Tips Main Pokemon Go Biar Cepat Naik Level dan Banyak Tangkapan Pokemon

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 11 Agu 2016 | 10:36

Pokemon Go, game baru yang lagi tren dimainkan oleh pengguna smartphone. Game yang sudah terdengar gaungnya sejak tahun lalu ini sangatlah menarik karena menjadi salah satu permainan augmented reality.

Melalui game augmented reality, Pokemon Go, pengguna akan merasakan pengalaman nyata karena mengharuskan pemain tersebut keluar rumah, kemudian mengeksplorasi lingkungan sekitar untuk menangkap Pokemon.

Dikembangkan oleh Pokemon Company yang bekerja sama dengan Niantic Labs dan Nintendo, game satu ini cukup menyerupai dengan game populer Ingress yang juga berbasis augmented reality. Nah, untuk kamu yang penasaran memainkannya, yuk simak cara memainkan Pokemon Go seperti yang dilansir dari berbagai sumber. 

Cara Memainkan Pokemon Go

Secara umum, Pokemon Go mengharuskan pemain untuk menangkap Pokemon tersembunyi di berbagai lokasi yang ada di dunia nyata. Nantinya, pemain bisa membeli beberapa item berbayar (in app purchase) untuk mempercepat pengembangan Pokemon milik pengguna.

Mengenai objek, Pokemon sendiri menempati lokasi tersendiri di dunia nyata. Untuk mengetahuinya, pemain harus meninggalkan rumah untuk mendatangi lokasi spesifik. Sementara itu, kamu bisa menggunakan layar smartphone sebagai viewfinder dari kamera.

Pada layar, pengguna akan melihat beragam animasi dan objek 3D berupa monster Pokemon. Nantinya, kamu akan berperan sebagai Trainer yang memiliki tugas untuk menangkap Pokemon sebanyak mungkin.

Berbagai monster Pokemon sendiri bisa kamu temukan di beberapa area geografi di dunia. Jika pemain pergi ke daerah perairan misalnya, dimana kamu bisa menemukan Pokemon berjenis air, kemudian melatih tangkapan Pokemon tersebut agar semakin kuat.

Untuk melatih Pokemon yang kamu tangkap, tentu saja level yang kamu mainkan perlu ditingkatkan. Tak kalah penting, pemain pun bisa barter Pokemon dengan pemain lain, serta mengajak Pokemon berkompetisi dengan bertarung.

Tips main Pokemon biar cepat naik level dan banyak tangkapan Pokemon

Sudah mendapatkan file APK Pokemon Go? Sekarang, waktunya kamu memainkan game yang lagi tren ini. Namun sebelum itu, sebaiknya kamu menyimak tips dan trik di bawah ini agar bisa memainkannya secara maksimal. Apa saja triknya?

Mengenal Tipe Pokemon

Untuk kamu yang pernah memainkan serial Pokemon, tentu saja 18 tipe Pokemon yang ada sudah cukup familiar. Dari berbagai jenis Pokemon yang ada, semuanya memiliki kekutan dan kelemahan saat melawan tipe lainnya, seperti Pokemon tipe Grass yang unggul jika melawan Pokemon tipe Water atau Pokemon tipe Water yang unggul jika melawan Pokemon tipe Fire.

Tangkap Semua Pokemon!

Kamu mungkin memiliki pilihan sendiri saat menemui Pokemon yang ingin ditangkap. Namun jika kamu memutuskan hal tersebut, kamu menghilangkan kesempatan untuk mendapatkan point XP yang diperoleh saat menangkap Pokemon, bonus XP untuk tipe Pokemon yang belum pernah dimiliki dan Candy yang diperoleh setiap berhasil menangkap Pokemon dan bisa dipakai untuk memperkuat Pokemon dan berevolusi.

Baca Juga Ini Cara mudah deteksi Pokemon di sekitar kita!

Ketahui Candy yang Dibutuhkan

Setiap tipe Pokemon membutuhkan jumlah Candy berbeda saat berevolusi. Misalnya Bulbasaur yang memerlukan 25 Candy saat berevolusi menjadi Ivysaur, Caterpie yang memerlukan 12 Candy untuk berubah menjadi Metapod dan 400 Candy untuk Metapod yang ingin berevolusi menjadi Butterfree.

Datangi PokeStop

PokeStop merupakan tempat yang bisa kamu pakai untuk memperoleh berbagai item seperti PokeBalls, berfungsi untuk menangkap Pokemon. Jika item tersebut habis, tentu saja kamu tak bisa menangkap lagi. Untuk itu, agar stok PokeBalls tidak kehabisan, kamu bisa mengunjungi PokeStop yang ada di tempat-tempat bersejarah, monumen dan tempat seni publik.

Bijak Menggunakan MasterBalls

Master Ball merupakan jenis PokeBalls terkuat dan keberadaannya langka di Pokemon Go. Untuk itu, bijaklah dalam menggunakan MasterBalls, hindari memakainya saat ingin menangkap Pokemon biasa dan gunakan hanya untuk menangkap Pokemon Legendary dan Mythical.

Semakin kamu jauh memainkan Pokemon Go, Pokemon kuat dan langka akan sulit ditemukan. Selain itu, kamu pun akan sulit menangkapnya dengan PokeBalls biasa sehingga keberadaan MasterBalls ini sangatlah penting.

Spin Pokeball

Kalian bisa melakukan Spin pada poke ball kalian untuk mendapatkan lemparan yang bagus.

Gunakan Ultra Ball

Ketika kalian berhasil mendapatkan level baru, maka kalian langsung bisa menggunakan razz berries dan Ultra atau Master Ball untuk meningkatkan kesempatan kalian.

Gunakan Incense

Jika kalian ingin mendapatkan Pokemon tanpa harus berjalan jauh, kalian tinggal diam ditempat dan gunakan incense dan Pokemon akan datang ke kalian.

Evolusi

Sebagian banyak Pokemon yang kamu pelihara dan telah melakukan evolusi akan mendapatkan Combat Power lebih besar ketimbang dengan Pokemon Wild dengan jenis yang sama. So, alangkah lebih baiknya jika kamu memelihara Pokemon sedari kecil dan membantunya berevolusi ke tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan menangkap Pokemon liar yang ada di tingkat evolusi tinggi.

Temui Trainer Lain dan Tingkatkan Level

Kamu bisa bertemu dengan trainer Pokemon lain untuk berbagi informasi, bertukar Pokemon, membuat pertahanan gym dan keperluan lainnya. Sekalipun Pokemon Go bisa dimainkan seorang diri, alangkah baiknya jika kamu belajar dari trainer lain dengan mengunjunginya.

Setiap kamu menangkap Pokemon, kamu pun berkesempatan untuk memperoleh EXP yang bisa menaikan level trainer. So, teruslah mengangkap Pokemon agar level trainer semain tinggi, membuatmu berkesempatan memperoleh item yang lebih bagus salah satunya GreatBalls.

Transfer Pokemon yang Tidak Dibutuhkan

Pokemon yang kamu miliki bisa di transfer ke Prosesor Willow. Sebagai gantinya, setiap Pokemon yang kamu transfer akan ditukarkan dengan Candy, tentu saja berguna jika kamu memiliki Pokomen berjenis sama dengan jumlah banyak.

Sebelum melakukan transfer Pokemon, sebaiknya kamu bandingkan stat Pokemon yang sama tersebut, dimana kamu bisa melihatnya dari Combat Power atau kemampuan attack, kemudian menukarkan Pokemon dengan kemampuan terlemah.

Selalu Perhatikan Maps

Saat bermain, map  yang diperlihatkan Pokemon Go mengambil data map dari tempat asli kamu. Untuk itu, lihatlah selalu map tersebut dengan baik karena Pokemon bisa bersembunyi di tempat paling dekat dengan kamu.

Gunakan Custom Maps

Maps Pokemon menggunakan lokasi nyata untuk menunjukan PokeStop dan gym. Namun, fitur ini seringkali menyulitkan pengguna, terutama pemula, membuat pengguna tersebut merasa kesulitan untuk memulai permainan.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan custom map khusus Pokemon Go yang bisa diaskes di sini. Custom map yang dibuat oleh pada fans ini akan memudahkan kamu dalam memainkannya, diadopsi dari Google Maps untuk menunjukan lebih dari 600 PokeStop berbeda dan lokasi gym Pokemon yang ada di seluruh negeri.

Kuasai Gym Pokemon Dengan Cepat

Gym Pokemon Go

Untuk menguasai Gym di Pokemon Go, kalian harus memenuhi 2 syarat yaitu akun kalian harus sudah mencapai level 5 dan kalian harus berada dekat dengan lokasi Gym tersebut. Dalam peta Pokemon Go sendiri, Gym mempunyai tampilan seperti menara yang tinggi dibanding dengan Pokestop.

Untuk menguasai Gym ada 2 cara, pertama bisa langsung masuk ke Gym jika warna Gym tersebut putih yang artinya Gym tersebut belum ada yang menguasainya. Kedua adalah dengan cara bertarung dengan penguasa Gym tersebut. Jika kalian bisa menguasai Gym tersebut maka kalian bisa mendapatkan Pokecoin dan Stardust lho.

Deteksi Pokemon di Sekitar Kita

Ketika kita pertama kali menjalankan game ini, tentu saja kita akan mendapati kotak berwarna abu - abu dibagian bawah kanan layar. Di dalam kotak tersebut mungkin terdapat sebuah gambar pokemon. Disini itu berarti menandakan bahwa ada pokemon yang sesuai dengan gambar tersebut di sekitar kita. Tentu saja, untuk mendapatkannya, kita harus berjalan di sekeliling kita untuk mendapatkan pokemon tersebut. Lalu mengapa muncul Cincin radar?

Cincin radar tersebut menandakan bahwa ada pokemon yang bisa kita tangkap dalam jangkauan kita, dalam artian kita bisa melihat pokemon tersebut dan menangkapnya. Tentu saja, Pokemon tersebut pasti sama dengan yang ada di dalam kotak abu - abu tadi.

Pahami Pokemon Yang Langka

Tetap Berhati-hati Memainkan Pokemon Go

Memainkan game ini, kamu dituntut untuk menjelajahi dunia nyata agar bisa menangkap Pokemon yang berkeliaran di lingkungan sekitar. Akan tetapi, kamu harus berhati-hati dengan memperhatikan situasi di lingkungan sekitar agar tidak membahayakan keselamatan diri.

Kabar terbaru datang dari O'Fallon Police Department Missouri yang menyebutkan bahwa sekelompok pemain Pokemon Go dirampok di bawah todongan Module Lure untuk menarik mereka ke PokeStop terdekat untuk merampoknya. So, ada baiknya kamu berhati-hati saat memainkan Pokemon dengan lure moduls, terlebih saat mendatangi lokasi asing.

Trik di atas bisa kamu lakukan untuk menambah keseruan saat memainkan game Pokemon Go. So, tidak ada salahnya merasakan pengalaman menjalankan permainan augmented reality dengan mengunduhnya sekarang juga. 

Jangan lupa untuk selalu update Pokemon Go untuk menikmati feature-feature terbaru dari Pokemon Go.

Baca juga artikel:
Update Pokemon Go Terbaru Hadirkan Beberapa Fitur Baru
Niantic Akan Matikan Aplikasi Pokemon Go Tracker
Server Pokemon Go Down? Cek Status Servernya dengan Cara ini!

Artikel Lainnya

Komentar