Diperbaharui pada Selasa, 28 Desember 2021 | 13:39

5 Cara Memotret Kembang Api Tanpa Tripod

tips memotret kembang api tanpa tripodFoto: Pexels

Ada beberapa alasan kenapa banyak orang malas membawa tripod kamera ketika ingin memotret kembang api di Tahun Baru. Ribet dan merepotkan, berat, hingga tidak praktis, adalah beberapa keluhan yang paling sering diutarakan.

Selain itu, bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, lokasi pelepasan kembang api biasanya berada di tempat-tempat populer dengan banyaknya orang dan gedung, sehingga agak sulit mencari posisi fix untuk meletakkan tripod. Jadi kita hanya mengandalkan tangan saja untuk memotret.

Lalu bagaimana cara memotret kembang api tanpa tripod dengan hasil yang tetap tajam dan tidak blur?

Cara Memotret Kembang Api Tanpa Tripod

Secara teknis, tripod wajib dipakai ketika ingin memotret kembang api, karena walaupun kita merasa tangan yang memegang kamera sudah cukip stabil, risiko memotret gambar blur dan goyang masih bisa saja terjadi.

Produk-produk kamera dewasa ini memang sudah dilengkapi fitur image stabilizer untuk meminimalisir goncangan kamera ketika jari kita menekan tombol shutter. Ini cukup membantu, namun sayang tidak semua kamera memilikinya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa teknik, tips, dan trik yang bisa Anda lakukan untuk memotret kembang api tanpa tripod dengan hasil tajam dan tidak blur.

1. Gunakan Long Shutter Speed

Foto: Exposure Guide

Tips memotret kembang api tanpa tripod yang pertama adalah menggunakan fitur long shutter speed, sehingga kamera bisa menangkap beberapa percikan kembang api sekaligus dalam satu frame.

Anda bisa mencoba exposure dalam empat detik untuk menghasilkan gambar yang menunjukan proses menyeburnya kembang api secara lengkap. Sementara jika lebih dari empat detik akan memunculkan risiko gambar blur karena goncangan.

2. Gunakan Aperture Kecil

aperture kameraFoto: photographylife.com

Agar foto stabil dan tidak buram, serta mendapatkan cahaya yang cukup, Anda bisa menggunakan aperture kecil antara f/8 dan f/16, dengan mengaturnya secara manual pada kamera.

Hal ini perlu Anda lakukan agar hasil foto tidak over eksposure atau kelebihan cahaya, dan hasil jepretannya menunjukan tangkapan percikan kembang api yang terlihat lebih indah.

3. Gunakan ISO Rendah

Teknik memotret kembang api tanpa tripod selanjutnya adalah dengan mengatur kamera pada ISO rendah di angka 100. Selain tidak hanya menjaga eksposur, hal itu akan bisa menghindari hasil foto dari noise yang dihasilkan pada kondisi minim cahaya.

Untuk Anda yang tidak mau kehilangan warna atau tidak mendapatkan aliran cahaya cukup saat mengambil foto kembang api Tahun Baru 2018 nanti, sebaiknya Anda mengatur kamera di ISO 100.

4. Perhatikan Sudut Pandang

kembang apiFoto: dailyhive.com

Penggunaan lensa lebar membuat Anda bisa memperoleh sudut pandang luas ketika pesta kembang api di mulai sehingga lebih mudah untuk menangkap banyak percikan kembang api dalam satu frame sekaligus.

Selain itu, sudut pandang lebar juga akan memudahkan Anda untuk memasukkan objek lain seperti gedung-gedung ke dalam frame sebagai elemen pendukung.

Tips tambahan, bagi Anda yang ingin mencari sudut pandang terbaik saat memotret kembang api, usahakan untuk mencari posisi ideal sejak awal sehingga penggunaan lensa tidak akan terhalang oleh orang atau gedung di sekitar.

5. Pegang Kamera dengan Stabil

Foto: On Three Legs

Saat memotret kembang api tanpa tripod, memegang kamera dengan baik adalah kunci utamanya. Sebab penggunaan eksposur panjang mengharuskan Anda untuk memegang kamera dengan stabil saat proses pengambilan foto kembang api Tahun Baru.

Selain itu, hal ini akan menghindari cahaya kabur yang dapat membuat hasil foto kembang api menjadi blur. Untuk itu, aturlah nafas saat akan menekan tombol shutter untuk menghindari gerakan tubuh yang bisa mengakibatkan guncangan.

Sekian tips memotret kembang api tanpa tripod, semoga bisa membantu Anda mendapatkan foto kembang api yang bagus agar bisa dipajang di media sosial, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.