Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Tiga Jutaan Sesuai Keinginan

Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Tiga Jutaan Sesuai Keinginan

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 18 Agu 2016 | 16:38

Pabrikan handphone semakin inovatif dalam membuat produk. Terlebih, ada banyak serbuan merek-merek baru yang siap memberikan opsi baru pada pengguna di segmen kelas menengah.

Di Indonesia, pengguna handphone di segmen kelas menengah memiliki jumlah yang besar. Segmen menengah pun didominasi oleh pengguna yang sangat selektif, dimana selain mementingkan harga, mereka juga mengutamakan kualitas handphone dan layanan purna jual yang diberikan produsen.

Dengan budget handphone tiga jutaan, pengguna di kelas tersebut bisa memperoleh banyak pilihan yang bagus. Tah hanya bisa membeli handphone buatan merek lokal dan Tiongkok, merek-merek besar pun menyediakan handphone tiga jutaan yang tampak menarik.

Perkembangan Handphone Tiga Jutaan Saat Ini

Kembali ke beberapa tahun belakang, pasar handphone tiga jutaan di dominasi oleh produk-produk dengan layar besar, dimana hal tersebut mengikuti tren phablet yang di populerkan oleh Samsung Galaxy Note.

Dengan budget tersebut, pengguna setidaknya bisa membeli handphone dengan layar seluas 5,5 inch, lebih bagus jika ukurannya lebih luas.

Akan tetapi, di era tersebut biasanya produsen pelit, dimana layar besar yang dihadirkan tidak dilengkapi resolusi yang mendukung, contohnya Samsung Galaxy Grand awal dan Samsung Galaxy Mega yang memiliki resolusi pas-pasan.

Sekarang, tren tersebut sudah berubah berkat serbuan yang datang dari merek asal Tiongkok. Dengan budget tiga jutaan, kini konsumen bisa membeli handphone berlayar lebar dengan resolusi tinggi, mau tak mau diikuti pula oleh produsen besar.

Selain mementingkan layar, produsen pun semakin memerhatikan keinginan konsumen. Hal ini bisa dilihat dari penyematan fitur utama yang berfokus pada beberapa hal, misalnya kamera untuk mengikuti tren selfie dan sosial media, desain untuk menunjang penampilan, kemampuan hardware untuk keperluan gaming dan baterai untuk alasan produktivitas.

Inovasi tersebut tentu saja memberikan opsi lebih banyak pada pengguna, melalui banyak merek handphone yang ada di pasaran, berikut ketersediaan model.

Sementara itu, jika kamu saat ini memiliki rencana membeli handphone seharga tiga jutaan, sebaiknya memerhatikan beberapa hal di bawah ini, seperti:

  • Produsen pembuat handphone
  • Kredibilitas merek handphone di Indonesia
  • Layanan garansi
  • Spesifikasi
  • Fitur tambahan
  • Harga jual kembali.

Adapun beberapa hal yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan saat memilih sebuah handphone, misalnya

  • Sosial media
  • Produktivitas
  • Fotografi
  • Gaming
  • Multimedia
  • Musik

Menentukan Prioritas Ketika Membeli Handphone

Saat kamu memilih sebuah handphone dengan range harga Rp 3 jutaan,  pasti memiliki prioritas tertentu saat ingin membelinya. Nah, apa saja hal penting yang kamu pertimbangkan saat ingin membeli sebuah handphone?

Desain dan Dimensi

Di segmen kelas menengah, tepatnya untuk handphone dengan harga jual tiga jutaan, ada banyak sekali merek dan tipe handphone yang menawarkan desain menarik. Tentu saja, hal ini dilakukan untuk merebut hati konsumen yang jumlahnya banyak di segmen menengah.

Tidak hanya desain, pengguna pun mementingkan hal lainnya, misalnya penggunaan material, ketipisan bodi, bobot handphone dan tolak ukuran lain yang mencakup desain sebuah handphone.

Samsung Galaxy A3 (2016) SM-A310F merupakan salah satu pilihan yang layak kamu lirik. Dengan harga jual termurah saat ini Rp 3.039.100, handphone satu ini menawarkan desain terkesan premium, pantas di sejajarkan dengan handphone high-end.

Mengadopsi desain dari Samsung Galaxy S6, handphone yang memiliki ketipisan 7.3 mm dan berat 132 gram ini ini dibalut frame stainless steel, dipadukan dengan material kaca. Tidak hanya estetik, handphone ini bisa mendukung penampilkan stylish penggunannya.

Pilihan lainnya:

Berdasarkan Layar

Selain pertimbangan desain, layar pun menjadi pertimbangan penting saat memilih handphone tiga jutaan yang tepat.

Di pasaran, saat ini ada banyak produk yang dilengkapi dukungan layar besar, dipadukan resolusi yang sesuai, minimal HD 1280 x 720 piksel. Akan tetapi, ada banyak pula pilihan handphone dengan dukungan layar Full HD, hasilnya jauh lebih detail ketimbang resolusi HD.

Dengan memiliki handphone berlayar besar dan memiliki resolusi tinggi, tentu saja, pengguna bisa memaksimalkan handphone tersebut untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk keperluan multimedia dan gaming.

Salah satu pilihan menarik adalah Xiaomi Mi Note Pro. Dijual dengan bandrol mulai Rp 3.649.000, handphone satu ini mengusung dukungan layar seluas 5,7 inch beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel.

Pilihan lainnya:

Berdasarkan Konektivitas

Untuk handphone yang dikeluarkan produsen di tahun 2016, umumnya sudah dilengkapi dukungan konektivitas 4G LTE. Akan tetapi, ada pula beberapa produk yang masih mengandalkan jaringan 3G.

Selain itu, kamu yang memiliki handphone dual SIM sebaiknya melihat lebih detail, apakah slot yang tersedia hybrid, yang artinya harus dipakai bergantian dengan microSD.

Untuk mendukung produktivitas kamu, Samsung Galaxy J7 SM-J700F bisa kamu pilih, dimana handphone ini dilengkapi dengan dual SIM stand-by yang berjalan pada frekuensi GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dan LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700 / 2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 28(700), 40(2300).

Pilihan lainnya:

Berdasarkan Prosesor dan Chipset

Pertimbangan penting lain yang bisa kamu lakukan saat memilih handphone dengan harga jual tiga jutaan adalah prosesor dan chipset yang berpengaruh pada performa yang dihasilkan.

Saat ini, produsen-produsen juga mementingkan penggunaan prosesor dan chipset saat memproduksi handphone mid-range, beberapa diantaranya berani menyematkan prosesor yang biasanya hanya terdapat pada produk premium.

Sementara untuk urusan prosesor, kamu bisa mendapatkan banyak pilihan juga, dimana beberapa pembuat handphone menyematkan prosesor sekelas Quad Core, Octa Core bahkan Hexa Core.

Xiaomi Mi Max merupakan salah satu yang memberikan dua hal diatas, dimana ia dilengkapi dengan dukungan chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650, berisikan prosesor Hexa Core (Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 & Dual-core 1.8 GHz Cortex-A72).

Dengan harga jual yang hanya Rp 3,250,000 saja, pengguna bisa merasakan pengalaman mobilitas terbaik, dengan kualitas performa yang sangguh menyaingi handphone high-end.

Pilihan lainnya:

Berdasarkan Sistem Operasi

Sistem operasi sebuah handphone juga harus menjadi pertimbangan kamu. Saat ini, ada banyak varian handphone yang dijalankan pada sistem operasi berbeda, seperti Windows Mobile, Android, BlackBerry dan iOS, tentu saja kamu tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Untuk handphone bersistem operasi Android, saat ini ada banyak produk yang dijalankan pada versi 6.0 Marshmallow, misalnya LG X Cam yang dijual dengan harga Rp 3.609.000.

Selain itu, ada pula handphone tiga jutaan yang dijalankan pada iOS, misalnya Apple iPhone 5s 32GB yang dibandrol Rp 3.200.000 atau varian dengan memori 64 GB yang dibandrol Rp 3.250.000.

Berdasarkan Resolusi Kamera

Para produsen handphone juga bermain di sektor kamera, mengingat kebutuhan pengguna akan sosial media yang jumlahnya semakin banyak, serta mengikuti tren selfie yang saat ini sedang populer.

Dengan budget tiga juta, kamu bisa memilih handphone yang dilengkapi kamera beresolusi minimal 13 MP, memiliki kemampuan merekam video dengan resolusi Full HD, serta fitur-fitur pendukung lainnya.

Sementara utnuk handphone selfie, ada banyak produk yang dilengkapi kamera depan beresolusi tinggi, beberapa diantaranya dilengkapi LED flash pada kamera depan sehingga bisa dimanfaatkan untuk memotret gambar selfie dengan kualitas bagus.

Sony Xperia M5 Dual E5633 yang dibandrol seharga Rp 3.915.000 bisa menjadi pilihan ideal buat kamu. Handphone satu ini dilengkapi kamera depan berkekuatan 21,5 MP, dilengkapi dengan teknologi Fast Hybrid AF dan LED flash, diklaim mampu menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi.

Sementara untuk keperluan selfie, LG X Cam yang dijual dengan bandrol mulai Rp 3.609.000 bisa menjadi pilihan, dimana handphone satu ini dilengkapi kamera depan berkekuatan 8 MP, dipadukan kamera belakang berukuran 13 MP.

Berdasarkan Memori Internal

Tak kalah penting, dukungan memori internal pada handphone harus dijadikan pertimbangan. Pasalnya, dukungan memori internal berkapasitas lega akan memberikan keleluasaan untuk menyimpan berbagai macam file, serta menunjang keperluan instalasi pada banyak aplikasi.

Salah satu pilihan menarik adalah Xiaomi Mi 4s yang didalamnya sudah dilengkapi dengan dukungan memori internal berkapasitas 64 GB, dibandrol seharga Rp 3.550.000. Pilihan lainnya adalah OnePlus One yang turut dilengkapi memori internal 64 GB, saat ini dijual di pasaran dengan bandrol Rp 3.990.000

Berdasarkan RAM

Jika Memori internal difungsikan untuk keperluan penyimpanan data, RAM memiliki fungsi yang mempengaruhi kecepatan kinerja handphone, tentu saja dengan ukuran RAM besar membuat handphone bisa bekerja jauh lebih smooth.

Di rentang harga tiga jutaan, kamu bisa menemukan beberapa tipe handphone yang dilengkapi dengan RAM besar, seperti Asus Zenfone 2 ZE551ML yang didalamnya dilengkapi dukungan RAM 4 GB. Untuk harganya, handphone satu ini dibandrol mulai Rp 3.750.000.

Pilihan lainnya:

Berdasarkan Tahun Pembuatan

Tahun pembuatan handphone harus menjadi pertimbangan kamu, dimana hal ini berdampak pada update spesifikasi, mengingat semakin lamanya produksi handphone, maka berpengaruh pada kinerja handphone jika menggunakan hardware versi lama.

Tak hanya itu, tahun pembuatan pun mempengaruhi masa garansi sebuah handphone, karena bisa saja produsen menolak klaim garansi yang kamu miliki dengan alasan produknya sudah berhenti di produksi.

Untuk produk handphone yang dikeluarkan tahun 2016, kamu memiliki banyak pilihan. Salah satunya adalah Lenovo Vibe P1 Turbo, yang saat ini dijual di pasaran dengan bandrol Rp 3.635.000.

Pilihan lainnya:

Manfaatkan Google dan Fitur Filter di Pricebook.co.id

Ketika kamu menentukan sebuah handphone berdasarkan prioritas seperti di atas, kamu pun bisa melakukan cara lain, misalnya memanfaatkan tools dari Google ini.

Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan fitur filter di Pricebook untuk melakukan perbandingan harga jual dari berbagai toko online dan offline, sekaligus membandingkan spesifikasi dari setiap kriteria handphone yang kamu inginkan dalam waktu singkat.

Gunakan fitur filter yang ada di Pricebook.co.id

Untuk menentukan handphone berdasarkan prioritas seperti di atas, kamu bisa menggunakan fitur filter yang ada di Pricebook.co.id. Melalui penggunaan fitur fileter, kamu bisa menghemat banyak waktu tanpa harus melihat satu persatu spesifikasi handphone yang diinginkan.

Daftar handphone tiga jutaan berdasarkan merek dan tipe

  • Handphone Xiaomi

Xiaomi memang banyak mengeluarkan handphone untuk kalangan entry-level. Kendati demikian, merek asal Tiongkok ini pun memiliki beberapa koleksi produk dengan harga jual tiga jutaan, seperti:

Harga Rp 3-3.5 juta Produk Harga Rp3.5 - 3.9 juta Produk
Rp 3.250.000 Xiaomi Mi Max RAM 3GB ROM 32GB Rp 3.649.000 Xiaomi Mi Note Pro
    Rp 3.710.000 Xiaomi Mi 4s

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016

  • Handphone Samsung

Produsen Samsung memang terkenal dengan produk handphone yang banyak, hampir menyasar semua kalangan. Khusus untuk handphone kelas menengah dengan bandrol Rp 3 juta, ini dia beberapa varian yang bisa kamu lirik:

Harga Rp 3-3.5 juta Produk Harga Rp3.5 - 3.9 juta Produk
Rp 3.039.100 Samsung Galaxy A3 (2016) SM-A310F Rp 3.525.000 Samsung Galaxy E7 SM-E700
Rp 3.099.000 Samsung Galaxy Alpha SM-G850 Rp 3.550.000 Samsung Galaxy Note 3 Neo N7505 (LTE)
Rp 3.198.300 Samsung Galaxy A5 SM-A500F Rp 3.650.000 Samsung Galaxy S5 Octa Core SM-G900H 16GB
Rp 3.470.000 Samsung Galaxy Note 3 32GB 3G N9000 Rp 3.794.000 Samsung Galaxy Note II(2) N7100 64GB
Rp 3.500.000 Samsung Galaxy J7(2016) SM-J710 Rp 3.999.000 Samsung Galaxy A7 (2016) SM-A710F

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016.

  • Handphone Sony

Masih fokus di segmen kelas menengah, merek asal Jepang, Sony, menawarkan beberapa varian handphone tiga jutaan untuk kamu. Tipe apa saja yang bisa kamu lirik?

Harga Rp 3-3.5 juta Produk Harga Rp3.5 - 3.9 juta Produk
Rp 3.000.000 Sony Xperia Z Ultra C6802 Rp 3.760.000 Sony Xperia Z LTE C6603
Rp 3.020.000 Sony Xperia ZL C6502 16GB Rp 3.850.000 Sony Xperia C5 Ultra E5553
Rp 3.399.000 Sony Xperia Z Ultra LTE C6833 Rp 3.900.000 Sony Xperia M5 E5603
    Rp 3.915.000 Sony Xperia M5 Dual E5633

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016.

  • Handphone LG

Sama dengan Sony dan Samsung, perusahaan LG juga menjual beberapa produk untuk kalangan menengah dengan harga tiga jutaan. Dengan kualitas terbaiknya, beberapa handphone ini bisa kamu miliki.

Harga Rp 3  - 3.5 juta Produk Harga Rp 3.5 - 3.9 juta Produk
Rp 3.049.000 LG G3 D850 16GB Rp 3.499 .000 LG Optimus G Pro E985 16GB
Rp 3.254.700 LG D958 / F340 G Flex Rp 3.799.000 LG X Cam

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016

  • Handphone Apple

Apple iPhone kebanyakan dijual dengan harga tinggi. Namun dengan rentang harga tiga jutaan, kamu bisa memiliki beberapa koleksi iPhone seri lama, seperti:

Harga Rp 3-3.5 juta Produk Harga Rp3.5 - 3.9 juta Produk
Rp 3.200.000 Apple iPhone 5s 32GB    
Rp 3.250.000 Apple iPhone 5s 64GB    

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016

  • Handphone OPPO

Tak luput dari perhatian, merek asal Tiongkok, OPPO, juga menawarkan beberapa handphone mid-range yang sangat menarik untuk dilirik. Nah, ini dia beberapa koleksi handphone OPPO yang dibandol tiga jutaan:

Harga Rp 3-3.5 juta Produk Harga Rp 3.5 - 3.9 juta Produk
Rp 3.065.000 Oppo Find 5 X909 32GB Rp 3.500.000 Oppo Find Way U7015
Rp 3.250.000 Oppo Find 7 Rp 3.799.000 Oppo F1s
Rp 3.299.000 Oppo Find Mirror R819 Rp 3.899.000 Oppo R7

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016

  • Handphone Lenovo

Merek terakhir yang memiliki banyak koleksi produk dengan harga jual tiga jutaan adalah Lenovo. Dari sekian banyak handphone Lenovo, ini dia beberapa tipe yang ditawarkan pada penggunaa dengan harga tiga jutaan.

Harga Rp 3-3.5 juta Produk Harga Rp3.5 - 3.9 juta Produk
Rp 3.194.000 Lenovo Vibe X2 Pro Rp 3.610.000 Lenovo Vibe Shot 720p
Rp 3.371.600 Lenovo Vibe Shot Rp 3.635.000 Lenovo Vibe P1 Turbo
Rp 3.465.000 Lenovo K860 Rp 3.690.000 Lenovo K80
Rp 3.500.000 Lenovo IdeaPhone K900 32GB Rp 3.774.000 Lenovo Vibe P1
    Rp 3.830.000 Lenovo Vibe Z2 Pro K920

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016

Semua informasi dan tips diatas bisa kamu lakukan saat memilih handphone dengan budget tiga jutaan. Mengenai harga, kamu pun bisa melakukan perbandingan dengan tools yang terdapat di Pricebook, menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhan.

Setiap minggunya, kami akan terus memberikan update terbaru. Jangan lupa share artikel ini ke teman dan lainnya, ya! 

Baca juga artikel:
Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Dua Jutaan Sesuai Keinginan
Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Premium Sesuai Keinginan
Kredit Hape di ITC Cempaka Mas Tanpa Kartu Kredit Bisa Lewat 10 Toko Ini

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 22 Agustus 2016 - 10:34
Satu lagi, Berdasarkan kebutuhan. Karena jika didasari kebutuhan, penggunaan smartphone bisa lebih maksimal, terarah, dan optimal