Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Premium Sesuai Keinginan

Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Premium Sesuai Keinginan

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 15 Agu 2016 | 17:13

Dengan budget tinggi, kamu bisa mendapatkan banyak pilihan tipe handphone premium ayang ada di pasaran.

Handphone premium biasanya tak hanya memiliki dukungan spesifikasi tinggi, melainkan desain berkelas dan aneka fitur ciamik yang ekslusif dimiliki merek tertentu.

Untuk kamu yang pusing memilih handphone premium terbaik, kali ini Pricebook akan memberikan informasi mengenai perkembangan handphone premium di pasaran, sekaligus update harga produk dari berbagai merek yang menyediakan ponsel kelas atas.

Perkembangan Handphone Premium di Pasaran

Mengikuti Apple yang mengeluarkan seri iPhone, pabrikan lain mulai mengeluarkan seri handphone yang dikhususkan untuk kalangan atas.

Samsung adalah salah satu perusahaan yang menjadi pesaing kuat Apple, dimana pabrikan raksasa asal Korea Selatan ini  mulai mengeluarkan ponsel seri Galaxy S untuk menghadang penjualan iPhone.

Sampai saat ini, Galaxy S yang sudah mencapai generasi ke-tujuh, merupakan seri tertinggi dari ponsel buatan Samsung, diikuti seri Galaxy Note yang menyasar kalangan profesional.

Selain Samsung, pabrikan lain tak kalah lincah bermain di segmen kelas atas. Sekarang, hampir semua pabrikan mengeluarkan ponsel premium, seperti LG melalui seri G, HTC lewat seri One, Sony Xperia Z series, Google Nexus series bahkan merek-merek Tiongkok yang ikut mengeluarkan ponsel premium, seperti Huawei, Lenovo dan Xiaomi.

Mengenai spesifikasi, tentu saja setiap tahunnya memiliki peningkatan. Dengan budget di atas Rp 5 jutaan, kamu yang dulunya hanya bisa memiliki ponsel dengan layar Full HD kini bisa mendapatkan ponsel dengan resolusi lebih tinggi, sekelas Quad HD.

Adapun desain yang kini digunakan ponsel kelas premium sudah mengalami peningkatan, misalnya penggunaan material kaca dan logam, sertifikasi anti air dan debu, bahkan menggunakan desain modular yang dipakai oleh LG G5.

Tak kalah penting, fitur khas pun kini menjadi nilai jual bagi perusahaan ponsel saat  menawarkan produk, misalnya penggunaan fitur kamera, fitur keamanan seperti fingerprint dan iris scanner, serta fitur pengisian baterai super cepat.

Untuk kamu yang memiliki rencana untuk membeli ponsel premium, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Perusahaan pembuat ponsel
  • Kredibilitas merek ponsel
  • Layanan purna jual atau garansi
  • Spesifikasi dan fitur tambahan
  • Harga jual kembali

Selain itu, kamu pun sebaiknya menyesuaikan ponsel yang akan dibeli berdasarkan kebutuhan, seperti

  • Produktivitas
  • Sosial media
  • Fotografi
  • Gaming
  • Musik
  • Virtual reality
  • Multimedia

Cara lainnya, kamu bisa menggunakan tools dari Google atau membuka Pricebook untuk melakukan perbandingan harga jual dari berbagai toko online dan offline, sekaligus membandingkan spesifikasi dari setiap kriteria ponsel yang kamu inginkan.

Tentukan Prioritas Dalam Memilih Ponsel

Saat kamu memilih ponsel premium, tentu saja ada prioritas ketika membelinya. Nah, apa saja hal penting yang kamu pertimbangkan saat memiliki sebuah ponsel?

Desain dan Dimensi

Untuk segmen kelas atas, produsen berlomba-lomba menciptakan desain terbaik untuk merebut hati konsumen. Di sini, kamu bisa menentukan produk pilihan berdasarkan dimensi, ketipisan dan bobot yang mempengaruhi experience selama menggunakannya.

Tak hanya itu, penggunaan material pada ponsel pun menjadi tolak ukur konsumen untuk memilih yang paling pas, mengingat saat ini kebanyakan produsen membuat ponsel premium dengan material mewah, misalnya menggunakan frame metal, lapisan kaca dan sertifikasi anti air.

LG G5 SE menjadi salah satu pilihan menarik yang pantas kamu lirik, dimana smartphone yang baru muncul di Indonesia ini tak hanya dibalut material metal, melainkan mengusung desain modular yang tidak dimiliki oleh smartphone premium lainnya.

Dijual dengan harga termurah Rp 7.499.000, LG G5 SE menawarkan kemudahan pada pengguna untuk memasang perangkat tambahan melalui bagian bawah yang bisa dilepas pasang, misalnya menambahkan perangkat kamera 360 atau battery kit.

Berdasarkan Layar

Selain desain, layar  menjadi pertimbangan selanjutnya dalam menentukan ponsel premium. Di pasaran, umumnya ponsel premium didominasi oleh penggunaan layar 5 inch ke atas, dilengkapi resolusi minimal Full HD, ada juga yang menggunakan layar sekelas Quad HD.

Melalui penggunaan layar besar beresolusi tinggi, kamu bisa menonton konten multimedia dengan leluasa, tentu saja dengan kualitas ketajaman gambar yang memanjakan mata. 

Salah satu produk menarik yang wajib kamu lirik adalah Samsung Galaxy S7 Edge. Flagship Samsung yang dirilis tahun 2016 ini tak hanya menawarkan dukungan panel Super AMOLED 5,5 inch beresolusi Quad HD 1440 x 2560 piksel, melainkan bentuk layar lengkung pada sisi kanan dan kiri.

Melalui penggunaan dual curved screen, kamu bisa merasakan pengalaman baru dalam menikmati konten multimedia. Terlebih, layar pada S7 Edge juga didukung fitur Always On yang mampu menampilkan notifikasi pada layar secara non-stop, tanpa mempengaruhi daya baterai. Di pasaran, Samsung Galaxy S7 Edge dibandrol mulai Rp 8.502.500 untuk varian memori 32GB.

Berdasarkan Konektivitas

Umumnya, ponsel flagship yang rilis ke pasaran di tahun 2016 sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE berbagai operator seluler di Indonesia.

Tentu saja, sebaiknya kamu mencari pilihan terbaik dari seluruh pilihan smartphone yang ada, misalnya memilih ponsel yang dibekali fitur dual SIM 4G LTE sehingga memudahkan aktivitas kamu seharian.

Salah satu pilihan ponsel yang patut diperhitungkan adalah Huawei Mate 8. Smartphone yang dijual dengan bandrol mulai Rp 8.500.000 ini hadir dengan fitur dual SIM hybrid yang bisa dijalankan pada frekuensi GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dan LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700 / 2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 28(700), 40(2300).

Huawei Mate 8 sendiri memungkinkan kamu menggunakan kedua slot yang ada untuk dipasangkan dengan SIM card. Jika hanya satu slot yang digunakan, slot lainnya bisa dijadikan sebagai “wadah” microSD untuk menambah kapasitas memori sebesar 64GB yang sudah tersemat di dalamnya.

Berdasarkan Prosesor dan Chipset

Tak hanya perang desain dan fitur, ponsel premium juga berkompetisi menawarkan kemampuan hardware paling mampuni untuk menunjang kebutuhan mobilitas penggunannya.

Nah, beberapa ponsel flagship yang ada di pasaran umumnya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon kelas tertinggi, ada pula yang menggunakan chipset buatan vendor semisal Samsung yang menggunakan Exynos dan Huawei dengan HiSilicon.

Selain itu, penggunaan prosesor pun akan mempengaruhi kinerja ponsel secara keseluruhan, umumnya menggunakan prosesor Quad Core, Hexa Core atau Octa Core, tinggal kamu sesuaikan kecepatan masing-masing prosesor tersebut.

Salah satu pilihan paling menarik adalah Xiaomi Mi5 Pro. Ponsel kelas atas buatan vendor asal Tiongkok ini hadir dengan dukungan prosesor Dual Core 2.15 GHz Kryo & Dual Core 1.6 GHz, menggunakan chipset kelas tertinggi yakni Qualcomm Snapdragon 820.

Dengan harga jual yang hanya Rp 6.820.000, kemampuan smartphone ini bisa melebihi ponsel premium buatan merek lain yang dijual dengan harga lebih tinggi. Di sini, pengguna akan dimanjakan dengan kemampuan yang lihai untuk urusan gaming, video atau multitasking.

Berdasarkan Sistem Operasi

Hal lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah penggunaan sistem operasi. Khusus untuk ponsel premium keluaran tahun 2016, setidaknya beberapa vendor sudah menyematkan sistem operasi terbaru, Android Marshmallow.

Akan tetapi, kamu perlu juga mempertimbangkan kecepatan produsen dalam memberikan update OS, melihat produk mana yang bisa mendapatkan update sistem operasi terbaru, Android 7.0 Nougat, dalam waktu lebih cepat.

Untuk urusan prioritas update, tentu saja ponsel Nexus yang mendapatkan dukungan penuh dari Google bisa kamu lirik. Salah satu yang populer di Indonesia adalah Motorola Nexus 6 yang dijual di toko offline atau online dengan bandrol mulai Rp 5.175.000.

Melalui dukungan langsung dari Google, Motorola Nexus 6 akan mendapatkan update OS pertama kali ketimbang ponsel Android buatan merek lain. Dengan begitu, kamu pun bisa merasakan fitur baru dari Android lebih dulu dibanding pengguna smartphone model lainnya.

Selain OS Android, kamu pun bisa memilih produk Apple, seperti iPhone 6 Plus yang kini didukung iOS 10, hadir dengan segudang fitur anyar dari Apple yang tentu saja bisa mendukung produktivitas. Mengenai harga, iPhone 6 Plus dijual dengan harga termurah Rp 6.697.000 untuk varian memori 16 GB.

Berdasarkan Resolusi Kamera

Tak hanya bermain di segi spesifikasi, vendor-vendor memproduksi ponsel premium dengan dukungan teknologi canggih, diklaim mampu menghasilkan kualitas gambar dan video dengan kualitas terbaik, dengan minimal sensor berukuran 12 MP, serta kemampuan merekam video 4K. 

Selain itu, tren selfie pun diadopsi oleh hampir semua ponsel premium, umumnya koleksi ponsel yang ada di pasaran sudah didukung kamera depan bersensor tinggi, serta menggabungkan kemampuan software  yang mampu memproduksi hasil gambar selfie terbaik. Setidaknya, ponsel premium tersebut dilengkapi kamera depan berkekuatan 5 MP.

Pilihan paling pas untuk ponsel premium dengan dukungan kamera belakang terbaik adalah Sony Xperia Z5 Premium E6853, mengingat kamera dari ponsel Sony memang terkenal karena kualitasnya yang canggih, serta modul kameranya pun digunakan oleh vendor lain.

Untuk Xperia Z5 Premium E6853, kamera belakangnya hadir dengan sensor berukuran 23 MP, dilengkapi LED flash, phase detection autofocus, aperture f/2.0, tidak hanya bisa menangkap gambar dengan kualitas tajam dan jernih, melainkan dipakai untuk merekam video beresolusi 2160p@30fps. Untuk harganya, smartphone satu ini dibandrol mulai Rp 7.388.000

Sementara untuk kamera depan, pilihan jatuh pada ponsel OPPO F1 Plus. Perangkat yang dijuluki “Selfie Expert” ini merupakan salah satu produk ponsel premium OPPO, hadir dengan dukungan kamera depan berkekuatan 16 MP, ditambah fitur aperture f/2.0, 1/3.1" sensor size dan kemampuan merekam video beresolusi 1080p.

Melalui resolusi kamera depan yang tinggi, tentu saja kamu bisa menangkap gambar selfie dengan kualitas yang sangat detail. Mengenai harganya, ponsel premium ini dibandrol mulai Rp 4.750.000 saja.

Berdasarkan Memori Internal

Tak kalah penting, dukungan memori internal pada ponsel harus menjadi pertimbangan. Pasalnya, kamu yang sudah mengeluarkan budget tinggi akan lebih baik tidak mengeluarkan dana tambahan untuk membeli kartu microSD.

Melalui adanya dukungan memori internal berkapasitas lega, kamu bisa leluasa menyimpan berbagai macam file seperti video atau game ke dalam ponsel. Selain itu, kamu pun bisa melakukan instalasi banyak aplikasi pada ponsel yang digunakan.

Rata-rata, ponsel premium yang ada di pasaran sudah dilengkapi dukungan kapasitas memori internal besar, minimal 16 GB. Akan tetapi, yang paling menarik adalah melirik ponsel dengan dukungan memori internal terbesar, yakni Huawei Mate S.

Dirilis akhir tahun 2015, ponsel satu ini menawarkan memori internal berkapasitas 128 GB. Tentu saja, kapasitas tersebut sangat memadai untuk menangani berbagai kebutuhan penyimpanan data. Soal harga, ponsel satu ini dibandrol mulai Rp 11.899.000.

 

Sementara itu, pilihan lainnya adalah iPhone 6S Plus yang juga memiliki varian memori berkapasitas 128 GB. Dijual dengan bandrol mulai termurah Rp 9.799.000, sangat sayang kalau ponsel ini tidak bisa ditambahkan memori eksternal seperti Huawei Mate S.

Berdasarkan RAM

Memori internal difungsikan untuk keperluan penyimpanan data, termasuk menyimpan file system, aplikasi dan cache. Sementara itu, RAM memiliki fungsi untuk mempercepat kinerja ponsel, tentu saja dengan ukuran RAM besar membuat ponsel bisa bekerja dengan lebih cepat.

Untuk kategori ponsel premium, ada banyak pilihan ponsel dengan dukungan RAM besar, salah satunya HTC 10 yang memiliki RAM berukuran 4GB. Di pasaran, ponsel satu ini dijual dengan harga mulai Rp 8.450.000 saja.

Selanjutnya, kamu bisa melirik LG V10 yang juga dilengkapi dukuran RAM 4 GB. Dipadukan dengan memori internal berkapasitas 16 GB, LG V10 dibandrol dengan harga termurah Rp 7.500.000.

Berdasarkan Tahun Pembuatan

Tahun pembuatan ponsel jangan sampai luput dari perhatian, karena berdampak penggunaan spesifikasi seperti fitur dan prosesor, serta kemampuan yang mulai ketinggalan jaman. Selain itu, kamu pun sebaiknya menghindari ponsel yang produksinya sudah terlalu lama karena bisa saja garansi yang ada sudah habis mengingat produk tersebut sudah berhenti diproduksi oleh vendor.

Nah, salah satu pilihan ponsel yang masih segar memasukin pasar Indonesia adalah Samsung Galaxy S7, pertama kali diperkenalkan di dunia awal tahun 2016 lalu. Di pasaran, ponsel satu ini dibandrol mulai Rp 7.850.000 untuk varian 32 GB.

Gunakan fitur filter yang ada di Pricebook.co.id

Untuk menentukan handphone berdasarkan prioritas seperti di atas, kamu bisa menggunakan fitur filter yang ada di Pricebook.co.id. Melalui penggunaan fitur filter, kamu bisa menghemat banyak waktu tanpa harus melihat satu persatu spesifikasi ponsel yang diinginkan.

Daftar handphone dua jutaan berdasarkan merek dan tipe

Xiaomi memang identik dengan produk ponsel murah. Akan tetapi, Xiaomi pun menawarkan beberapa ponsel premium dengan harga di atas Rp 4 juta.  Nah, apa saja produk yang bisa kamu lirik?

Harga Rp 5 – 6.9 juta Produk Harga Diatas 7 Juta Produk
Rp 5.200.000 Xiaomi Mi5 64GB    
Rp 6.820.000 Xiaomi Mi5 Pro    

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016

Digemari banyak pengguna ponsel karena kualitas dan pelayanan harga, Samsung menjadi produsen yang konsisten mengeluarkan ponsel untuk kalangan atas. Nah, apa saja produk ponsel premium dari Samsung yang bisa kamu lirik?

Harga Rp 5 – 6.9 juta Produk Harga Diatas 7 Juta Produk
Rp 5.050.000 Samsung Galaxy Note 4 Duos SM-N9100 Rp 7.300.000 Samsung Galaxy S6 Edge SM-G925F 32GB
Rp 5.050.000 Samsung Galaxy Note 3 32GB 3G Dual N9002 Rp 7.755.600 Samsung Galaxy Note 5 N920 32GB
Rp  6,550,000 Samsung Galaxy S6 Duos SM-G9200 32GB Rp 7.850.000 Samsung Galaxy S7 G930FD 32GB
Rp  6,650,000 Samsung Galaxy A9 Pro (2016) Rp 8.150.000 Samsung Galaxy Note 5 N920 64GB
Rp 6.850.000 Samsung Galaxy S6 SM-G920F 32GB Rp 8.502.500 Samsung Galaxy S7 Edge G935FD 32GB

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016.  

Sony Xperia Z series merupakan ponsel lini premium yang diproduksi oleh perusahaan asal Jepang ini. Dari sekian banyak koleksi ponsel Sony yang masuk pasar Indonesia, inilah beberapa produk terbaik yang pantas kamu pertimbangkan.

Harga Rp 5 – 6.9 juta Produk Harga Diatas 7 Juta Produk
Rp 5.099.999 Sony Xperia Z3 Compact D5803 Rp 7.000.000 Sony Xperia X
Rp 5.150.000 Sony Xperia Z3+ E6553 Rp 7.000.000 Sony Xperia Z5 Premium Dual E6883
Rp  5,275,000 Sony Xperia Z5 Compact Premium Rp 7.388.000 Sony Xperia Z5 Premium E6853
Rp  6,150,000 Sony Xperia Z5 Dual E6683    
Rp 6.920.000 Sony Xperia Z5 E6653    

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016.

Menjadi kompetitor kuat Samsung, merek LG konsisten mengeluarkan ponsel premium setiap tahunnya. Dengan kualitas ponsel terbaik serta layanan purna jual yang memuaskan, beberapa seri ponsel LG di bawah ini kami rekomendasikan untuk kamu:

Harga Rp 5 – 6.9 juta Produk Harga Diatas 7 Juta Produk
Rp 5.00.0000 LG G4 H815 Rp 7.400.000 LG G5 H850
Rp 5.099.000 LG G4 Dual H818P Rp 7.219.000 LG G5 SE
    Rp 7.500.000 LG V10
    Rp 8.800.000 LG G5 Dual H850

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016

Apple iPhone memang identik dengan ponsel mewah. Nah, koleksi iPhone dibawah ini dijual dengan harga diatas Rp 5 juta mengingat produksinya yang lebih baru, didalamnya mendapatkan dukungan spesifikasi tinggi untuk menunjang produktivitas penggunannya.

Harga Rp 5 – 6.9 juta Produk Harga Diatas 7 Juta Produk
Rp 5.899.000 Apple iPhone 6 16GB Rp 7.099.000 Apple iPhone 6 128GB
Rp 6.198.000 Apple iPhone SE 16GB  Rp 7.300.000  Apple iPhone 64GB
Rp 6.400.000 Apple iPhone 6 64GB  Rp 7.358.000  Apple iPhone 6 Plus 64GB
Rp 6.697.000 Apple iPhone 6 Plus 16GB  Rp 8.039.000  Apple iPhone 6s 16GB
     Rp 10.900.000  Apple iPhone 6s Plus 64GB

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016

Selain menyasar kalangan menengah, Huawei juga memproduksi beberapa ponsel premium untuk kalangan atas di Indonesia. Diantara banyaknya ponsel merek Huawei yang dijual di tanah air, ini dia produk ponsel premium yang Pricebook rekomendasikan untuk kamu.

Harga Rp 5 – 6.9 juta Produk Harga Diatas 7 Juta Produk
Rp 5.299.000 Huawei Honor 7 Rp 7.200.000 Huawei P9 RAM 3GB ROM 32GB
Rp 5.310.000 Huawei G7 Plus  Rp 7.690.000  Huawei Mate S 32GB
Rp 5.400.000 Huawei P8 16GB  Rp 8.500.000 Huawei Mate 8 RAM 4GB ROM 64GB
Rp 6.035.000 Huawei Ascend Mate 7 16GB  Rp 8.600.000 Huawei Nexus 6P 128GB
Rp 6.690.000 Huawei P8 64GB  Rp 11.899.000 Huawei Mate S 128GB

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016

Sekalipun keberadaannya tidak begitu populer di Indonesia, namun produk ponsel buatan HTC sangat menarik untuk dilirik, terlebih ponsel kelas premium yang dikeluarkannya. Di bawah ini, kami merekomendasikan beberapa ponsel merek HTC untuk kamu.

Harga Rp 5 – 6.9 juta Produk Harga Diatas 7 Juta Produk
Rp 5.400.000 HTC One M8 Rp 8.450.000 HTC 10
Rp 6.080.000 HTC One M9+  Rp 8.950.000  HTC One M9+ Supreme Camera
Rp 6.490.000 HTC One M9 32GB    
Rp 6.593.000 HTC One A9 RAM 3GB ROM 32GB    

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 9 Agustus 2016

Semua informasi dan tips diatas bisa kamu lakukan saat ingin membeli ponsel premium. Mengenai harga, kamu pun bisa melakukan perbandingan dengan memanfaatkan tools yang ada di Pricebook, memilih yang terbaik dan menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhan.

Setiap minggunya, kami akan terus memberikan update terbaru untuk kamu. Jangan lupa share artikel ini ke teman dan lainnya, ya!

Baca juga artikel:
Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Dua Jutaan Sesuai Keinginan
Tips Membeli Laptop Bekas yang Murah dan Berkualitas
6 Tips Untuk Samsung Galaxy S7 Agar Kinerjanya Lebih Efisien

Artikel Lainnya

Komentar