Tips Merawat TV LED Agar Tidak Cepat Rusak

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 16 Sep 2016 | 11:24

Televisi menjadi perangkat elektronik yang menjadi media hiburan keluarga. Tidak heran hampir setiap rumah memiliki perangkat ini. Seiring perkembangan teknologi pun, Televisi telah berubah yang awalnya berteknologi tabung dan layar cembung, kini berubah menjadi lebih tipis dan layar datar. TV terbaru ini dikenal sebagai TV LED.

TV ini kembali menjadi pilihan banyak pengguna karena hadir dengan desain yang lebih ramping sehingga mudah ditempatkan. Tidak hanya itu, teknologi yang diusung TV tipe ini juga diklaim lebih hemat listrik. Sayangnya, dengan teknologi yang cukup canggih ini membuat harga perangkat ini cukup mahal. Untungnya, meski mahal, perawatan TV ini cukup mudah.

Berikut Beberapa Tips merawat TV LED biar tidak rusak.

Gunakan stabilizer atau stavol

Bila aliran arus listrik dalam rumahmu tidak stabil, kamu bisa memasang stavol untuk menjaga arus lebih stabil. Arus listrik yang stabil tidak akan membuat tegangan berlebih pada komponen di dalam TV.

Tempatkan TV di tempat yang pas

TV LED sebaiknya ditempatkan di tempat yang tidak lembab dan berdebu. Sebaiknya tempatkan perangkat pada suhu ruangan ang tidak terlalu panas. Usahakan juga agar cahaya dalam ruangan tidak terlalu terang sehingga tidak menggangu tampilan gambar di layar TV.

Jauhkan TV dari komponen magnet

Ingat perangkat elektronik sangat sensitive terhadap magnet. Perangkat TV LED misalnya. Bila didekatkan bisa mempengaruhi performa dari komponen layar hingga speaker.

Atur kecerahan layar secara normal

Kamu bisa mengatur kontras hingga kecerahan layar sewajarnya saja. Hal ini akan membuat komponen layar LED dan komponen didalamnya tidak bekerja terlalu keras sehingga membuat awet TV LED.

Jangan biarkan TV LED menyala terus menerus

TV LED yang dinyalakan terus menerus akan membuat komponen didalamnya menjadi cepat panas. Bila ini dibiarkan membuat komponen cepat rusak. Maka bila tidak ditonton, matikan TV.

Hindari menutup TV dengan kain

Terkadang beberapa pengguna TV menutup TV untuk mengurangi debu yang masuk ke komponen. Jal ini sebetulnya salah kaprah. Pasalnya, dengan menutup TV dengan kain membuat lubang udara tertutup sehingga tidak ada sirkulasi udara. Hal ini bisa memicu komponen overheat dan mudah rusak.

Semoga Tips membersihkan TV LED ini bisa bermanfaat.

Baca juga artikel:
Tips Mengecek Smartphone yang Tidak Mau Menyala
Tips Mencegah Smartphone Meledak atau Terbakar
5 Tips Dinginkan Smartphone yang Overheating

Komentar