Tips Membeli Laptop Bekas yang Murah dan Berkualitas

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 21 Jul 2016 | 12:29

Laptop bisa dibilang menjadi salah satu perangkat yang cukup penting dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan perlahan Laptop mulai menggantikan fungsi komputer baik untuk bekerja hingga bermain game. Hal ini bisa terwujud karena laptop menawarkan mobilitas tinggi dengan spesifikasi nyaris mendekati komputer.

Tentu semakin tinggi spesifikasi sebuah laptop, semakin mahal pula harganya. Karena itu, banyak orang memilih membeli laptop bekas dengan spesifikasi tinggi untuk menghemat biaya. Namun, kamu harus jeli dalam membeli laptop bekas agar bisa menemukan perangkat yang murah dan berkualitas.

Beli dari tempat terpercaya

Tips membeli laptop bekas yang murah dan berkualitas ialah belilah laptop di tempat yang bisa dipercaya. Kamu bisa mulai membeli laptop dari teman – teman sendiri dulu. Bisa jadi diantara temanmu ada yang menjual laptop dengan harga miring dan kualitasnya cukup terawat. Kamu juga bisa membeli laptop di toko laptop hingga forum jual beli online yang jelas menampilkan spesifikasi dan harga.

Gunakan sistem COD

Sebaiknya gunakan sistem pembayaran COD atau Cash on Delivery. Sistem pembayaran di tempat merupakan cara paling aman dalam jual beli barang apalagi bila membeli laptop bekas secara online. Saat COD kamu juga bisa mencoba langsung performa laptop incaranmu.

Cari laptop dengan masa pakai kurang 1 tahun

Perlu diperhatikan makin lama masa pakai laptop, makin murah pula harga laptop bekas tersebut. Apalagi, laptop yang masa pakainya sudah terlalu lama bisa saja mengalami kerusakan dan menurun performanya. Maka dalam membeli laptop bekas yang murah nan berkualitas kamu bisa cari laptop dengan masa pakai dibawah 1 tahun. Masa pakai yang masih baru, biasanya masih dilindungi garansi dan masih cukup terjamin dalam hal kualitas dan performa.

Cek spesifikasi laptop dengan teliti

Saat mengecek laptop bekas, pastikan kamu memeriksa apakah spesifikasinya sesuai dengan ang disebutkan penjual atau toko. Kamu bisa melihat ini di bagian setting, atau buka command run (tekan tombol start + R di Keyboard), ketik dxdiag, lalu tekan enter.

Periksa semua kondisi laptop

Kamu juga harus memeriksa kondisi laptop bekas, baik dari sisi bodi hingga harddisk. Periksa juga keyboard dan mousepad hingga fitur wifi, port USB dan webcam.

Baca juga artikel:
Tips Membeli Smartphone untuk Fotografi dan Berbagai Pilihan Aksesoris
Kumpulan Tips Mudah Untuk Smartphone dan Laptop
Tips Sederhana Mendinginkan Mesin Notebook dan Laptop

Artikel Lainnya

Komentar