Solusi Permasalahan Lokasi (GPS) Pokemon Go di Perangkat Android

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 05 Okt 2016 | 16:45

Pokemon Go, permainan augmented reality buatan Nintendo dan Niantic Inc yang sedang menjadi primadona. Pokemon Go sangatlah menarik untuk dimainkan, karena selain gratis, pengguna akan merasakan pengalaman yang lebih nyata saat memainkan game di di lingkungan rumah

Guna memaksimalkan cara kerja dari permainan augmented reality ini, Pokemon Go memanfaatkan fitur lokasi atau GPS pada smartphone.

Akan tetapi, ketersediaannya yang terbatas di beberapa negara membuat pengguna global yang memainkan game ini akan mendapatkan sejumlah permasalahan, salah satunya lokasi.

Untuk kamu yang mendapatkan masalah “GPS signal not found” saat memainkan Pokemon Go, kamu bisa menyimak solusi untuk untuk pengguna smartphone berbasis Android KitKat sampai dengan Android Marshmallow yang dilansir dari Bnwtech berikut ini.

Solusi untuk Android KitKat, Lollipop dan Marshmallow

Saat pertama kali memasang Pokemon Go, kamu diharuskan untuk menyalakan GPS dan mengatur GPS ke pilihan High Accuracy. Jika setelah mengaktifkan keduanya kamu menemukan masalah GPS signal not found, kamu perlu mengklik turn off mock location yang berada di pengaturan developer. Setelah klik turn off mock location, tutup game Pokemon Go. Seharusnya, masalah ini sudah tuntas kamu selesaikan.

Bagaimana cara mengakses pengaturan developer pada smartphone? Pertama, kamu bisa masuk ke pengaturan, klik about dan pilih software information. Di menu tersebut, silahkan klik berulang kali pada build number untuk memunculkan pengaturan developer.

Jika masalah di atas belum bisa teratasi, kamu bisa mencoba memainkannya dengan mengatur GPS berdasarkan jaringan WiFi. Jangan lupa untuk mengecek pembaharuan software secara berkala dan mengupdate Google Maps ke versi terbaru.

Cara di atas berlaku juga untuk pengguna smartphone berbasis Android Lollipop dan Marshmallow. Tambahan untuk kamu pengguna Android Marshmallow, kamu bisa mengunduh aplikasi bernama GPS Status & Toolbox melalui Google Play Store.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, pastikan bahwa smartphone tersebut sudah menginstall Google Maps versi terbaru, kemudian biarkan kedua aplikasi ini berjalan di backgroud selama kamu memainkan Pokemon Go.

Melalui tips di atas, permasalahan lokasi saat memainkan Pokemon Go bisa kamu atasi dengan mudah. So, sekarang kamu pun siap memainkan game berbasis augmented reality ini dengan leluasa.

Baca juga artikel:
Game Pokemon Go Resmi Dirilis Untuk Android dan iOS
8 Fitur Baru Android Nougat, Sistem Paling Baru dari Google
Game Warung Chain, Masakan Warteg yang Laris di Android dan iOS

Artikel Lainnya

Komentar