Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Dua Jutaan Sesuai Keinginan

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 02 Agu 2016 | 14:04

Ponsel flagship harganya memang selangit. Tapi, bagaimana jika pengguna memiliki budget minim namun ingin menikmati ponsel berkualitas wahid? Well, saat ini ada banyak ponsel dua jutaan yang bisa kamu pilih, diproduksi oleh banyak vendor terpercaya yang tentu kualitas ponselnya sangatlah menjanjikan.

Nah, pada ulasan kali ini Pricebook akan memberikan rekomendasi mengenai ponsel dua jutaan, informasi mengenai perkembangan ponsel murah yang di pasaran tahun ini, dilengkapi update harga produk dari berbagai ponsel pilihan. So, mari kita ketahui selengkapnya!

Perbaikan spesifikasi handphone dua jutaan

Di awal kemunculan ponsel pintar, hanya segelintir merek yang menawarkan ponsel murah. Misalnya merek-merek lokal seperti Advan, IMO, Mito dan Evercoss. Seiring meningkatnya pengguna smartphone dan internet, produsen kelas dunia seperti Samsung, LG, Huawei dan Sony pun ikut mengeluarkan ponsel murah dengan tujuan agar bisa menjangkau konsumen entry level di dunia.

Akan tetapi, ponsel murah dua jutaan buatan merek kelas dunia umumnya hanya dilengkapi spesifikasi minim. Hal ini tentu saja membuat pengguna dengan budget terbatas tidak memiliki banyak pilihan produk, terpaksa harus membeli ponsel murah dari vendor terkenal karena alasan merek, kualitas dan layanan purna jual.

Melihat fenomena tersebut, maka merek-merek ponsel yang berbasis di Tiongkok mulai mengekspansi penjualan ke pasar negara berkembang, termasuk Indonesia. Kebanyakan dari mereka menawarkan ponsel dengan spesifikasi tinggi dan harga jual yang ekonomis, tentu saja membuat pengguna dengan budget minim mempunyai banyak pilihan.

Terlebih lagi, beberapa vendor ponsel Tiongkok mendatangkan produk dengan menggandeng distributor dengan kredibilitas baik, misalnya Xiaomi yang dibawa oleh Erajaya dan Trikomsel Oke ke Indonesia.

Melalui banyaknya serbuan ponsel murah berkualitas dari produsen Tiongkok, merek-merek dunia lain pun ikut meningkatkan kualitas produk, menyematkan spesifikasi yang cukup kaya pada produk ponsel murah, memungkinkan kamu bisa membeli ponsel dengan fitur khas, layar beresolusi tinggi, kamera berkualitas baik di pasaran dengan rentang harga mulai Rp 2 juta sampai Rp 2.999.000.

Baca juga Daftar Harga Handphone Android 2 Jutaan

Perhatikan hal ini jika ingin membeli ponsel sesuai keinginan.

Cari informasi terkait

  • Merek pembuat ponsel
  • Kredibilitas merek ponsel
  • Layanan purna jual
  • Spesifikasi dan harga jual`

Sesuaikan dengan kebutuhan

  • Fotografi
  • Penunjang produktivitas
  • Sosial media
  • Musik
  • Bermain game
  • Menonton Video atau browsing

Atau minta bantuan Google untuk mengarahkan pilihan terbaik melalui halaman “Find the Android phone for you” dan gunakan tool lain semisal situs pembanding harga Pricebook untuk membandingkan harga dari toko online maupun offline.

Dari 9 hal ini mana yang menjadi prioritas?

Dalam menentukan ponsel dua jutaan, tentu saja ada prioritas tertentu dari konsumen yang ingin membelinya. Lantas, apa saja hal penting yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk?

  • Berdasarkan Desain dan Dimensi

Dalam memproduksi ponsel dua jutaan, vendor berlomba-lomba menciptakan desain terbaik agar memberikan ciri khas tersendiri pada produknya di mata konsumen. Kamu bisa memilih ponsel berdasarkan dimensi, melihat ketipisan dan bobot dari ponsel yang nantinya akan berpengaruh pada kenyamanan. Selain itu, kamu pun bisa memilih ponsel berdasarkan desain, seperti ponsel standar dengan bentuk membulat atau kotak, tambahan tombol fisik QWERTY, penempatan tombol bahkan ponsel yang gayanya unik.

LG G4 Stylus menjadi salah satu yang favorit, ponsel ini mempunyai desain membulat, dilengkapi stylus pen dan penempatan tombol pada bagian bodi belakang yang membuatnya berbeda dengan ponsel keluaran vendor lainnya. Soal harga, perangkat ini dibandrol mulai Rp 2.349.000.

Untuk kamu yang ingin memiliki ponsel unik dan tahan di segala kondisi, Sonim Land Rover A9 bisa menjadi pertimbangan. Ponsel ini mengusung konstruksi bodi yang tangguh sehingga cocok dipakai di luar ruangan. Saat ini, harga termurah dari Sonim Land Rover A9 adalah Rp 2.200.000.

  • Berdasarkan Layar

Layar menjadi pertimbangan selanjutnya dalam menentukan ponsel. Di pasaran, ada banyak pilihan luas layar ponsel, mulai dari 4 inch sampai 5 inch, bahkan kelas phablet yang dihuni oleh ponsel berlayar 5.5 inch sampai 6 inch. Untuk layar 4 inch, tentu saja ponsel ini akan mudah dibawa bepergian. Sementara ponsel dengan layar lebar, pengalaman visual kamu akan dimanjakan saat menikmati konten-konten favorit.

Selain ukuran layar, tingkat sensitivitas ponsel, resolusi dan jenis panel yang digunakan perlu kamu pertimbangkan, dimana dengan budget Rp 2 jutaan kamu sudah membeli ponsel dengan resolusi HD 720p dan menggunakan panel IPS atau Super AMOLED.

Samsung Galaxy E5 adalah salah satu produk favorit, dimana ponsel ini menawarkan dukungan layar 5 inch beresolusi HD 1280 x 720 piksel dan menggunakan panel Super AMOLED yang mampu memproduksi kontras warna sangat tajam. Di pasaran, Galaxy E5 saat ini dibandrol mulai Rp 2.250.000.

Sementara di kategori phablet, terdapat Asus ZenFone Max yang menyuguhkan panel IPS seluas 5.5 inch dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel. Sedikit informasi, panel IPS dinilai memiliki akurasi tinggi dan sudut pandang lebar, bisa kamu temukan dalam phablet ini yang dijual mulai harga Rp 2.320.000.

Baca juga Smartphone Layar 5,5 Inci: Lenovo K4 Note vs Oppo R7s

Berdasarkan Konektivitas

Di tahun lalu, ponsel dua jutaan dihuni oleh produk-produk yang dilengkapi dengan konektivitas 3G atau HSDPA. Sementara itu, tren saat ini berubah dimana produsen berlomba-lomba membuat produk yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE untuk mengikuti program dari operator seluler yang semakin menggencarkan akses internet cepat di frekuensi tersebut.

Lenovo K4 Note menjadi salah satu pilihan, dimana ponsel ini dilengkapi dengan fitur dual SIM yang bisa dijalankan pada frekuensi 2G, 3G dan LTE 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800). Di pasaran, harga termurah dari ponsel ini adalah Rp 2.649.000.

Selain itu, ada pula produk Samsung Galaxy J3 yang dilengkapi dengan dukungan fitur konektivitas dual SIM 4G LTE dan tambahan seperti Wi-Fi, Bluetooth dan GPS, dijual dengan harga mulai Rp 2.165.000 saja.

  • Berdasarkan Prosesor dan Chipset

Untuk kamu pengguna lama Android, budget Rp 2 juta dulunya hanya bisa dipakai untuk membeli ponsel dengan prosesor Dual Core. Sekarang, kamu bisa menemukan ponsel yang didukung prosesor Quad Core, Hexa Core dan Octa Core dengan budget yang sama. Terlebih, beberapa vendor pun menggunakan chipset kenamaan seperti MediaTek dan Qualcomm pada produk-produk murah buatannya sehingga mampu menunjang pengguna untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Dengan harga mulai Rp 2 juta, kamu sudah bisa membeli ponsel Xiaomi Mi 4C yang di dalamnya didukung dengan prosesor Hexa Core (Quad Core 1.44 GHz Cortex-A53 & Dual Core 1.82 GHz Cortex-A57) dari Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808. Selain itu, ada pula Infinix Zero 2 X509 dengan harga jual mulai Rp 2.499.000, di dalamnya menggunakan prosesor Octa Core ARM Cortex A7 2,0 GHz dari chipset MediaTek MT6592.

  • Berdasarkan Sistem Operasi

Penggunaan sistem operasi perlu menjadi pertimbangan lain dalam memilih ponsel. Di tahun lalu, bursa ponsel dengan harga jual dua jutaan diramaikan oleh ponsel bersistem operasi Android KitKat. Sekarang, kamu bisa menemukan ponsel yang mengusung OS lebih baru, misalnya Lollipop dan Marshmallow.

Dengan harga jual mulai Rp 2.065.000, kamu bisa membeli ponsel Xiaomi Redmi 3 Pro yang di dalamnya berisikan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop dan mendapatkan modifikasi MIUI 7 sehingga tampilannya unik dan berbeda dengan ponsel berbasis Android lainnya.

Selain OS Android, kamu pun bisa memilih produk Apple, misalnya iPhone 5s yang dijalankan pada iOS 9.3 dan dijual seharga Rp 2.599.000, serta Microsoft Lumia 640 XL yang berjalan pada OS Windows Mobile 8.1 dan dijual mulai Rp 2.799.000 saja.

  • Berdasarkan resolusi Kamera

Pertimbangan lainnya adalah resolusi kamera, dimana banyak vendor menjual ponsel dua jutaan dengan dukungan kamera belakang minimal 8 MP yang memungkinkan kamu bisa membidik gambar atau video dengan kualitas yang baik.

Mengikuti tren selfie, kamera depan pada ponsel murah pun turut mendapatkan peningkatan, dimana sebelumnya kamera depan hanya dihuni oleh sensor 2 MP, sekarang kamera depan ponsel ukurannya 5 MP ke atas, bahkan dilengkapi dukungan LED flash untuk beberapa diantaranya.

Pilihan terbaik adalah Infinix Zero 3 yang dijual seharga Rp 2.598.000, pada bagian belakangnya dihuni oleh sensor sekelas 20.7 MP yang tentu saja handal dalam mendukung aktivitas fotografi yang kamu lakukan.

Untuk pilihan ponsel selfie, terdapat OPPO F1 yang dijual mulai Rp 2.699.000, dilengkapi kamera selfie berukuran 8 MP. Sementara dari Samsung, kamu bisa memilih Galaxy J5 yang dilengkapi kamera depan 5 MP beserta LED flash, dijual mulai Rp 2.160.000 saja.

Baca juga Tips Optimalkan Sistem Operasi Terbaru di Ponsel Android
  • Berdasarkan Memori Internal

Tahun lalu, ponsel dengan internal storage 8 GB sangat mudah ditemukan. Sekarang, tren ponsel dua jutaan dihuni oleh produk-produk dengan kapasitas memori besar, mulai dari 16 GB. Dengan adanya memori internal berkapasitas besar, pengguna akan dimudahkan dalam urusan penyimpanan data, bisa menyimpan berbagai macam file seperti game atau video ke dalam ponsel, serta menginstall banyak aplikasi sekaligus tanpa harus melakukan modifikasi agar bisa disimpan di memori eksternal.

Di pasaran, ada banyak pilihan ponsel dengan kapasitas memori internal besar, salah satunya adalah Samsung Galaxy A3 SM-A300F yang dilengkapi internal storage 16 GB. Saat ini, ponsel tersebut dijual dengan harga mulai Rp 2.625.000 saja.

Jika memiliki budget Rp 2.750.000, kamu pun bisa memilih ponsel Asus Zenfone 2 ZE551ML yang dilengkapi dukungan memori internal dua kali lipat lebih besar ketimbang Samsung Galaxy A3 SM-A300F, yakni 32 GB.

  • Berdasarkan RAM

Jika memori internal dipakai untuk menyimpan berbagai jenis file dan difungsikan untuk menyimpan cache, file system dan aplikasi, maka RAM bekerja untuk me-refresh, mengambil dan menyimpan file ke berbagai folder secara cepat yang berpengaruh pada kinerja kecepatan ponsel. Lebih baik, kamu memilih ponsel dengan RAM besar agar kinerjanya cepat, mampu membuka aplikasi secara bersamaan dan bisa dipakai untuk menjalankan game kelas berat tanpa terjadi lag.

Di rentang harga dua jutaan, ada banyak ponsel yang menawarkan kapasitas RAM besar. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi Note 3 yang dijual dengan harga mulai Rp 2.350.000 dan dilengkapi dengan RAM 3 GB. Pilihan lainnya adalah Asus Zenfone Selfie ZD551KL, didalamnya mengusung RAM 3 GB dan dijual dengan bandrol mulai Rp 2.798.000 saja.

  • Berdasarkan Tahun Pembuatan

Tahun pembuatan sebuah ponsel juga perlu kamu perhatikan pula, mengingat hal tersebut berdampak penggunaan spesifikasi seperti fitur dan prosesor, yang semakin lama semakin usang, ketinggalan jaman dari segi kemampuan. Selain itu, kamu pun sebaiknya menghindari ponsel yang produksinya sudah terlalu lama karena bisa saja garansi sudah habis karena produknya sudah tidak diproduksi lagi oleh vendor.

Untuk kamu yang menginginkan ponsel keluaran tahun 2016, kamu bisa memilih Coolpad Fancy E561 yang dibandrol mulai Rp 2.399.000 atau Wiko Ridge Fever yang harga jualnya mulai Rp 2.799.000.

Sementara itu, kamu pun bisa memilih ponsel keluaran tahun 2015 lalu, seperti Lenovo A7000 Plus yang dibandrol Rp 2.050.000 dan Hisense Pureshot Plus yang dihargai mulai Rp 2.299.900 saja.

Gunakan fitur filter yang ada di Pricebook.co.id

Untuk menentukan handphone berdasarkan prioritas tertentu seperti di atas, kamu bisa menggunakan fitur filter yang ada di Pricebook.co.id. Dengan fitur tersebut, kamu bisa menghemat banyak waktu tanpa harus melihat satu persatu spesifikasi ponsel yang diinginkan.

Daftar handphone dua jutaan berdasarkan merek dan tipe

  • Ponsel Xiaomi

Xiaomi memang langganan dalam menjual smartphone murah. Dengan rentang harga dua jutaan, kamu bisa menemukan produk ponsel terbaik yang masuk dalam jajaran mid-range, tentu saja dapat dilihat menurut spesifikasi yang bersaing dengan produk ponsel premium. Kebanyakan saat ini, produk Xiaomi bergaransi distributor, untuk yang resmi di pasarkan oleh Erajaya atau TAM dan Oke shop.

Harga Rp 2-2.5 juta Produk Harga 2.6-2.9 juta Produk
Rp 2.046.000 Xiaomi Mi 4C Rp 2.700.000 Xiaomi Mi Note RAM 3GB ROM 16GB
Rp 2.099.000 Xiaomi Redmi 3 Pro    
Rp 2.400.000 Xiaomi Redmi Note 3    

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 22 Juli 2016

  • Ponsel Asus

Produsen Asus juga langganan dalam menawarkan ponsel dua jutaan berkualitas, seperti dari line-up Zenfone yang populer di kalangan pengguna karena desainnya yang unik dan penawaran spesifikasi terbaik khas ponsel premium melalui bandrol ekonomis.

Harga Rp2- 2.5 juta Produk Harga Rp2.5-2.9 juta Produk
Rp 2.299.100 Asus Zenfone Max RAM 3GB Rp 2.888.000 Asus Padfone Infinity
Rp 2.050.000 Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2 GB Rp 2.845.000 Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4 GB
Rp 2.305.000 Asus Zenfone Max ZC550KL Rp 2.779.000 Asus Zenfone Selfie ZD551KL
Rp 2.249.000 Asus Zenfone 2 Deluxe    

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 22 Juli 2016

  • Ponsel Samsung

Digemari banyak pengguna ponsel karena kualitas dan pelayanan harga, Samsung pun ternyata banyak mengeluarkan ponsel dengan rentang harga dua jutaan. Apa saja tipe ponsel yang bisa kamu beli?

Harga Rp 2-2.5 juta Produk Harga Rp2.5-2.9 juta Produk
Rp 2.200.000 Samsung Galaxy J5 8 GB Rp 2.599.000 Samsung Galaxy A3 SM-A300F
Rp 2.530.000 Samsung Galaxy J5 16 GB Rp 2.499.000 Samsung Galaxy S4 Zoom
Rp 2.165.000 Samsung Galaxy J3 Rp 3.100.000 Samsung Galaxy S4 i9500
Rp 2.499.000 Samsung Galaxy E5 Rp 2.961.500 Samsung Galaxy J7 SM-J700F

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 22 Juli 2016

  • Ponsel Lenovo

Tahun ini, Lenovo kembali produk-produk ponsel terbarunya ke pasar tanah air.  Di rentang harga jual dua jutaan, produsen satu ini menawarkan ponsel dengan spesifikasi terbaik untuk pasar kelas menengah, seperti:

Harga Rp 2-2.5 juta Produk Harga Rp2.5-2.9 juta Produk
Rp 2.065.000 Lenovo Vibe K5 Plus Rp 2.600.000 Lenovo K4 Note
Rp 3.030.000 Lenovo Vibe Z 16 GB Rp 2.650.000 Lenovo Golden Warrior A8
Rp 2.130.000 Lenovo P90 Rp 2.755.000 Lenovo Ideaphone K900
Rp 2.350.000 Lenovo Vibe X2 Rp 2.900.000 Lenovo Golden Warrior Note 8

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 22 Juli 2016

  • Ponsel Sony

Produsen asal Jepang ini terkenal karena produk ponsel yang memiliki kualitas kamera terbaik. Untuk kamu yang memiliki budget dua jutaan, kamu pun bisa memilih beberapa ponsel buatan Sony, seperti:

Harga Rp 2-2.5 juta Produk Harga Rp2.5-2.9 juta Produk
Rp 2.000.000 Sony Xperia M2 Dual Rp 2.700.000 Sony Xperia ZR
Rp 2.450.000 Sony Xperia M2 Aqua Rp 2.500.000 Sony Xperia Z1
Rp 2.459.000 Sony Xperia C3 Rp 2.700.000 Sony Xperia M4 Aqua Dual
Rp 2.499.000 Sony Xperia C3 Dual Rp 2.740.000 Sony Xperia TX
Rp 2.825.000 Sony Xperia T3 Rp 2.550.000 Sony Xperia T2 Ultra

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 22 Juli 2016

  • Ponsel Apple

Apple iPhone memang produk premium. Namun, kamu bisa membeli iPhone keluaran lama dengan harga Rp 2 jutaan, seperti:

Harga Rp 2-2.5 juta Produk Harga Rp2.5-2.9 juta Produk
Rp 1.950.000 Apple iPhone 5 16 GB Rp 2.999.000 Apple iPhone 5S 32 GB
Rp 2.100.000 Apple iPhone 5 32 GB    
Rp 2.240.000 Apple iPhone 5 64 GB    
Rp 2.025.000 Apple iPhone 5C 32 GB    
Rp 2.730.000 Apple iPhone 5S 16 GB    

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 22 Juli 2016

  • Ponsel Oppo

Melalui strategi promosi menarik yang dilakukan OPPO, kepopuleran merek terus meningkat. Nah, untuk kamu yang memiliki budget dua jutaan, kamu bisa mendapatkan banyak pilihan ponsel bermerek OPPO, seperti:

Harga Rp 2-2.5 juta Produk Harga Rp2.5-2.9 juta Produk
Rp 2.000.000 OPPO Mirror 3 Rp 2.700.000 OPPO N1 Mini
Rp 2.150.000 OPPO Find Piano Rp 2.850.000 OPPO F1
Rp 2.299.000 OPPO A33 Rp 3.470.000 OPPO R5
Rp 2.399.000 OPPO Neo 7 LTE Rp 2.999.000 OPPO A51 
Rp 2.500.000 OPPO Mirror 5 Rp 2.795.000 OPPO R7 Lite  

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Update terakhir pada 22 Juli 2016

  • Ponsel Infinix

Infinix menjadi primadona baru di pasar ponsel Indonesia. Sekalipun merek baru, namun ia mampu menghadirkan berbagai macam produk ponsel berkualitas, yang sudah dibuktikan banyak pengguna di tanah air. Apa saja produk ponsel Infinix yang bisa kamu beli?

  1. Infinix Zero 2 X509 - Rp 2.499.000
  2. Infinix Zero 3 - Rp Rp 2.599.000

Semua harga ponsel di atas tentu saja bisa kamu bandingkan melalui Pricebook. Nah, untuk kamu yang ingin membeli ponsel dua jutaan, jangan lupa simak informasi di atas dan kami akan selalu update tiap minggunya dan jangan lupa share artikel ini ke teman dan lainnya! 

Baca juga artikel:
Tips Merawat Baterai Kamera Digital Agar Lebih Awet
Kumpulan Tips & Trik Fitur Samsung Galaxy S6 Edge+ Yang Jarang Diketahui
10 Tips Browsing di Chrome Android Agar Lebih Menyenangkan

Artikel Lainnya

Komentar