7 Metode Buat Password Ini Bikin Hacker Nyerah

7 Metode Buat Password Ini Bikin Hacker Nyerah

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 18 Mei 2016 | 15:28

Dalam dunia digital saat ini, password atau kata sandi merupakan bagian penting dalam kehidupan pengguna internet. Password tidak hanya digunakan untuk masuk ke media sosial atau email saja.

Beberapa pengguna juga menggunakan password untuk mengunci data atau file penting. Bahkan, beberapa data-data penting terkadang diamankan di media internet juga dilindungi oleh password. Maka, dibutuhkanlah Password yang kuat agar data-data penting tersebut tidak mudah dibuka atau dicuri.

Lalu, apakah kamu sudah yakin bahwa password atau kata sandi yang kamu miliki sudah kuat? Bila kamu masih ragu akan keamanan password milikmu, kamu bisa ikuti tips membuat password yang kuat berikut ini.

Kombinasikan huruf, angka dan karakter

Salah satu hal sering digunakan dalam membuat password ialah hanya menggunakan huruf atau angka saja. Hal ini tentu membuat password mudah ditebak. Untuk itu sebaikanya kamu mencoba menggunakan kombinasi huruf, angka dan karakter khusus.

Hal ini akan sangat berguna untuk menghindari para hacker. Seperti yang diketahui, pada hacker menggunakan “dictionary attack” atau menggunakan kata-kata di kamus untuk membuka password. Ingat huruf hanya memiliki 26 karakter saja, sementara sebuah keyboard memiliki 95 huruf dan simbol yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kombinasi password yang kuat atau sulit.

Kombinasi huruf kecil dan huruf besar

Bagi kamu yang sudah lama menggunakan komputer, tentu akan sangat paham dengan penggunaan karakter huruf besar atau kapital, dan karakter huruf kecil. Maka untuk membuat password yang kuat dan sulit ditebak, kamu bisa menggunakan kombinasi huruf kecil dan huruf besar. Dengan kombinasi ini, hacker akan sulit menebaknya. Yang terpenting kamu jangan menggunakan kombinasi dalam kata yang global atau sering digunakan.

Lebih panjang, lebih kuat

Password yang kuat bisa hadir dari password yang panjang. Bahkan ada semacam pendapat bahwa semakin panjang password, maka semakin aman dan tidak mudah ditebak. Yang perlu diperhatikan ialah buat password minimal 8 karakter dengan kombinasi khusus. Lebih ideal jika kamu bersahabat dengan password yang menggunakan 10 hingga 16 karakter.

Hindari penggunaan bahasa asing yang mudah ditebak

Untuk kamu yang tinggal di Indonesia, pasti berpikir untuk menggunakan password dari bahasa asing seperti bahasa Inggris agar teman-teman dekat tidak mudah menebak. Namun, ternyata hal tersebut salah. Kebanyakan hacker berasumsi bahwa password yang digunakan oleh sebagian besar pengguna internet ialah kata dari bahasa Inggris. Maka sekali lagi, hindari penggunaan kata dari bahasa asing.

Kalaupun kamu tetap ingin menggunakan bahasa Inggris, sebaiknya kamu kombinasikan dengan angka dan karakter khusus agar sukar ditebak.

Baca juga Cara Buat Status Kosong, Tulisan Terbalik dan Menolak Chat Mantan di Facebook

Jangan gunakan nama dan tanggal lahir

Satu lagi hal yang sering digunakan dalam password ialah seringnya menggunakan nama dan tanggal lahir. Tentu hal ini menjadikan password mudah ditebak. Pasalnya hacker atau orang lain bisa menemukan data tanggal lahir kamu di media sosial.

Sebaiknya, untuk membuat password yang kuat maka gunakan hal yang kamu sukai tapi tidak terlalu nampak dan tidak kamu share di media sosial. Karena biasanya hacker menggunakan informasi di sosial media untuk bahan percobaan membuka password orang lain.

Jangan biarkan browser mengingat password

Setiap website atau browser menghadirkan opsi remember password untuk memudahkan kamu saat log in kembali. Dengan menggunakan fitur ini kamu memang akan mudah log in karena tidak usah repot menulis ulang password. Namun, hal ini berbahaya bila ada orang lain yang mampu masuk ke browser yang biasa kamu gunakan.

Belum lagi beberapa kemampuan hacker yang bisa membuka password dengan menggunakan cache dan cookie yang ada di browser. Jadi, hindari menyimpan password di browser. Kalaupun terpaksa, kamu bisa menggunaan password manager dari pihak ketiga. Dengan password manager semua password akan dienkripsi sehingga lebih aman.

Ingat beda website, beda password

Menurut penelitian, setidaknya 84% pengguna internet sangat mudah lupa password. Hal inilah yang memicu 21% pengguna yang memilih menggunakan password yang sama untuk setiap website. Hal ini tentu cukup berisiko karena membuat password semakin mudah ditebak dan semakin mudah kehilangan data secara bersamaan.

Maka dari itu, selalu gunakan password yang berbeda untuk setiap website ataupun aplikasi. Sebaiknya, bedakan password untuk media sosial dengan password email kerjaan atau email untuk bank. Maka ada baiknya gunakan password yang sama sekali belum pernah digunakan di akun sosial untuk web atau aplikasi yang penting.

Tak kalah penting, sebaiknya ubah setiap password secara berkala. Hal ini untuk mengantisipasi para hacker yang memantau media sosial dan website tertentu.

Semoga langkah-langkah membuat password yang aman di atas bisa membantu keaamanan data dan keamanan browsing.

Baca juga artikel:
Starwars dan 123456 Jadi Password Terpopuler di 2015
Lupa Password LockScreen di Smartphone Android, Ini Cara Bukanya!
Lupa Password Lock screen Galaxy S6? Ini Cara Atasinya

Artikel Lainnya

Komentar