Cara Transfer Foto DSLR ke iPhone dan Android Dalam Hitungan Menit

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 27 Mei 2016 | 16:38

Kamera DSLR menjadi perangkat paling mumpuni untuk memotret ataupun merekam. Sayangnya, untuk urusan edit foto, smartphone menjadi perangkat yang paling mudah dan lengkap dan langsung bisa diaplikasikan dalam ketika dalam keadaan darurat.

Tak heran beberapa pengguna sering berusaha memindahkan foto dari DSLR ke ponsel pintar. Untungnya, dengan teknologi yang terus berkembang, kamu bisa mentransfer foto dari kamera DSLR ke smartphone tanpa perlu repot memindahkan foto dahulu ke komputer.

Mengutip dari CNET, berikut tips mudah memindahkan foto dari kamera DSLR ke Smartphone.

Melalui media Nirkabel atau Wireless

Bersyukurkah beberapa produsen kamera saat ini sudah melengkapi produk kameranya dengan fitur transfer nirkabel atau tanpa kabel. Jadi, kamu bisa menggunakan koneksi Wi-Fi di sekitar kamu. Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu cukup nyalakan fitur Wi-Fi di kamera DSLR dan sambungkan ke koneksi jaringan kamu.

Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur hotspot dalam smartphone. Kamu juga harus mengunduh aplikasi pendamping dari kamera DSLR yang akan muncul di smartphone kamu. Aplikasi ini akan menampilkan foto yang ada di kamera DSLR dan dapat kamu unduh untuk kemudian disimpan di smartphone.

Salah satu kamera DSLR yang memiliki fitur ini ialah Panasonic Lumix GH4 yang bisa digunakan untuk Android dan iOS.

SD Card Nirkabel

Apabila kamera DSLR yang kamu miliki tidak memiliki fitur Wi-Fi, kamu bisa menggunakan cara kedua. Kamu bisa menggunakan SD Card Nirkabel di kamera DSLR. Nantinya begitu tersambung dengan koneksi jaringan yang ada, kamu langsung dapat memindahkan foto-foto hingga video ke smartphone.

Beberapa merk yang memiliki produk semacam ini ialah Sandisk yang memiliki kapasitas memori 32 GB.

Transfer dari kamera DSLR ke Android atau iOS langsung

Bagaimana jika dua cara di atas sama sekali tidak dapat digunakan pada kamera DSLR? kamu bisa menggunakan kabel adapter. Alat ini bisa menjadi patokan untuk kamu yang lebih cenderung memilih perangkat fisik dan bingung soal koneksi. Pasalnya memindahkan data via kabel dirasa lebih cepat dan lebih praktis.

  • Dari Android

Untuk pengguna Android, kamu membutuhkan adapter USB on the Go (OTG) dan SD Card untuk disematkan ke OTG. Kamu juga membutuhkan USB Connector untuk kamera. Setelah itu, colokkan kabel OTG ke perangkat Android dan sambungkan USB Connector kamera ke adapter USB OTG perangkat Android kamu.

Nantinya akan muncul notifikasi di layar ponsel kamu. Bila muncul pemberitahuan, pilih Photo Transfer (PTP) – Explore.  Kamu dapat memindahkan foto ke perangkat Android.

  • Dari perangkat iOS

Untuk pengguna iOS kamu bisa memakai SDCard reader untuk memindahkan foto dan video langsung dari SDcard. Untuk itu, kamu membutuhkan colokan khusus iPhone dan iPad untuk disambungkan dengan adapter USB kamera.

Selamat Mencoba.

Baca juga artikel:
9 Cara Memotret Foto Bokeh Bagus dengan Kamera Saku
Cara Mudah Trasfer File dari HP ke Laptop Pake Bluetooth
Cara Mudah dan Cepat Koneksikan iPhone ke TV

Artikel Lainnya

Komentar