Tips Membersihkan Lemari Es Agar Selalu Higienis

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 14 Jun 2017 | 17:23

Image via bestpickreports.com

Lemari es menjadi perangkat elektronik yang sudah banyak dimiliki di rumah-rumah. Perangkat elektronik ini hadir dengan kemampuan menyimpan bahan makanan, minuman, dan beraneka macam bumbu dalam suhu dingin sehingga bahan makanan lebih awet.

Tentu, agar bahan makanan bisa tersimpan maksimal, lemari es harus dirawat bahkan dibersihkan. Bahkan, membersihkan lemari es harus dilakukan satu bulan sekali agar perangkat ini selalu higienis.

Untuk kamu yang bingung membersihkan lemari es, berikut ini tips membersihkan lemari es agar selalu higienis.

1. Keluarkan Semua yang Ada Dalam Lemari Es

Meski terdengar sepele, sebaiknya dalam membersihkan lemari es, semua makanan dalam lemari harus dikeluarkan. Sekalipun kamu menggunakan produk alami, kamu tentu tidak ingin makanan atau minuman yang disimpan terkena kontaminasi. Tidak hanya itu, dengan kulkas yang kosong, kamu akan lebih leluasa dalam membersihkan perangkat elektronik ini. Dengan mengeluarkan semua makanan dan minuman, kamu juga bisa memilih mana makanan atau minuman yang masih layak disimpan, atau harus dibuang karena telah busuk.

2. Gunakan Pembersih

Image via Aura

Untuk cairan pembersih, kamu bisa menggunakan cairan pembersih yang dijual di pasaran atau membuat cairan pembersih alami. Kamu sebaiknya menggunakan produk-produk pembersih yang biasa dipakai di dapur. Kamu juga bisa menggunakan sabun cuci piring cari daripada menggunakan diterjen.

Sebaiknya, jangan menggunakan cairan pembersih dengan bahan kimia yang menyengat untuk membersihkan bagia dalam kulkas. Pasalnya, bisa menyebabkan kontaminasi pada bahan makanan atau minuman yang akan disimpan di lemari es.

Bila kamu ingin menggunakan bahan pembersih alami dalam membersihkan lemari es agar selalu higienis, kamu bisa menggunakan bubuk soda kue. Bahan ini cukup ampuh untuk mengangkat noda dan menyerap bau tidak sedap. Cuka putih juga baik untuk membersihkan bagian pintu kulkas.

3. Keluarkan Rak dan Laci

Agar lebih maksimal dalam membersihkan kulkas, kamu juga bisa melepas semua rak dan laci yang ada di dalam lemari es. Kamu bisa merendam bagian – bagian tersebut dalam air hangat yang telah diberi deterjen. Lalu, sikat sampai bersih, bilas dengan air dan keringkan.

Kamu juga bisa mengelap dinding dalam lemari es dengan kain microfiber atau spons berkualitas agar tidak meninggalkan serpihan – serpihan serat di dalam kulkas. Selain itu, untuk noda membandel pada dinding maupun rak dan laci, kamu bisa menggunakan bubuk soda kue yang sudah dilarutkan air. Oleskan campuran soda kue ini ke noda dan tunggu sebelum dibilas atau dilap.

4. Mengeringkan Bagian Dalam Kulkas

Agar kulkas bersih secara baik, kamu bisa mencoba mengeringkan bagian dalam lemari es. Matikan kulkas agar kamu bisa membersihkan bagian – bagian terdalam kulkas. Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas. Kamu juga bisa menggunakan perasan air lemon untuk memberikan aroma segar dan menghilangkan bau pada kulkas. Jika semua sudah dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkan kulkas dengan kain lap bersih.

5. Jangan Lupa Bersihkan Freezer

Image via Kitchen Things

Jika kulkas kamu dilengkapi dengan bagian freezer, kamu juga bisa bersihkan bagian tersebut. Pasalnya, jika kamu sudah menggunakan freezer dalam waktu lama, akan muncul bunga es yang tentu menggangu penyimpanan. Jika kamu sudah matikan lemari es dan bunga es mencari, kamu bisa membersihkan perangkat elektronik ini dengan spatula atau alat lain. Kamu juga bisa bersihkan sisa-sisa makanan yang menempel. Jangan sekali-kali menggunakan benda tajam dalam mencongkel bunga es.

6. Membersihkan Bagian Luar Kulkas

Image via newsapi.com

Tentu kamu tidak boleh melupakan bagian luar lemari es saat membersihkan lemari es agar selalu higienis. Kamu bisa membersihkan luar pintu kulkas dengan kain lap yang sudah diberi air detergen. Kamu juga bisa menggunakan air cuka untuk membersihkan bagian bodi luar lainnya, agar lemari es selalu tampak baru dan mengkilap.

7. Lap dengan Air Hangat

Bila kamu membersihkan dengan permbersih bahan kimia, sebaiknya kamu lap kembali bagian-bagian tersebut dengan lap air hangat. Ini untuk memastikan tidak ada lagi zat kimia yang tertinggal, yang bisa menyebabkan kontaminasi pada bahan makanan yang disimpan.

Setelah melakukan pembersihan, kamu juga bisa mulai memasukkan semua rak dan laci pada tempatnya. Kamu bisa menyalakan kembali lemari es agar suhu didalamnya kembali dingin. Setelah itu, kamu bisa menata ulang semua bahan makanan dengan lebih baik. Ingat pengaturan yang rapi akan memudahkan kamu dalam proses memasak.

Setelah membersihkan lemari es agar higienis, kamu juga perlu merawat lemari es. Pastikan untuk secara rutin mengecek makanan di dalam kulkas. Buang makanan yang sudah berjamur atau busuk. Bersihkan tumpahan apa pun secepat mungkin. Kamu juga bisa meletakkan semangkuk kecil bubuk soda kue di bagian bawah kulkas. Bubuk soda kue bisa bermanfaat untuk menyerap bau yang tajam dalam lemari es.

Selamat mencoba.

Baca juga artikel:
5 Kulkas Dua Pintu Kapasitas Besar Samsung, Simpan Lebih Banyak Makanan
Kulkas 2 Pintu Polytron Terbaru ini Jamin Buah dan Sayur Tetap Segar Selama 14 Hari
7 Kulkas 2 Pintu Harga Promo dari Electronic Solution di Tokopedia

Artikel Lainnya

Komentar