Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone 4G LTE Smartfren Sesuai Kebutuhan

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 02 Agu 2016 | 14:03

Dulu, budget minim hanya bisa dipakai untuk membeli ponsel dengan spesifikasi ala kadarnya. Sekarang, budget terbatas sangat memungkinkan kamu untuk membeli ponsel berkualitas, baik dari segi spesifikasi maupun desain.

Salah satu produk yang bisa kamu beli adalah rangkaian ponsel 4G LTE Smartfren. Selain didukung dengan jaringan internet kuat, produk ponsel yang dikeluarkan operator CDMA ini mempunyai kualitas yang baik sehingga sangat layak untuk dimiliki.

Namun, sebelum kamu membeli salah satu produk ponsel 4G LTE Smartfren, mari kita simak dulu ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Jaringan 4G LTE Smartfren

4G LTE merupakan teknologi komunikasi mobile internet generasi keempat. Yang berbeda dengan jaringan 3G tentu saja soal kecepatan. Sekarang, kamu bisa mendownload sebuah file dengan kecepatan 185 Mbps dan mengupload file dengan kecepatan 41 Mbps. Selain itu, jaringan 4G LTE pun menghadirkan solusi IP yang baik, dimana data, suara dan multimedia bisa didapatkan dengan sangat cepat oleh pemakainya.

Sementara itu, Smartfren sendiri menggunakan teknologi 4G LTE Advanced yang diklaim memiliki jaringan yang luas, memungkinkan pengguna dapat menggunakan koneksi mobile internet dengan lebih cepat dan stabil di Indonesia. Yang berbeda, 4G LTE dari Smartfren ini memiliki cakupan (FDD/Frequency Division Duplex) dan kapasitas bandwidth (TDD/Time Division Duplex).

Hal tersebut berbeda dengan operator GSM di Indonesia yang menggunakan Time Division Duple saja. Tentu saja, cakupan pada 4G LTE Smartfren ini lebih besar ketimbang operator lain, membuat koneksi data lebih optimal, cepat dan stabil.

Selain itu, teknologi 4G LTE dari Smartfren pun dijalankan pada dua kanal dengan frekuensi berbeda, berbeda dengan operator seluler lain. 4G LTE Advanced yang bisa disebut dengan Carrier Aggregation (CA) ini menggabungkan frekuensi 2300 MHz dan 850 MHz, membuat satu perangkat bisa memperoleh kecepatan dua kali lipat dalam satu waktu, sekaligus jauh lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 3G atau EVDO.

Jangkauan Area 4G LTE Smartfren

Sekalipun jaringan 4G LTE ini belum lama diluncurkan, namun Smartfren memiliki jangkauan cukup luas di Indonesia. Saat ini, jaringan 4G LTE Advanced dari Smartfren sudah bisa dinikmati pengguna internet di wilayah:

  • Aceh
  • Sumatera Barat
  • Pekanbaru
  • Jambi
  • Lampung
  • Sumatera Selatan
  • Banten
  • DKI Jakarta
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur
  • Bali
  • Kalimantan Selatan
  • Kalimantan Barat
  • Sulawesi Utara
  • Sulawesi Barat
  • Makassar

Nah, untuk lebih lengkapnya, kamu bisa memasukkan kota kamu berada di situs resmi smartfren.

Keunggulan dan kelemahan 4G LTE Smartfren

Dijalankan pada dua frekuensi, 2.300 Mhz dan 850 MHz merupakan keunggulan dari layanan 4G LTE Smartfren. Namun, disamping akses data yang stabil, jaringan ini pun memiliki sejumlah kekurangan, yakni cakupan area yang lemah. Di frekuensi 850 MHz, semakin rendah frekuensi maka penetrasi wilayah semakin tinggi. Namun, cakupan pada frekuensi ini terhitung pendek.

Untuk itu, Smartfren membuat perangkat sendiri yang ideal untuk dijalankan pada kedua jaringan tersebut. Teknologi pada smartphone besutannya mampu mencari BTS sendiri jika dalam satu jaringan sudah terisi penuh. Penggunaan chipset pun berpengaruh, dimana operator ini memakai chipset yang bisa berjalan di frekuensi 2.300 MHz dan 850 MHz sekaligus.

Tambahan informasi, frekuensi 2.300 MHz dari Smartfren memanfaatkan sumber dayanya untuk internet. Sementara itu, di frekuensi 850 MHz dengan sumber 10 MHz dipakai untuk layanan voice dan teks, dibagi dua juga untuk internet.

Berbagai Pilihan Ponsel 4G LTE Smartfren

Saat ini, Smartfren mengeluarkan banyak tipe ponsel yang mendukung jaringan 4G LTE Advanced. Untuk membantu kamu dalam memilih, mari kita simak ulasan singkat mengenai kriteria memilih ponsel 4G LTE Smartfren berikut ini:

  • Berdasarkan Bentuk dan Desain


Andromax SE

Setiap ponsel yang dikeluarkan Smartfren memiliki keistimewaan tersendiri pada desain dan bentuknya. Kamu bisa memilih ponsel dengan bentuk kotak atau membulat, dengan ukuran dimensi yang dapat disesuaikan menurut keinginan.

Jika kamu ingin membeli ponsel 4G LTE Smartfren yang bentuknya mungil, kamu bisa memilih Andromax Es yang hadir dengan dimensi bodi berukuran 125 x 64.5 x 9.9mm dan mempunyai bobot seberat 110 gram saja. Di pasaran, perangkat ini hanya dibandrol Rp 799 ribuan.

Sementara untuk kamu yang ingin ponsel dengan desain premium, seri Andromax R2 bisa dipilih. Ponsel ini tampil dengan frame berbahan metal, memiliki sisi yang tipis sehingga nyaman digenggam, sehingga mampu menunjang penampilan kamu sehari-hari. Di pasaran, Andromax R2 dijual seharga Rp 1.699.000.

  • Berdasarkan Ukuran dan Resolusi Layar


Andromax E2+

Selain mengusung desain yang berbeda-beda, rangkaian Andromax khusus 4G LTE ini pun mempunya ukuran dan resolusi layar berbeda. Untuk kamu yang ingin ponsel dengan fitur layar pintar, kamu bisa memilih Andromax E2+ yang di dalamnya tersedia fitur Smart Screen, bisa diakses melalui Settings > Motion & Gesture dan Screen On Gesture.

Selain itu, layar perangkat ini memiliki luas 4.5 inch beresolusi WVGA, menggunakan panel IPS yang mampu memberikan viewing angle luas dan menggunakan kaca OCA sehingga tahan terhadap goresan. Harga retail mengenai smartphone ini adalah Rp 1.199.000.

Pilihan lainnya adalah Andromax R yang hadir dengan layar luas 5 inch, memungkinkan kamu bisa menonton video dan bermain game dengan sangat leluasa. Yang menarik, layar pada ponsel ini mengusung resolusi HD 1280 x 720 piksel, menggunakan panel IPS dan diperkuat dengan proteksi One Glass Solution sehingga tahan terhadap goresan benda tajam. Soal harga, Andromax R dibandrol Rp 1.299.000.

  • Berdasarkan Prosesor dan Chipset


Andromax Q

Berbeda dengan generasi Smartfren Andromax EVDO, rangkaian ponsel terbaru Smartfren ini mengalami peningkatan performa. Sebelumnya, kamu hanya mendapatkan ponsel yang dilengkapi dengan prosesor Dual Core dengan harga yang sama. Namun sekarang, ponsel terbaru dari Smartfren ini sudah dilengkapi dengan prosesor empat ini atau Quad Core.

Kembali ke Andromax Q, perangkat ini didalamnya sudah didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang memiliki arsitektur 64-bit. Melalui prosesor Quad Core 1.2 GHz, perangkat ini mampu menjalankan berbagai aktivitas, mulai dari chatting, browsing, menonton video dan gaming dengan kinerja yang mulus. Disamping itu, prosesor 64-bit pun diklaim lebih pintar dalam hal manajamen daya.

Jika ingin ponsel dengan prosesor lebih mampuni, ada Andromax R2 yang disokong dengan prosesor delapan inti berkecepatan 1.4 GHz dari Qualcomm Snapdragon 415 Cortex A53, didukung dengan GPU Adreno 405 yang diklaim handal dalam menampilkan grafis berkualitas tinggi.

  • Berdasarkan Kapasitas Memori dan RAM


Andromax Qi

Kapasitas memori internal dan RAM sangat berpengaruh pada kinerja ponsel secara keseluruhan. Agar aktivitas multitasking lancar, setidaknya ponsel harus mempunyai RAM berukuran 1 GB, dipadukan dengan internal storage berkapasitas minimal 8 GB untuk kelas entry-level sehingga bisa memuat banyak file dan bisa menginstalasi lebih banyak aplikasi.

Untuk pilihan termurah adalah Andromax Qi yang didalamnya sudah didukung dengan RAM berukuran 1 GB dan internal storage 8 GB yang bisa diekspansi melalui slot microSD. Dengan harga jual Rp 1.299.000, cukup layak smartphone ini menjadi pilihan.

Jika kapasitas memori dan RAM diatas kurang memadai, ada pula pilihan seri Andromax E2+ yang didukung RAM berukuran 2 GB, dipadukan dengan internal storage berkapasitas 16 GB yang bisa diekspansi lewat microSD hingga 64 GB.

  • Berdasarkan Resolusi Kamera


Andromax R2

Tak hanya sektor performa, kualitas kamera turut menjadi perhatian calon pembeli dalam menentukan pilihan. Tak mau kalah dengan smartphone lain, seri Andromax dibekali dengan kamera berkualitas yang baik sehingga bisa menunjang keperluan fotografi para pengguna.

Andromax R salah satu smartphone yang dibekali dukungan kamera berkualitas. Melalui kamera utama berukuran 8 MP yang dilengkapi LED flash dan autofocus, pengguna bisa memotet gambar dengan hasil yang tajam melalui smartphone dengan bandrol Rp 1.299.000 ini. Terlebih lagi, Andromax R pun dilengkapi dengan kamera depan 5 MP yang dilengkapi fitur Triple Flash, memungkinkan kamu bisa berfoto selfie dengan hasil yang jelas sekalipun dibidik pada ruangan dengan kondisi cahaya minim.

Jika fitur kamera diatas dinilai kurang mampuni, pilihan selanjutnya adalah Andromax R2 yang dibekali kamera belakang berkekuatan 13 MP. Kamera utama tersebut menggunakan sensor BSI, diperkaya fitur Dual LED flash dan sensor gerakan tangan. Sementara di bagian depan, terdapat kamera 5 MP yang dilengkapi sensor gerakan tangan.

  • Berdasarkan Kapasitas Baterai

Sangat disayangkan, kebanyakan smartphone Andromax series memiliki kapasitas baterai yang minim. Sampai saat ini, Andromax R2 termasuk ke dalam salah satu produk Andromax dengan baterai berkapasitas lumayan besar, yaitu 2.300 mAh. Sisanya, kamu bisa menjumpai baterai berkapasitas 2.200 mAh pada Andromax R serta Andromax Q dan E2 dengan baterai berkapasitas 2.000 mAh.

  • Berdasarkan Harga

Andromax Ec

Perbedaan spesifikasi dan fitur tentu saja berpengaruh pada harga jual yang ditawarkan. Dari seluruh rangkaian Andromax, harga termurah adalah Rp 799 ribu, dipasang pada Andromax seri Es dan Ec. Sejatinya, kedua seri tersebut memiliki dukungan spesifikasi yang sama persis, misalnya luas layar 4 inch FWVGA, penggunaan prosesor Quad Core 1.2 GHz dari Snapdragon 410, RAM 1 GB, internal storage 8 GB dan dual kamera. Yang membedakannya hanyalah desain, dimana Andromax Ec sedikit lebih lebar dan berat ketimbang seri Es.

Kemudian, harga termahal jatuh kepada Andromax R2 yang dibandrol Rp 1.699.000. Smartphone ini memiliki spesifikasi tertinggi diantara yang lain, mengusung desain premium berbahan metal, layar HD seluas 5 inch, dual kamera, mengusung prosesor Octa Core 1,4GHz Octa Core dari chipset Qualcomm Snapdragon 415, dilengkapi RAM 2 GB dan internal storage berkapasitas 16 GB.

Kartu Perdana Smartfren 4G LTE Advanced

Baca juga Harga Handphone Android Smartfren Terbaru

Untuk menggunakan layanan 4G LTE dari Smartfren, tentu saja kamu harus menggunakan perangkat yang kompatibel. Selain itu, kamu pun tidak bisa menggunakan SIM card lama yang hanya menjangkau jaringan EVDO. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan USIM 4G LTE Advaced dan disesuaikan dengan coverage yang tersedia agar bisa menikmati layanan dengan maksimal.

Cara Mengaktifkan Layanan 4G LTE Smartfren

Agar bisa menggunakan layanan 4G LTE pada smartphone, silahkan atur jaringan menjadi LTE Only, nyalakan dan matikan mode airplane dan tunggu sinyal 4G LTE muncul pada perangkat. Selanjutnya, silahkan pilih opsi Mobile Netword dan pilih Access Points Name. Pada bagian tersebut, buat APN baru dengan nama “smartfren4g” dan masukan password dan username “smartfren”.

Untuk mengaktifikan kartu 4G LTE dari Smartfren, silahkan buka browser dan buka situs my smartfren. Input semua data dengan lengkap termasuk identitas yang dimiliki, pilih kode PUK sebagai kode aktivitas yang bisa didapatkan pada bagian belakang kartu SIM.

Sementara untuk top-up pulsa internet, kamu bisa melakukannya melalui e-voucher, ATM, galeri Smartfren dan kartu kredit. Agar lebih  mudah, silahkan download dan install aplikasi mySmartfren melalui Google Play Store. Pada aplikasi tersebut, kamu tidak hanya bisa mengisi pulsa, melainkan bisa mengecek masa aktif kartu, masa berlaku paket data, membeli kuota internet dan mengecek sisa kuota internet yang dimiliki. 

Pilihan Paket Perdana dan Tarif Internetan

  • Kartu 4G Unlimited Chat Smartfren

Untuk pilihan kartu perdana 4G LTE dari Smartfren, pertama adalah Kartu 4G Unlimited Chat Smartfren yang menawarkan benefit gratis chatting secara unlimited melalui WhatsApp, Line dan BBM, gratis nelpon unlimited ke sesama pengguna Smartfren, ekstra kuota hingga 9 GB yang bisa dipakai selama 24 jam dan mendukung teknologi VoLTE agar bisa melakukan panggilan suara dan video di jaringan 4G dengan kualitas jernih.

Mengenai harga, silahkan lihat gambar di bawah ini:

  • Smartfren Galaxy

Pilihan kartu perdana lainnya adalah Smartfren Galaxy. Kartu perdana ini berisikan paket internet unlimited yang memungkinkan kamu bisa menggunakan layanan internet sekalipun kuota habis. Adapun tarif yang diberlakukan bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Smartplan Galaxy

20.000

50.000

60.000

100.000

Kuota

300MB

1GB

2GB

4GB

Bonus Kuota

300MB

1GB

2GB

4GB

Nelpon ke Sesama

500 Menit

500 Menit

1000 Menit

1500 Menit

Nelpon ke Semua

5 Menit

10 Menit

10 menit

20 Menit

SMS

20 SMS

100 SMS

100 SMS

200 SMS

Masa Berlaku

7 Hari

30 Hari

Tarif Internet 4G LTE Smartfren

Saat ini, ada banyak paket data yang ditawarkan oleh Smartfren dan bisa dijalankan pada jaringan 4G LTE. Mengenai skema tarifnya, kamu bisa melihat infomasi di bawah ini:

  • SMARTPLAN LIMITLESS

Paket pertama adalah SMARTPLAN LIMITLESS yang bisa dibeli melalui aplikasi Android dan website Smartfren. Penawaran SMARTPLAN LIMITLESS adalah internet unlimited yang penggunaanya bisa disesuaikan menurut kebutuhan melalui fitur Smart Slinder. Di bawah ini adalah detail mengenai tarif paket SMARTPLAN LIMITLESS:

  • Volume Based

Sementara itu, kamu pun bisa paket volume based dengan harga termahal Rp 300.00 yang aktif selama 90 hari. Paket ini berisikan kuota sebanyak 30 GB untuk 24 jam, extra kuota 5 GB untuk pembelian paket pertama dan memungkinkan kamu membeli paket tambahan jika kuota habis dengan tarif Rp 10.000 untuk 250 MB dan Rp 25.000 untuk 1 GB. Untuk pilihan paket volume based, silahkan lihat tabel berikut: 0

PAKET DATA

HARGA (Rp)

VOLUME

REGISTRASI PAKET

BONUS INTERNET MALAM*

(01:00 - 06:59 WIB)

Harian

2.000

30 MB

Internet(spasi)Vol2rb

*123*3*9*2

 

6.000

100 MB

Internet(spasi)Vol6rb

*123*3*9*6

Mingguan

12.000

300 MB

Internet(spasi)Vol12rb

*123*3*9*12

25.000

650 MB

Internet(spasi)Vol25rb

*123*3*9*25

Bulanan

50.000

1,75 GB

Internet(spasi)Vol50rb

*123*3*9*50

60.000

2 GB

Internet(spasi)Vol60rb

*123*3*9*60



12 GB

 

 

100.000

5 GB

Internet(spasi)Vol100rb

*123*3*9*100

150.000

9 GB

Internet(spasi)Vol150rb

*123*3*9*150

300.000

30 GB 

+ bonus 5GB (pembelian pertama) 

 

Internet (spasi)vol (spasi) 300rb    **)

 

 -

 

  • Video Data Plan

Terakhir adalah paket video data plan yang dikhususkan bagi kamu pecinta streaming video di Youtube, KlikFilm, danCliponYu. Mengenai tarifnya, lihat tabel di bawah ini:

Jenis Paket

Harga
(Termasuk Pajak)

Masa Aktif

Data Quota
Benefit

Vide Services

VDP 3 hari

5.500

3 Hari

165 MB


Youtube
CliponYu
Klikfilm

VDP 5 hari

11.000

5 Hari

350 MB

VDP 7 hari

27.500

7 Hari

1 GB

VoLTE

Sekarang, kamu pun bisa menikmati panggilan suara dan video dengan layanan VoLTE melalui perangkat Andromax dan smartphone 4G LTE lainnya. Caranya, kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi Smart VoLTE melalui Google Play Store.

Sebelum menggunakannya, pastikan bahwa kartu Smartfren 4G LTE kamu sudah diaktifkan melalui counter atau galeri Smartfren dan mengaktifkan layanan VoLTE melalui 888 atau galeri Smartfren. Kemudian, pastikan pula bahwa ponsel yang kamu gunakan mendukung LTE Band 5 dan atau Band 40 dengan mode LTE Only.

Mengenai tarif panggilan di aplikasi VoLTE, silahkan simak tabel berikut:

Telepon ke sesama Smartfren 4G

Telepon ke Operator lain

Rp. 240/Menit  untuk 3 menit pertama

Rp. 900/Menit untuk 3 menit pertama

Tarif Selanjutnya Rp. 5/Detik

Tarif Selanjutnya Rp. 18/Detik

Sementara itu, di bawah ini terdapat berbagai perangkat yang bisa menikmati layanan VoLTE dari Smartfren

DEFAULT VOLTE
Perangkat 4G yang dapat menikmati layanan VoLTE secara Native via Default Dialer :

Daftar Perangkat

Cara Aktivasi

Andromax LTE R 

 

1.      Upgrade Firmware

2.      Upgrade SIM  lama anda ke kartu SIM Smartfren 4G LTE 

3.      Aktifkan layanan VoLTE

Lenovo A6010 

Samsung Note 5 

Samsung Galaxy S7 

Samsung Galaxy S7 Edge

Andromax LTE E2

 

Default VoLTE dapat langsung digunakan saat aktivasi nomor Smartfren 

Andromax LTE E2+

Andromax LTE E3

Andromax LTE R2

SMART VOLTE
Perangkat 4G yang dapat menikmati layanan VoLTE melalui aplikasi Smart VoLTE yang dapat didownload via Google Play Store :

Daftar Perangkat

Cara Aktivasi

1.      Andromax LTE Es

2.      Andromax LTE Qi

3.      Asus Zenfone 2 ZE551ML

4.      HTC M9

5.      LG G4

6.      Nexus

7.      Samsung Galaxy A3 (6)

8.      Samsung Galaxy J1 Ace

9.      Samsung Galaxy J16

10.  Samsung Galaxy J2

11.  Samsung Galaxy J5

12.  Samsung Galaxy S6Edge+

13.  Samsung Galaxy S7

14.  Samsung Galaxy S7 Edge

15.  Samsung Note 5

16.  Wiko Ridge 4G

 

 

1.      Download aplikasi Smart VoLTE

2.      Upgrade SIM lama Anda ke kartu SIM Smartfren 4G LTE

3.      Aktifkan layanan VoLTE

PERANGKAT 4G LAINNYA

Daftar Perangkat

Cara Aktivasi

Catatan

Hisense Pureshot
Hisense Pureshot+

1.      Download aplikasi Smart VoLTE

2.      Upgrade SIM Card menjadi uSIM

3.      Aktifkan layanan VoLTE

Direkomendasikan untuk menggunakan Regular Call

Andromax LTE Ec
Andromax LTE Q

 

Saat ini layanan belum tersedia

Dukungan 4G LTE Smartfren di Ponsel Merek Lain

Jaringan internet 4G LTE Advanced dari Smartfren tentu saja bisa dinikmati oleh semua pengguna smartphone Andromax generasi terbaru. Akan tetapi, sejumlah perangkat di luar Andromax saat ini sudah kompatibel dengan jaringan yang ada, misalnya:

Nah, informasi lengkap diatas bisa kamu pahami sebelum menggunakan layanan 4G LTE Advanced dari Smartfren dan membeli ponsel 4G LTE Smartfren. Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu, ya!

Baca juga artikel:
Daftar dan Cara Memilih Handphone Dua Jutaan Sesuai Keinginan
Smartfren Hadirkan Ponsel Android Murah, Andromax A
Smartfren Andromax E2+ Siap Dipasarkan Akhir Mei

Artikel Lainnya

Komentar