5 Tips Dinginkan Smartphone yang Overheating

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 31 Agu 2016 | 09:24

Semakin berkembangnya teknologi smartphone saat ini ternyata berimbas juga pada mesin smartphone. Beberapa ponsel saat ini dikabarkan mengalami masalah overheating atau kepanasan dibagian dapur pacu.

Kondisi ini membuat suhu mesin smartphone meningkat menjadi panas sehingga mengganggu pengoperasian smartphone. Bahkan lebih parah lagi, suhu yang panas juga membuat komponen lainnya rusak.

Smartphone overheating sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah Satu penyebab umum tentu karena terlalu banyaknya aplikasi yang bekerja bersamaan atau multitasking hingga penggunaan kabel data yang tidak sesuai saat melakukan pengisian baterai.

Kali ini Pricebook akan menghadirkan tips mendinginkan smartphone Overheating sehingga ponsel tidak mudah rusak.

Simpan Di Tempat yang Baik dan Benar

Salah satu penyebab smartphone mudah panas ialah smartphone di tempat yang tidak sesuai. Misalnya, ponsel disimpan di saku celanan atau saku baju. Saku yang terlalu ketak membuat ponsel overheating karena tidak ada aliran udara. Selain itu, jangan pernah simpan smartphone di tempat yang terkena panas langsung.

Bila sedang bepergian, kamu bisa membawa smartphone langsung dengan tangan. Bila itu merepotkan simpan di tas dengan ruang yang lega sehingga ponsel tidak tertumpuk-tumpuk benda lain. Sehingga udara tetap bisa masuk ke lubang speaker dan mendinginkan smartphone overheating.

Cobalah Mengistirahatkan Smartphone

Bila smartphone overheating sudah sangat parah sehingga bodi kurang nyaman untuk dipegang dan ponsel mulai hang. Kamu bisa mengistirahatkan ponsel dan mematikan ponsel. Kalau perlu, kamu bisa melepas baterai smartphone. bila smartphone menggunakan casing tambahan atau cover tambahan , bisa kamu lepas juga. Biarkan smartphone yang overheating hingga 30 menit sehingga suhu mesin kembali normal.

Hindari Multitasking

Untuk mendinginkan smartphone overheating, kamu bisa mematikan aplikasi-aplikasi yang bekerja. Kamu juga jangan menggunakan smartphone untuk bermain game dulu. Kamu juga bisa mencoba menghapus aplikasi-aplikasi yang memang tidak dibutuhkan. Selain ponsel bisa menjadi lebih dingin, memori penyimpanan ponsel juga lebih lega.

Matikan Ponsel Saat Dicharge

Bila ponsel kamu sering overheating saat sedang dicharge, kamu bisa periksa kabel data atau adaptor milikmu, apakah sesuai dengan spesifikasi ponsel kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba untuk mematikan ponsel saat mengisi ulang baterai.

Selamat mencoba!

Baca juga artikel:
Tips Mengetahui Windows Asli Atau Bajakan
Cara Mudah Bandingkan Tarif Go-Jek, Grab dan Uber Melalui Google Maps
Server Pokemon Go Down? Cek Status Servernya dengan Cara ini!

Artikel Lainnya

Komentar

Mastalia Galendra 05 September 2016 - 13:53
nambahin dikit, bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Master Cleaner,360 Security dll. Cukup membantu karena penggunannya yg lebih mudah,cukup sekali klik.
marshell 07 September 2016 - 15:22
dijudul 5 tapi kenapa isinya cuma 4 cara ya? tapi lumayan lah nambah pengetahuan. Thx infonya.