Tips Membedakan iPhone 7 Asli dan Palsu

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 10 Mei 2017 | 12:57

Apple memang telah resmi meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Hal ini tentu membuat persaingan dalam pasar smartphone premium kian menarik. Sayangnya, meski terbilang masih sangat baru, mulai banyak produsen nakal yang menghadirkan iPhone 7 palsu atau iPhone 7 tiruan. Tentu hal ini membuat banyak pengguna gadget merasa was-was ketika hendak membeli iPhone baru bukan dari toko resmi Apple. Kalau tidak teliti, bisa jadi kamu mendapat iPhone 7 replika.

iPhone replika, KW atau Super Copy merupakan sebuah smartphone yang dirakit sedemikian rupa supaya mirip dengan iPhone asli, namun dengan material, sistem operasi hingga kualitas spesifikasi yang jauh berbeda dengan iPhone asli.

Untuk itu Pricebook coba sajikan beberapa tips membedakan iPhone 7 asli dan iPhone 7 palsu dibawah ini.

1. Tidak Ada Jack Audio 3,5 mm dan Bentuk Kamera Lebih Besar

Image via Pcadvisor

Seperti yang diketahui Apple telah menghilangkan jack audio 3,5 mm pada iPhone 7 Plus dan iPhone 7 Plus. Ini bisa menjadi ciri penting. Bila kamu membeli iPhone terbaru dan mendapati masih ada jack audio 3,5 mm sudah bisa dipastikan iPhone tersebut palsu.

Tidak hanya itu, dalam desain kamera, Apple juga menghadirkan desain yang lebih besar dan lebih menonjol. iPhone 7 Plus bahkan sudah menggunakan dual kamera belakang dan quad LED. Jadi cek juga bagian kamera. Bila kamera belakang iPhone terasa kecil dan ditempatkan dibagian tengah maka bisa jadi itu iPhone palsu. Bila lampu LED-nya hanya dual tone bukan Quad LED, maka bisa dicurigai pula iPhone tersebut palsu.

2. Memori internal

Dalam varian terbaru iPhone, Apple menghadirkan memori internal baru mulai dari 32 GB, 128 GB dan 256 GB. Jadi jika kamu membeli iPhone terbaru dan menemukan memori internal hanya 16 GB atau 64 GB, kamu wajib curiga smartphone iOS milikmu adalah iPhone tiruan atau KW.

3. Harus ada AppStore, bukan GooglePlay

iPhone merupakan smartphone Apple yang menggunakan sistem iOS. Tentu saja kamu akan menemukan app store atau itunes untuk mengunduh aplikasi dan games. Bila ternyata kamu membeli iPhone 7 baru dan menemukan Google Play Store didalamnya, maka bisa dipastikan smartphone ini palsu.

4. Cek sistem operasi

iPhone asli menggunakan sistem operasi IOS terbaru yakni iOS 10. Sedangkan rata-rata iPhone KW atau replika menggunakan sistem Android. Jadi kamu harus cek terlebih dahulu iPhone kamu ke menu pengaturan dan periksa sistem operasi yang digunakan.

5. Cek IMEI iPhone

Image via iphone-tricks.com

Kamu bisa mengecek iPhone 7 kamu asli atau bukan dengan mengecek IMEI yang tertera pada dus atau kamu bisa cek pada menu About di iPhone 7 kamu. Kemudian lakukan pengecekan melalui website resmi Apple dan masukkan nomer IMEI tersebut.

Semoga dengan tips-tips diatas kamu bisa terhindar mendapat iPhone Replika. Ingat hingga saat ini Apple belum memasukkan Apple iPhone 7 dan 7 plus ke pasar Indonesia.

Nama Harga di Pasaran
Apple iPhone 7 32GB Rp 6,499,000
Apple iPhone 7 256GB Rp 9,300,000
Apple iPhone 7 128GB Rp 9,000,000
Apple iPhone 7 Plus 32GB Rp 9,600,000
Apple iPhone 7 Plus 128GB Rp 9,790,000
Apple iPhone 7 Plus 256GB Rp 8,800,000

Baca juga artikel:
Cara Membedakan Samsung Galaxy S7 Asli dengan yang Palsu
Cara Mengetahui Smartphone Xiaomi Palsu Atau Asli
Gerah Namanya Dicatut, Infinix Himbau Konsumen Agar Berhati-hati

Artikel Lainnya

Komentar