Tips Mengetahui Windows Asli Atau Bajakan

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 23 Agu 2016 | 10:58

Hadirnya sistem operasi Windows 10 memang mengubah peta persaingan sistem operasi perangkat komputer. Pasalnya, Sistem buatan Microsoft ini terbukti sukses diminati banyak pengguna karena mengusung banyak fitur baru. Sayangnya, hal ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Consumer Channels Grup Director Microsoft Indonesia, Linda Dwiyanti mengungkapkan agar para pengguna PC maupun laptop untuk berhati-hati membeli Windows di pasaran. Sebab disinyalir banyak sistem Windows palsu yang dijual. Menariknya, sistem palsu ini pun dipasarkan dengan harga cukup mahal agar pengguna percaya bahwa itu sistem asli.

Tingkat pembajakan di Indonesia memang masih sangat tinggi. Microsoft bahkan sempat melakukan survey dan menghasilkan fakta bahwa indonesia berada di posisi kedua paling tinggi untuk tingkat infeksi virus di Asia Pasifik. Infeksi virus ini menyebar diduga karena banyak pengguna kamputer maupun laptop yang menggunakan sistem Windows palsu. Padahal sistem operasi palsu tidak memiliki sistem keamanan yang baik sehingga memungkinkan virus berkembang.

Maka sebaiknya, kamu harus mengenali dan mengetahui sistem Windows asli atau bajakan. Berikut tips mengetahui sistem Windows asli atau bajakan.

  • Sebaiknya bila kamu hendak membeli CD sistem operasi secara terpisah. Pastikan dalam CD tersebut terdapat stiker resmi distributor. Tanyakan kepada penjual atau toko mengenai stiker resmi dari distributor. Stiker ini menjadi ciri dasar mengetahui sistem windows asli atau bajakan.
  • Hingga saat ini sistem Windows asli hanya dijual Microsoft bekerja sama dengan Bhinneka.com atau rekanan Microsoft, IT Galeri misalnya, hingga pusat perbelanjaan komputer yang ditunjuk di Mangga Dua, Jakarta.
  • Jangan selalu berpatokan harga murah pasti sistem Windows bajakan. Pasalnya saat ini harga antara sistem Windows asli dan sistem Windows bajakan tidak terlampau jauh berbeda.
  • Sistem yang asli biasanya hadir dengan layanan Microsoft yang lengkap dan bisa mendapat update. Tentu sistem yang bajakan tidak mendapat layanan yang lengkap bahkan tidak bisa diupdate.

Sebaiknya agar lebih meyakinkan, kamu bisa membeli PC atau laptop baru saja. Sebab biasanya beberapa komputer dan laptop yang dijual dipasaran sudah dibekali sistem operasi Windows asli.

Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel:
7 Fitur Baru Dalam Update Windows 10 yang Perlu Diketahui
Upgrade Windows 10 Secara Gratis Berakhir 29 Juli
Microsoft Hadirkan Update Windows 10 Versi Ulang Tahun

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 23 Agustus 2016 - 16:33
padahal kan kemarin kemarin windows 10 gratis tuh, kalau sampe ada yg ngebajak juga mah keletawan heuehue
marshell 07 September 2016 - 15:25
mending beli yang asli