Tips Memperbaiki Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang Bermasalah

Tips Memperbaiki Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang Bermasalah

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 17 Okt 2016 | 16:25

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge merupakan dua buah ponsel premium di tahun 2016. Perangkat ini hadir dengan sejumlah pembaharuan dan fitur unggulan dibanding seri sebelumnya, misal kembali hadirnya slot microSD dan fitur anti air yang kian baik.

Tidak hanya itu, ponsel Android ini juga hadir dengan teknologi kamera yang mumpuni pengembangan dari varian Samsung Galaxy S6. Namun, meskipun hadir dengan teknologi dan fitur premium, ternyata ponsel ini juga masih memiliki beberapa masalah. Memang masalahnya tidak separah Note 7 yang baterainya meledak. Namun, jika dibiarkan tentu akan menganggu pengoperasian smartphone ini.

Untuk itu, Pricebook sajikan beberapa tips untuk memperbaiki Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang bermasalah

Layar yang Menyala Terus

Salah satu masalah yang dilaporkan pengguna ponsel Samsung terbaru ini ialah sering menyalanya layar secara otomatis. Padahal kondisi layar sedang tidak digunakan dan sedang tidak ada notifikasi. Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat baterai ponsel boros. Penyebab layar yang bermasalah ini diduga karena setting layar atau software yang bermasalah.

Sebagai solusinya, kamu bisa mengecek kembali setting layar. Kamu bisa mematikan beberapa fitur yang berkaitan dengan layar. Kamu juga bisa memodifikasi pengaturan notifikasi. Namun, dalam update software berikutnya, Samsung menjanjikan masalah ini segera diatasi.

MicroSD Tidak Terbaca

Samsung mengembalikan fitur slot microSD dalam Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Sayangnya, meski menggunakan sistem Android Marshmallow, kedua ponsel premium ini tidak mendukung sistem memori microSD. Kedua ponsel hanya mendukung sistem removable memory. Beberapa pengguna bahkan melaportkan bahwa sering muncul notifikasi menganggu saat menggunakan microSD.

Jika memang microSD tidak terbaca maksimal dalam ponsel terbaru Samsung ini, kamu bisa mencoba memformat kartu memori terlebih dahulu melalui dekstop. Jika masih belum terbaca dan sering muncul notifikasi, sebaiknya kamu coba gunakan microSD terbaru yang berkualitas bukan yang abal-abal.

Kamera sering Error

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge hadir dengan kamera yang cukup berkualitas tinggi. Sayangnya, beberapa pengguna melaporkan bahwa aplikasi kamera bawaan Samsung sering error saat digunakan. Beberapa pengguna yang mengklik ikon kamera ternyata tidak bisa mengakses aplikasi kamera dan muncul notifikasi kamera gagal. Menariknya, lebih banyak pengguna S7 yang mengeluh akan masalah kamera ini dibanding pengguna S7 Edge.

Masalah ini diduga disebabkan dengan fitur smart stay yang aktif. Fitur ini membuat kamera depan aktif terus melihat pergerakan pengguna. Untuk memperbaiki masalah ini, kamu cukup mematikan fitur ini di dalam setting. Jika masalah kamera ini masih terus muncul, sebaiknya kamu segera update software terbaru.

Samsung Galaxy S7 G930FD 32GB
Harga termurah

Rp 5,975,000

Tombol yang Tidak Merespon

Beberapa pengguna Samsung melaporkan bahwa ponsel premium terbaru milik mereka mengalami malfunction pada bagian tombol. Beberapa pengguna mengeluh bahwa tombo capacitive dan tombol home tidak bisa digunakan karena tidak merespon. Menariknya, masalah ini lebih banyak menimpa pengguna Samsung Galaxy S7 Edge.

Ternyata setelah diselidiki malfunction ini disebabkan karena adanya aplikasi yang error. Untuk mengetahui aplikasi mana yang error, kamu bisa masuk ke dalam safe mode. Untuk masuk ke mode ini, matikan ponsel dan nyalakan kembali ponsel dengan menahan tombol power sehingga logo Samsung muncul. Setelah logo muncul, kamu bisa melepas tombol power dan menekan tombol volume ke bawah. Dalam mode ini kamu bisa mengecek aplikasi mana yang bermasalah.

Samsung Galaxy S7 Edge G935FD 32GB
Harga termurah

Rp 6,600,000

Audio yang Bermasalah

Salah satu fitur unggulan kedua ponsel Android premium ini ialah hadirnya sertifikat IP68 anti air dan anti debu yang lebih baik. Sayangnya hal ini menjadi blunder. Saat sering digunakan dan terkena air ternyata membuat audio yang bermasalah. Banyak pengguna yang melaporkan headphone jack yang tidak berfungsi.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memastikan ponsel untuk tetap kering. Meski dibekali fitur anti air dan debu ternyata ponsel ini masih memiliki kelemahan. Saat digunakan terlalu sering terkena air, pada bagian headphone jack dan microUSB sering ada air yang masuk. Hal ini menyebabkan kedua bagian tersebut rusak. Solusinya, bila kondisi ponsel sering basah, kamu bisa mengeringkan ponsel dengan cara merendam ponsel dalam timbunan beras.

Wifi dan Bluetooth yang Bermasalah

Banyak pengguna samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang melaporkan kontektivitas perangkat khususnya Bluetooth dan Wifi bermasalah. Konektivitas ini benar-benar tidak bisa terhubung sama sekali. Samsung sendiri telah memperbaharui masalah ini dalam update software. Sayangnya, beberapa pengguna masih mengeluhkan masalah ini.

Sebagai solusinya, kamu bisa mencoba melakukan update manual pada aplikasi Bluetooth dan Wifi pada Samsung S7 dan S7 edge. Bila hal ini masih kurang berhasil, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga di play store sembari menunggu update software terbaru dari Samsung.

Baca juga artikel:
Pertarungan Ketat Ponsel Premium, Samsung Galaxy S7 vs Huawei Honor 8
Uji Jatuh Samsung Galaxy S7 dan HTC 10, Siapa yang Paling Kuat?
6 Tips Untuk Samsung Galaxy S7 Agar Kinerjanya Lebih Efisien

Artikel Lainnya

Komentar