5 Tips Cepat Memotret Foto Sempurna Bagi Pemula

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 16 Sep 2016 | 16:44

Dunia digital fotografi memang pesar berkembang. Hal ini membuat banyak orang lebih sering memotret dibanding era film fotografi. Bahkan dunia digital fotografi juga menghadirkan gaya hidup baru seperti beberapa pengguna gadget yang memotret sesuatu dan kemudian mempostingnya atau membagikannya ke teman-teman.

Sayangnya, banyak pengguna yang menyalahkan kamera yang digunakan saat hasil foto tampak jelek. Padahal dengan sedikit tips kamu bisa memotret sekitarmu dengan lebih baik.

Berikut Tips Cepat Memotret Foto Sempurna Bagi Pemula

Kenali komposisi foto

Komposisi menjadi bagian penting dalam mengedit foto. Posisi setiap elemen dalam foto harus diperhatikan. Kamu bisa menggunakan aturan dasar seperti membagi foto ke dalam 9 kotak. Hal ini juga bisa kamu terapkan saat hendak mengambil foto. Apalagi berbagai kamera hingga smartphone sudah memiliki fitur tersebut sehingga pengguna bisa menempatkan subjek dengan baik. Kamu harus perhatikan setiap eleman dengan tepat agar foto tampak berisi dan tidak ada bagian yang kosong.

Tingkatkan Exposure

Untuk memotret foto lebih baik, kamu bisa mulai mengubah exposure dari foto. Kamu bisa menambah terang atau menggelapkan foto. Beberapa kamera saku bahkan sudah menghadirkan fitur atau tombol khusus untuk mengatur exposure. Pengaturan exposure ini memang butuh ketepatan dan latihan yang tepat.

Gunakan mode yang tepat

Kamera digital hingga kamera smartphone saat ini dibekali mode shooting yang beragam. Kamu bisa memotret dengan mode otomatis hingga menggunakan mode yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Jika kamu ingin memotret objek yang bergerak, kamu bisa menggunakan mode Shutter priority atau mode S. Mode ini akan membuat objek yang bergerak bisa tertangkap lensa kamera layaknya sedang membeku, tidak blur.

Bila kamu ingin memotret di kondisi gelap, kamu bisa menggunakan mode Aperture priority atau Mode A. Mode ini membuat lensa bisa menangkap cahaya lebih banyak sehingga hasil foto lebih terang dan jelas meski minim cahaya.

Jadi sesuaikan mode yang digunakan pada kebutuhan. Cobalah bermain-main dengan mode, jangan terpaku pada mode otomatis saja.

Perhatikan pencahayaan

Lagi – lagi pencahayaan menjadi faktor penting untuk memotret foto yang sempurna. Kamu harus mengetahui seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan agar hasil foto maksimal. Cobalah hindari matahari saat memotret di luar ruangan. Jika kamu memotret sesuatu di luar ruangan dan masih mendapati hadirnya bayangan, kamu bisa menggunakan lampu flash untuk membantu menghilangkanarea gelap dalam foto.   

Selektif dalam memotret

Hal penting dalam memotret foto sempurna bagi pemula ialah selalu selektif. Meski kamu bisa memotret ratusan foto menggunakan perangkat digital, sebaiknya memotret dengan bijak. Kamu bisa mengambil foto sebuah objek maksimal 8-10 foto saja. Nantinya, kamu bisa memilih foto yang dirasa terbaik dalam foto-foto tersebut.

Tips terakhir memotret foto sempurna yang bisa kamu lakukan ialah melakukan edit foto. Ini tentu cara terakhir agar hasil foto bisa sempurna. Bila kamu menggunakan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto semacam Snapseed hingga iPhoto untuk secara otomatis mengoreksi warna, mengatur exposure dan hal lainnya.

Selamat mencoba!

Baca juga artikel:
Cara Transfer Foto DSLR ke iPhone dan Android Dalam Hitungan Menit
25 Teknik Memotret Bunga Bagi Fotografer
Teknik Terbaik Memegang Kamera DSLR Seperti Fotografer Profesional

Artikel Lainnya

Komentar