Tips Bagi Orang Tua Terkait Populernya Game Pokemon Go

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 26 Jul 2016 | 10:03

Beberapa waktu lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa game itu secara prinsip bersikap netral. Seperti api, bisa membakar dan bisa buat menghangatkan tubuh. Tanggapan tersebut disampaikan beliau saat topik tentang video game yang dianggap mengganggu perkembangan anak sedang hangat diperbincangkan. Pasalnya masih banyak orang tua mengecap video game yang tidak cocok untuk perkembangan mental maupun fisik sang anak. Apalagi, baru-baru ini Indonesia sedang ramai game baru, Pokemon Go.

Berikut ini Pricebook sajikan tips bagi orang tua dalam menyikapi fonomena game Pokemon Go bagi anak-anak.

Pegang kendali

Perkembangan teknologi yang pesat seperti hadirnya game Pokemon Go dengan teknologi AR, membuat gamer khususnya anak-anak mendapat game yang kian seru dan berbeda. Situasi ini, membuat banyak orang kecanduan karena game ini mengharuskan pemainnya untuk berburu Pokemon di dunia nyata. Padahal, berburu Pokemon tidak mudah bahkan bisa membahayakan karena Pokemon bisa muncul di tempat-tempat berbahaya.

Untuk itu, orang tua harus bisa mengendalikan anak untuk membendung pengaruh buruk game. Kendali yang dimaksud bukanlah melarang untuk bermain, namun tetap membiarkan mereka anak-anak bermain dalam pengawasan dan sepengetahuan orang tua agar berburu Pokemon tetap aman. Orang tua hendaknya bisa menemani anak-anak bermain dan memberi tahu tempat mana saja yang boleh dan tidak boleh didatangi saat berburu Pokemon.

Selalu damping anak bermain

Seperti yang diungkapkan diatas, Game Pokemon Go mengharuskan pemain untuk berburu Pokemon di berbagai tempat. Maka selalu damping anak saat bermain. Kalau perlu, orang tua juga harus memberikan pengertian saat anak-anak berburu Pokemon dan menemukan sesuatu yang aneh. Bila ada konten yang berbahaya, orang tua juga bisa menjelaskan agar anak tidak meniru konten berbahaya.

Orang tua wajib mencari informasi game yang sedang dimainkan

Tips bagi orang tua dalam menyikapi game Pokemon go, tentu orang tua wajib mencari tahu tentang game buatan Nintendo ini. Hal ini penting agar orang tua bisa memahami apa yang sedang dikerjakan anaknya dan bisa menjadi dasar saat mengambil sebuah keputusan.

Pererat komunikasi dengan anak

Komunikasi merupakan hal yang cukup penting agar orang tua dapat mengendalikan anak agar tidak kecanduan game Pokemon Go.  Maka, saat berburu Pokemon mendampingi sang anak, orang tua bisa saling berbicara hingga membicarakan segala unek-unek. Dengan mengobrol bersama anak, menunjukkan bahwa orang tua peduli dan menghargai anak.

Baca juga artikel:
Cara Main Pokemon Go Biar Selamat dan Terhindar Penipuan
Kelakuan Kamu yang Berubah Sejak Main Pokemon Go
Berbagai Masalah dan Solusinya Ketika Main Pokemon Go

Artikel Lainnya

Komentar