Berbagai Masalah dan Solusinya Ketika Main Pokemon Go

Oleh Ardiansyah Hana on Jumat, 15 Jul 2016 | 10:57

Semua orang kecanduan Pokemon Go. Saat memainkannya, terkadang muncul permasalahan yang cukup mengganggu. Kamu mengalaminya?

Untuk membantuk kamu mengatasi masalah yang terjadi saat menjalankan Pokemon Go, di bawah ini terdapat beberapa permasalahan yang kerap muncul, serta langkah apa saja yang dilakukan untuk mengatasinya. Mari kita simak apa saja itu!

Masalah “Unable to Authenticate”

Permasalahan unable to authenticate seringkali muncul saat pengguna login menggunakan Pokemon Trainer Club, dimana server tidak mengenali akun tersebut. Tenang saja. Jika kamu mengalami hal ini, bukan berarti kamu terkena banned. Permasalahan ini muncul karena server kelebihan beban karena banyaknya user yang login di waktu bersamaan.

Untuk mengatasinya, kamu diharuskan menunggu dan mencobanya di lain waktu. Selain itu, kamu pun bisa login menggunakan akun Google yang bisa dibilang jauh lebih jarang mengalami permasalahan ketimbang pengguna yang login dengan Pokemon Trainer Club.

Update Server Lambat

Masalah lainnya saat update server yang memakan waktu sangat lama. Perlu kamu ketahui, game satu ini sangatlah mengandalkan server. Masalah ini memang tidak bisa kamu perbaiki sendiri. Namun kamu bisa mencoba restart ponsel kamu dan mencobanya lagi. Diharapkan, Niantic segera memperbaiki hal ini agar semua pengguna merasa nyaman.

Baterai Boros

 

Pokemon Go bekerja menggunakan banyak fitur di dalam ponsel, mulai dari kamera, GPS, data seluler dan penggunaan notifikasi. Maka dari itu, tak heran rasanya jika baterai ponsel kamu lebih cepat habis saat memainkannya.

Agar kamu bisa memainkan Pokemon Go dalam waktu lama, kamu bisa melakukan tips seperti menurunkan tingkat brightness, volume suara dan menutup aplikasi lain yang tidak dipakai untuk melegakan RAM. Saat keluar rumah, pastikan juga bahwa baterai kamu sudah terisi 100%.

Kesulitan Download

Game satu ini memang baru tersedia untuk pengguna yang berada di Amerika Serikat, Selandia Baru, Jepang dan Australia. Namun, bagaimana dengan pengguna di Indonesia?

Asalkan kamu memiliki ponsel yang berjalan pada OS Android 4.4 KitKat atau iOS 8.2, kamu bisa mengunduh game ini dan memainkannya. Untuk caranya, kamu bisa membuka artikel cara download Pokemon Go Indonesia.

Pesan “You already own this item”

Masalah ini kerap muncul pada pengguna Android. Saat ponsel tidak terhubung pada jaringan internet yang stabil, pesan “You already own this item” akan muncul saat membeli PokeCoins dari toko.

Jika mengalaminya, silahkan tutup aplikasi dan membukanya lagi. Kamu juga bisa restart ponsel kamu dan mencobanya saat akses internet berjalan lancar.

Masalah Audio

Permasalahan audio pun sering muncul dimana suara yang dihasilkan menjadi terdistorsi atau tertunda tanpa pemberitahuan apapun. Sekalipun Niantic masih bekerja untuk memecahkan masalah ini, namun Niantic memberikan konfirmasi bahwa masalah ini muncul jika pengguna menyalakan fitur Bluetooth. Untuk itu, cobalah untuk mematikan Bluetooth pada ponsel. Jika masih terjadi, silahkan restart ponsel.

Bugs Gameplay

Nintendo Go juga memiliki bugs gameplay yang sangat menyebalkan. Pertama, pengguna yang berada di kawasan tertentu kadang-kadang mendapatkan notifikasi bahwa Pokemon belum tersedia di wilayah mereka. Untuk menanggulanginya, kamu bisa menguninstall game, kemudian mengunduhnya kembali.

Yang terburuk, banyak pula pengguna yang melaporkan bahwa level mereka menghilang. Jika mengalami hal ini, kamu bisa restart ponsel atau uninstall aplikasi. Dilaporkan Morningledger, Niantic sedang serius mengatasi hal ini. Maka kita tunggu saja updatenya!

GPS Tidak Akurat

Permasalahan GPS tidak akurat seringkali dikeluhkan pengguna Android. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengatur GPS pada akurasi tertinggi dan mencari sinyal kuat di lingkungan sekitar. Tentu saja, tanpa fitur GPS maka game ini tidak bisa kamu mainkan.

Masalah keamanan di jalan

Game ini mengharuskan kamu untuk mengeksplorasi lingkungan agar bisa menangkap semua Pokemon yang bersembunyi di berbagai tempat. Saat memainkannya, maka kamu pun akan fokus paa layar ponsel, hanya melihat peta permainan untuk navigasi jalan.

Tentu saja, kamu harus selalu berhati-hati saat memainkannya. Terlebih, anak dibawah umur yang perlu dilakukan pengawasan. Selain itu, kamu pun harus berhati-hati untuk selalu menjaga properti publik, tidak memanjat dan memasuki tempat yang dilarang untuk dimasuki, dan berhati-hati terhadap tindak kejahatan yang terjadi di jalanan.

Nah, permasalahan diatas seringkali muncul saat memainkan Pokemon Go. Kamu mengalami salah satunya? Semoga bisa teratasi, ya!

Baca juga artikel:
Main Pokemon GO di ASUS Zenfone dan Smartphone Intel? Sekarang Sudah Bisa!
Daftar Reward Naik Level, Cara Menetaskan Eggs dan Tingkatkan Level Trainer Pokemon Go
Cara Download Pokemon Go di Android dan iOS untuk Pengguna Indonesia

Artikel Lainnya

Komentar

marshell 07 September 2016 - 15:39
thx infonya