Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprints di ASUS Zenfone 3

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 14 Sep 2016 | 18:17

ASUS menyertakan fitur fingerprints pada seri Zenfone 3 terbaru miliknya. Salah satu fitur yang sebelumnya tidak disematkan pada generasi sebelumnya. Bagi kamu yang belum tahu fungsi fitur sidik jari (fingerprints), fitur ini memungkinkan kamu masuk ke home screen atau menjalankan aplikasi di ponsel hanya dengan cara memindai sidik jari kamu.

Fitur ini menjadi salah satu fitur keamanan yang saat ini banyak digunakan oleh ponsel-ponsel premium. Untuk seri Zenfone 3, sensor sidik jarinya diletakkan pada bagian belakang, tepat di bawah kamera 16MP. Tidak sulit untuk mengaktivasi fitur ini, kamu cukup masuk ke menu pengaturan, dan ikuti langkah-langkahnya.

1. Settings > Fingerprints

Di sini kamu bisa melakukan pengaturan untuk apa saja fungsi fingerprints tersebut akan digunakan. Misalnya untuk menjawab panggilan masuk atau menjalankan kamera serta mengambil foto.

2. Manage Fingerprints

Sebelum melakukan aktivasi kamu diharuskan untuk melakukan backup screen lock method, pilih salah satu, mau menggunakan Pattern, PIN atau Password. Cari yang mudah diingat menurut kamu.

3. Lakukan Pemindaian 

Selanjutnya lakukan pemindaian pada jari kamu. Pilih yang nyaman untuk kamu gunakan, misalnya jari telunjuk kanan atau kiri dan jari tengah. Kalau saya paling nyaman menggunakan jari telunjuk kanan dan kiri. Kamu bisa mendaftarkan 5 sidik jari pada fitur fingerprints milik ASUS Zenfone 3.

Letakan jari telunjuk kamu di sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang body ASUS Zenfone 3 untuk memulai proses pemindaian. Dalam prosesnya, letakan dan angkat jari kamu secara berkala, bagian yang sudah terpindai akan berwarna biru, terus lanjutkan sehingga seluruh bagian sidik jari selesai dipindai (berwarna hijau).

Selamat kamu sudah berhasil memasangkan fitur fingerprints di ASUS Zenfone 3 milikmu dan siap untuk kamu gunakan. Langsung saja dicoba dengan cara mengunci layar Zenfone 3 kamu dan hidupkan kembali.

Jangan gunakan PIN atau Pattern maupun Password yang diminta tapi gunakan sidik jari yang sudah didaftarkan untuk masuk ke home screen. Dari pengalaman saya menggunakannya, fitur fingerprints pada Zenfone 3 sangat responsif, hanya dengan sekali sentuh akses ke home screen langsung terbuka.

Baca juga artikel:
Resmi! Ini Daftar Harga ASUS Zenfone 3 di Indonesia
ASUS Resmi Rilis 5 Varian Zenfone 3 di Indonesia! Zenfone Deluxe Dibanderol Rp 11 Jutaan
ASUS ZenFone 3 5.5 ZE552KL VS Samsung Galaxy A7 (2016), Mana Lebih Unggul?

Artikel Lainnya

Komentar