Tips Mengatasi Layar Sentuh yang Tidak Responsive

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 25 Okt 2016 | 15:33

Layar sentuh menjadi komponen yang penting dalam smartphone. Pasalnya dalam bagian ini, pengguna bisa mengoperasikan perangkat. Pengguna pun bermain game, mengetik pesan hingga hal lainnya melalui layar sentuh di smartphone.

Sayangnya, salah satu kendala yang kerap muncul dalam smartphone di era modern ini ialah layar sentuh yang tidak responsive atau macet ketika digunakan.

Kalau smartphone kamu mengalami masalah layar yang tidak responsive, kamu tidak perlu panik dan langsung membawa smartphone milikmu ke service center atau menjualnya. Pasalnya, kalau kamu mau berusaha ada beberapa tips untuk mengatasi layar smartphone yang macet. Berikut tips yang bisa kamu coba.

1. Bebaskan RAM

Disadari atau tidak penyebab layar sentuh smartphone yang tidak responsive ialah RAM smartphone yang terlalu penuh. RAM yang penuh ini bisa terjadi karena jumlah aplikasi dan game ponsel yang terlalu banyak dinyalakan. RAM pun tidak memiliki bagian untuk bekerja pada bagian lainnya sehingga membuat layar smartphone macet.

Untuk mengembalikan kinerja layar yang macet, kamu bisa menghapus aplikasi atau game yang kamu rasa kurang penting atau sudah tidak dibutuhkan lagi. Ada baiknya juga untuk menggunakan aplikasi task manager untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan di dalam ponsel. Dengan RAM yang lebih lega, layar smartphone pun kembali optimal.

2. Restart perangkat

Salah satu tips mengatasi layar smartphone yang tidak responsive ialah me-restart smartphone. Langkah ini dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah pada smartphone Android, Windows hingga iOS. Me-restart juga bisa membuat RAM smartphone kembali normal.

3. Gunakan Launcher lainnya

Terkadang salah satu penyebab layar smartphone macet ialah launcher. Banyak pengguna smartphone menggunakan launcher untuk mempercantik smartphone. Sayangnya beberapa launcher berisi widget dan ikon yang membuat kinerja smartphone melambat termasuk layar yang tidak responsive. Maka ada baiknya menggunakan launcher yang lebih minimalis.

4. Mengkalibrasi Layar

Tips mengatasi layar yang tidak responsive ialah melakukan kalibrasi. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi kalibrasi layar di smartphone. Di beberapa smartphone Android, terdapat juga fitur kalibrasi layar pada menu pengaturan.

Semoga tips diatas bermanfaat!

Baca juga artikel:
Tips Menghemat Baterai Pada Laptop Windows 10
10 Tips Cerdas Beli Hape Online dan Perbandingan Layanan 7 Online Shop di Indonesia
Tips Memperbaiki Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang Bermasalah

Artikel Lainnya

Komentar

Risky Wijaya Praba Saputra 25 Oktober 2016 - 15:53
nambahin satu lagi gan kalo layar tiba2 ngaco pas di charge/cas mending langsung ganti aja charger nya jangan di pake lagi itu ngerusak hape ente khususnya di batre heuheu
Bima Satria 26 Oktober 2016 - 15:56
ganti hape baru aja gan :v