Tips Merawat Kamera Action Cam Agar Tidak Mudah Rusak

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 21 Des 2016 | 12:47

Kamera Action Cam menjadi salah satu mainan baru para pecinta fotografi dan videografi di Indonesia. Bentuknya yang mungil dan dibekali kemampuan anti air dan ketahanan lainnya, membuat kamera digital ini cocok digunakan di kondisi outdoor bahkan saat berpetualang di alam liar.

Hadir dengan berbagai aksesoris, pengguna bisa memaksimalkan kamera ini untuk dibawa menyelam hingga ditempatkan di tempat yang sulit misalnya di kendaraan. Selain itu, kemampuan kamera ini dalam memotret dan merekam juga cukup baik. Beberapa kamera mini ini bahkan memiliki sensor besar sehingga hasil foto dan video kian jelas.

Setelah menggunakan kamera Action Cam, kamu harus melakukan perawatan dan pembersihan agar kamera tidak mudah rusak dan kondisinya tetap prima sehingga bisa digunakan kapan saja. Untuk itu Pricebook coba menyajikan beberapa tips merawat Kamera Action Cam agar tidak mudah rusak dibawah ini.

1. Bersihkan Action Camera kamu Setelah Digunakan

Tips pertama merawat kamera action cam ialah selalu bersihkan kamera setelah digunakan. Hal ini bertujuan agar noda, debu hingga air laut sisa pertualangan kamu hilang dari bodi kamera. Ingat adanya kotoran bisa mengurangi performa kamera digital ini saat digunakan nantinya.

Image via Brodito

2. Rendam Kamera Dalam Air Biasa Sebelum Disimpan

Beberapa pengguna mungkin menggunakan kamera action cam untuk kegiatan outdoor yang ekstrim misalnya untuk menyelam di laut. Agar kondisi kamera kembali optimal dan selalu bersih, sebaiknya rendam kamera dalam air biasa bila kamera memiliki fitur anti air. Bila tidak, kamu juga bisa rendam casing waterproof agar tetap awet dan tahan lama. Setelah itu gunakan lap kering untuk mengeringkan kamera atau casing waterproof-nya.

3. Simpan Dalam Tempat yang Khusus

Setelah kamu selesai membersihkan bodi kamera, kamu bisa simpan kamera action cam dalam tempat khusus layaknya kamera professional. Dengan tempat yang khusus, kamera akan aman dari guncangan dan kamera akan aman dari gangguan. Untuk menjaga kelembapan udara di dalam tempat khusus ini, kamu bisa menggunakan silica gel untuk mengurangi bibit jamur.

Image via Pevly

4. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari

Tips merawat kamera action cam agar tidak mudah rusak ialah jangan sampai terjemur atau terkena cahaya matahari secara berlebihan. Ingat panas yang tinggi dapat merusak komponen-komponen penting dalam kamera mini ini.

Semoga tips merawat kamera action cam agar tidak mudah rusak ini bermanfaat. Terakhir, selalu service atau perbaiki kamera kamu di tempat resmi.

Baca juga artikel:
Action Cam GOPRO Hero 5 Black dan GOPRO Hero 5 Session Resmi Diperkenalkan
Garmin VIRB Ultra 30, Action Camera Ultra HD dengan Voice Control
Tips Mengatasi Layar Sentuh yang Tidak Responsive

Artikel Lainnya

Komentar