Mengubah Warna Layar Jadi Abu-abu Bisa Obati Kecanduan Smartphone

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 24 Mei 2016 | 14:44

Saat baterai smartphone habis, mungkin kamu merasa kesal dan kebingungan mencari stop kontak untuk mengisi daya. Dalam situasi seperti ini, kemungkinan kamu mulai terserang gejala kecanduan smartphone dan perlu segera melakukan tips mengurangi penggunaan smartphone.  

Dilansir Phone Arena, terdapat sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kecanduan smartphone. Apa saja tips yang bisa kamu lakukan?

Melalui video yang diunggah The Atlantic, hal utama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kecanduan memakai smartphone adalah lewat pengaturan perangkat. Di sini, kamu bisa mengubah layar menjadi greyscale atau abu-abu, membuat otak penggunannya kembali rileks dan berhenti memandang layar smartphone secara berkala. Tentu saja, hal ini pun berbeda dengan warna merah yang ada pada layar atau lampu notifikasi, biasanya akan memicu pengguna untuk selalu melihat smartphone.

Menurut sebuah survey yang dilakukan Gallup, 72% pengguna smartphone memeriksa perangkat setiap jam. Hal ini tentu saja mengganggu, terlebih saat pengguna tersebut dalam kondisi yang tidak seharusnya untuk menggunakan smartphone, misalnya saat menonton di bioskop.

Baca juga Survey Kaspersky: Foto di Smartphone Milik Wanita Paling Rentan Dicuri

Nah, untuk mengatur smartphone agar tampilannya abu-abu, kamu yang menggunakan iPhone bisa  masuk ke dalam Setting, kemudian klik General dan pilih Accessibility. Di menu tersebut, kamu bisa melihat toggle switch greyscale dan mengaktifkannya sampai terdapat tanda berwarna hijau.

Sementara untuk pengguna Android versi 5.0 Lollipop ke atas, kamu bisa memilih menu Settings dan klik About Phone. Dalam menu tersebut, kamu bisa melihat build number headset dan klik berulang kali sampai menu developer terbuka.

Jika sudah, silahkan buka Developer Settings dan pilih menu Hardware Accelerated Rendering. Masih di dalam menu developer, kamu bisa melanjutkan dengan klik Simulate Color Space dan klik Monochromacy kemudian mengaktifkannya.

Setelah tampilan smartphone kamu berwarna abu-abu, kecanduan kamu dalam melihat smartphone setiap saat akan lebih berkurang dari biasanya, membuat aktivitas kamu lebih produktif, baik saat bekerja ataupun belajar. Yuk lakukan tips mengurangi kecanduan smartphone dari sekarang juga!

Baca juga artikel:
10 Tips Browsing di Chrome Android Agar Lebih Menyenangkan
Sejarah dan Kumpulan Tips dari A-Z Gunakan BlackBerry Messenger (BBM)
Tips dan Trik Mendaftar dan Menikmati Netflix di Indonesia

Artikel Lainnya

Komentar