membuka aplikasi kamera pada hp. Kalau hanya sekedar berbagi momen, mungkin masih oke, namun untuk memotret serius, sebaiknya jangan.

Memotret langsung via Instagram dapat mengganggu momen karena proses upload yang memakan waktu sehingga Anda berpotensi kehilangan kesempatan untuk mendapatkan foto kembang api terbaik.

Kamera hp dibekali dengan sensor yang jauh lebih canggih dari pada kamera pada aplikasi chat atau medsos, sehingga kami lebih merekomendasikannya untuk memotret kembang api.

7. Gunakan Mode Landscape

Secara insting, kita selalu tanpa sadar memotret dengan kamera hp pada posisi vertikal. Namun untuk memotret foto kembang api, posisi seperti ini kecil sekali kemungkinannya dapat menghasilkan foto yang bagus.

Saran kami, gunakan mode Landscape atau posisi horizontal ketika memotret kembang api. Selain sudut pengambilan menjadi lebih luas, Anda juga bisa menangkap elemen-elemen lain di sekitar yang akan menbuat komposisi foto jadi lebih kaya.

Semoga tips memotret kembang api pakai hp yang kami sajikan dalam artikel ini bisa bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.