Diperbaharui pada Rabu, 27 Desember 2017 | 10:50

15 Cara Foto Kembang Api Pakai Kamera DSLR di Malam Tahun Baru 2018

Kembang Api
Bagi pemilik kamera DSLR, berburu foto kembang api di malam tahun baru kerap kali dilakukan. Baik mereka yang profesional maupun pemula. Buat yang profesional tentu sudah punya langkah atau tips menghasilkan foto kembang api yang bagus.

Nah, bagaimana Anda yang merasa pemula dan ingin mengabadikan kembang api tahun 2018 ini? Apakah sudah mempersiapkan kamera DSLR Anda? Apakah sudah tahu tips memotret foto kembang api menggunakan kamera DSLR?

Foto kembang api di malam tahun baru bagi pemula biasanya menjadi ajang belajar fotografi, atau mengerjakan tugas fotografi dari kampus atau UKM fotografi yang diikutinya. Atau juga hanya iseng hunting foto di malam tahun baru bareng teman.

tips memotret kembang api
Kasus yang sering terjadi adalah ketinggalan momen pesta kembang api yang hanya berjalan sekian menit. Justru disaat kembang api sudah meluncur ke angkasa, kita sibuk mengatur settingan kamera DSLR yang pas agar hasil foto kembang apinya bagus. Puluhan kali dijepret, hasil tak kunjung bagus, foto tidak fokus dan juga foto blur.

Memotret kembang api di malam pergantian tahun baru memiliki tantangan tersendiri. Untuk itu, Anda yang merasa masih kesulitan menggunakan kamera DSRL untuk foto kembang api di tahun baru, sebaiknya menyiapkan semua keperluan sejak awal sehingga bisa menangkap obyek dengan maksimal.

Untuk membantu kamu foto kembang api dengan kamera DSRL di malam tahun baru 2018 nanti, berikut ini adalah tips foto kembang api di malam tahun baru 2018 ini.

  • Peralatan Tepat
  • Pakai ISO Rendah
  • Matikan Long Exp
  • osure Noise Reduction
  • Matikan Live ViewGunakan Mode Manual
  • Atur Kecepatan Rana
  • Gunakan Fokus Manual dan Matikan Autofocus
  • Gunakan Filter Density Netral
  • Lakukan Penembakan Gambar di Awal
  • Tentukan Lokasi
  • Sisakan Ruang Lebih Pada Frame
  • Latihan Pengambilan Gambar
  • Variasikan Foto
  • Angkat Pesta Kembang Api Melalui Cerita
  • Jangan Menembak Arah Kembang Api

Mari kita bahas satu persatu tips memotret kembang api di tahun baru ini. 

1. Peralatan Tepat

Sebelum berburu foto kembang api tahun baru 2018 ini, siapkan sejumlah peralatan untuk memaksimalkan proses pengambilan gambar. Pertama, gunakan tripod kokoh agar kamera bisa menangkap gambar kembang api dengan stabil selama beberapa detik. Selain itu, gunakan pula fungsi remote atau shutter release kamera untuk mencegah getaran. 

peralatan fotografi
2. Pakai ISO Rendah

Saat proses foto kembang api tahun baru, set kamera DSLR Anda pada ISO paling rendah di angka 100 atau 200. Dengan mengatur ISO di angka rendah, noise yang dihasilkan lebih minim sehingga warna foto kembang api yang dikeluarkan lebih akurat dan gradasi warna jauh lebih halus. Hasilnya, foto kembang api 2018 Anda menjadi lebih detail.

3. Matikan Long Exposure Noise Reduction

Long Exposure Noise Reduction dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi noise, bekerja dengan memotret frame gelap dengan exposure asli, kemudian menggunakan informasi data noise dari frame gelap untuk mengurangi noise di foto asli.

Meskipun fitur ini dapat memaksimalkan hasil foto, namun momen kembang api muncul sangat cepat sehingga kamu bisa melewatkan banyak momen penting karena Long Exposure Noise Reduction memproses gambar dalam waktu cukup lama.

4. Matikan Live View

Jika kamera DSLR yang kamu gunakan untuk foto kembang api tahun baru 2018 nanti memiliki fitur live view, sebaiknya matikan fitur ini karena bisa membuat baterai semakin boros. Live view sendiri akan bekerja optimal untuk proses pengambilan video sehingga untuk memotret foto kembang api sebaiknya hanya memanfaatkan viewfinder saja.

Live view
5. Gunakan Mode Manual

Sebelum foto kembang api tahun baru dimulai, set kamera DSLR ke mode manual untuk mengatur eksposur dan aperture di f5.6 atau f8. Dengan menggunakan mode manual, kamera akan memberikan rekomendasi pengukuran cahaya, sementara kamu bisa menyesuaikannya menurut kondisi sehingga hasilnya konsisten.

6. Atur Kecepatan Rana

Selanjutnya, untuk foto kembang api tahun baru, set kecepatan rana antara 2 sampai 10 detik, kemudian lakukan tes pengambilan gambar sebelum pesta kembang api dimulai untuk melihat kondisi langit, apakah terlalu gelap atau terlalu terang sehingga bisa menyesuaikan eksposur. Selain itu, kamu pun bisa menggunakan Bulb mode untuk membuka shutter lebih lama dari 30 detik.

7. Gunakan Fokus Manual dan Matikan Autofocus

Saat mengambil foto kembang api tahun baru, fokus menggunakan lensa, lalu matikan fitur autofocus sehingga kamera tidak bekerja untuk mencari fokus kembali saat akan membidik, sehingga meminimalisir kekecewaan karena kehilangan momen atau hasil foto menjadi kabur. Untuk kamu yang melakukan foto kembang api dari jarak jauh, kamera tak perlu mencari fokus kembali, kecuali jika mengubah sudut pandang atau mengubah fokus ke objek lain misalnya orang-orang.

tips memotret kembang api
8. Gunakan Filter Density Netral 

Jika dibutuhkan, kamu bisa memanfaatkan Filter Neutral Density (ND) untuk mendapatkan eksposur lebih. Filter Neutral Density (ND) berguna untuk mengurangi intensitas cahaya namun tidak mengubah karakter sehingga saat langit tidak sepenuhnya gelap, kamu akan mendapatkan eksposur lebih lama dengan semburan kembang api berbentuk lengkung.

9. Lakukan Penembakan Gambar di Awal

Dengan melakukan persiapan matang, kamu bisa melakukan pengambilan foto kembang api di malam tahun baru 2018 nanti lebih awal untuk menghindari asap muncul akibat kembang api. Dengan melakukan hal ini, tentu saja hasil gambar dengan pemandangan percikan kembang api akan lebih bagus, serta tidak menyulitkan kamu karena banyaknya asap di udara.

10. Tentukan Lokasi 

Persiapan lain adalah mendatangi lokasi foto kembang api tahun baru lebih awal sehingga mempunyai banyak waktu untuk mendapatkan posisi terbaik terkait pemilihan latar belakang sesuai konsep. Selain itu, penentuan lokasi sejak awal pun membuat kamu memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan, misalnya pemasangan tripod yang jauh lebih presisi.

tips memotret kembang api
11. Sisakan Ruang Lebih Pada Frame

Pastikan untuk menyisakan ruang cukup banyak dalam frame untuk mengantisipasi ketinggian semburan kembang api di malam tahun baru 2018 nanti. Hal ini perlu kamu lakukan agar bisa menyesuaikan percikan api tertinggi saat menyembur, serta memudahkan kamu ketika ingin mencoba komposisi horisontal dan vertikal.

12. Latihan Pengambilan Gambar 

Untuk menghasilkan foto kembanga api tahun baru yang sempurna, diperlukan latihan sederhana terkait penembakan gambar saat kembang api muncul. Untuk itu, lakukan uji coba untuk melihat berapa banyak semburan kembang api yang ingin ditangkap, melihat apa saja hal yang kurang dan bisa menghindari hasil gambar yang over exposure. 

13. Variasikan Foto

Cobalah untuk membuat foto kembang api tahun baru yang variatif dengan mengatur focal length sesuai kebutuhan mengikuti jarak dari pusat kembang api ke ujung percikan. Untuk kamu yang menginginkan hasil foto detail, kamu bisa menggunakan lensa zoom dengan ukuran sekitar 200 mm.

Dalam penggunaannya, ingatlah bahwa mengubah focal length memerlukan pengaturan ulang pada fokus sehingga kamu perlu melakukannya sebelum acara pesta kembang api dimulai.

tips memotret kembang api
14. Angkat Pesta Kembang Api Melalui Cerita

Tips terakhir adalah mengangkat cerita utama dari pertunjukan pesta kembang api di malam perayaan tahun baru 2018 nanti, misalnya memotret hal lain yang ada di sekitar lokasi pengambilan gambar.

Untuk kamu yang ingin menceritakan manusia ke dalam objek, kamu bisa mengekspos bagian wajah, bukan sumber cahaya agar tidak terjadi pembacaan light meter yang salah. Hal ini pun berlaku untuk kamu yang juga ingin membawa sebuah gedung ke dalam objek gambar.

15. Jangan Menembak Arah Kembang Api

Biasanya kita kesulitan menentukan ke mana arah kembang api karena sulit ditebak. Jadi arahkan saja lensa Anda untuk bisa menyapu seluruh area kemungkinan arah kembang api. Dengan begitu, Anda bisa memotret dengan nyaman tanpa menebak-nebak arah kembang api itu muncul. Baru nanti ketika ingin diedit, Anda bisa menempatkan obyek kembang api tersebut sesuai keinginan.

Kesimpulan

Tahun baru 2018 tinggal sebentar lagi menggantikan tahun 2017, segera siapkan kamera DSLR kamu dan segera hunting lokasi mana yang ingin dituju untuk memotret kembang api di tahun baru 2017 ini. Lokasi yang baik bukan hanya untuk memotret, namun juga baik dari segi keamanan parkir dan juga orang-orang disekitar. Jika dimungkinkan ajak seorang teman untuk menemani perburuan kembang api kamu, atau ikut komunitas yang ingin hunting kembang api tahun baru 2017 ini. 

Baca juga artikel:

Foto Kembang Api Tahun Baru 2018 Pakai iPhone Jadi Bagus, Ini 7 Langkahnya!

30 Teknik Kamera Foto Kembang Api Pakai Hape, DSLR, iPhone dan Tanpa Tripod

6 Cara Foto Kembang Api Pakai Hape di Pesta Kembang Api 2018

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.